oleh

ISBN TELAH TERBIT

-Pendidikan-Telah Dibaca : 57 Orang

Pagi ini, Senin, 28 Desember 2020, kabar gembira menghampiri. Naskah buku yang diajukan YPTD ke Perpusnas telah mendapatkan ISBN. Menurut Bapak Thamrin Dahlan, YPTD mengajukan 6 judul buku, dan 3 judul langsung mendapatkan ISBN termasuk buku penulis. Kabar bahagia disampaikan beliau melalui grup whatsapp menulis YPTD. Beliau mengabarkan dengan dukungan screenshoot halaman depan pengajuan penerbit ke Perpusnas. Ungkapan syukur, terima kasih dan komentar memenuhi grup, tidak terkecuali dengan penulis. Bagaimanapun, dengan terbitnya ISBN, impian menerbitkan buku gratis melalui YPTD mendekati kenyataan.

Untuk memotivasi menulis, seperti biasa Bapak Thamrin Dahlan memberikan tantangan menulis 10 artikel di alamat: terbitkanbukugratis.id. Tantangan  tersebut diberikan sampai naik cetak buku. Tantangan menulis selalu diberikan untuk menunjukan konsistensi menulis para penulis. Sehingga dengan terbitnya ISBN, motivasi menulis semakin berlipat.

Dalam penjelasan dari laman isbn. perpusnas.go.id/Home/InfoIsbn, ISBN merupakan singkatan dari International Standard Book Number. ISBN merupakan kode unik pengidentifikasian sebuah buku. Dalam ISBN terdapat informasi mengenai judul buku dan penerbit. Ada 13 digit angka ISBN. Setiap buku akan mempunyai ISBN yang berbeda dengan buku yang lain meskipun dalam satu penerbit. ISBN diterbitkan oleh badan internasional ISBN di London, Inggris. Sementara untuk di negara Indonesia, lembaga yang berwenang menerbitkan ISBN adalah Perpusnas.

ISBN berfungsi memberikan identitas terhadap satu judul buku dari penerbit. Selain itu membantu melancarkan arus distribusi buku serta mencegah kekeliruan dalam pemesanan buku. Terakhir, ISBN juga menjadi sarana promosi bagi penerbit.

Nomor ISBN terdiri dari 5 bagian, yaitu; angka pengenal produk terbitan buku dari EAN 3 digit, kode kelompok 3 digit, kode penerbit 4 digit, kode judul 2 digit, dan angka pemeriksa 1 digit. Kelima bagian tersebut dipisahkan oleh tanda hypen (-). Itulah sekilas penjelasan mengenai ISBN dari sumber Perpusnas.

Semoga dengan terbitnya ISBN akan menjadi pemacu dan pemicu terbitnya karya buku lainnya. Salam literasi, salam persahabatan, dan salam sehat untuk kita semua. Terima kasih Bapak Thamrin Dahlan, terima kasih YPTD, sukses selalu.

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed