oleh

BELAJAR DARI AKAR SEBATANG POHON

-Terbaru-Telah Dibaca : 121 Orang

Abraham Raubun, B.Sc, S.Ikom

Tadi malam hujan turun dengan lebat, air seakan dicurahkan dari langit. Sesekali kilatan petir menyambar membuat guratan cahaya di langit pekat. Pagi ini hujan masih turun rintik-rintik membasahi pepohonan di halaman. Aku duduk di bangku teras rumah memandangi daun-daun rimbun di halaman yang berkilauan basah ditimpa tetes-tetes air dari langit. Tatapanku tertumpu pada batang pohon mangga Arumanis di sudut halaman. Aku ingat lebih dari sepuluh tahun lalu sudah aku menanamnya. Kubeli dari toko yang menjual tanaman berbagai jenis buah-buahan.

Pohon manggaku sudah berbuah dengan lebat beberapa kali, buah buahnya cukup besar, bahkan pernah ada yang beratnya hampir mencapai satu kilogram, rasanya manis. Jika musim berbuah, sering aku membaginya kepada para tetangga. Senang juga melihat mereka menikmati rasa buah yang manis itu.

Ketika menatap batang pohon yang cukup besar itu, terlintas dalam pikiran tentang akar pohon ini. Akarnya tersembunyi jauh di dalam tanah. Tak pernah tampak tetapi ia selalu bekerja dengan keras. Selain menunjang tegaknya batang, ada fungsi lain yang amat penting. Batang dapat bertumbuh semakin tinggi, daun-daun semakin lebat, bunga dan buah bermunculan pada musimnya. Bagaimana semua itu terjadi?

Di sinilah, akar bekerja menyerap air dan unsur hara dalam tanah, kemudian disalurkan ke seluruh bagian tanaman. Akar mampu menyerap zat-zat organik maupun anorganik yang ada dalam tanah maupun yang ditambahkan dari luar. Ia terus bekerja untuk memberikan hal terbaik bagi tanaman. Tanpa pernah dihiraukan ataupun mendapat pujian dan penghargaan orang. Ia bekerja, kerja dan bekerja menuruti kodratinya, sampai suatu saat tiba waktunya berhenti.

Aku terhenyak, menyadari pelajaran yang dapat dipetik dari fungsi akar ini. Kita dapat menirunya dengan terus melakukan hal-hal yang mendatangkan kebaikan bagi siapa saja, tanpa harus dilihat dan dipuji ataupun mengharapkan dihargai oleh orang lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed