oleh

MENJAWAB TANTANGAN

-Pendidikan-Telah Dibaca : 49 Orang

Sore kemarin, penulis mendapatkan kabar gembira. Bapak Thamrin Dahlan selaku penangunggjawab Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) memberikan balasan bahwa permohonan penerbitan naskah buku diterima. Jawaban tersebut sangat ditunggu-tunggu penulis. Impian menerbitkan buku di YPTD akan segera terwujud. Bapak Thamrin menyatakan bahwa salah satu persyaratan dalam pengajuan ISBN buku, penulis harus memposting minimal 5 artikel atau tulisan di web YPTD. Tanpa berpikir panjang, penulis menerima tantangan tersebut. Bukan tanpa alasan, dengan menerima tantangan menulis tentunya akan melancarkan impian menerbitkan buku di YPTD. Motivasi menulis harus ditanamkan. Ide menulis harus selalu digali agar proses membuat tulisan tidak mandeg di perjalanan.

Banyak ide tulisan yang muncul dalam pikiran penulis. Seperti biasa, mengawali tulisan selalu menjadi penghambat. Tetapi dengan tekad yang kuat, jemari dan pikiran disinkronkan agar menghasilkan kalimat-kalimat yang enak dibaca. Tulisan tidak hanya enak dibaca, tetapi harus sistematis dan runtut sesuai dengan tema yang disampaikan. Tulisan harus mempunyai makna yang jelas. Pesan yang dibuat harus sampai kepada pembaca. Tulisan yang dibuat juga harus menarik dan membuat penasaran bagi pembacanya. Pemilihan diksi juga perlu diperhatikan. Jangan sampai niat hati memunculkan istilah-istilah keren, tetapi malah membingungkan pembaca.

Seperti pada tulisan ini, penulis terinspirasi dari tantangan Bapak Thamrin Dahlan untuk segera memposting tulisan. Oleh karena itu, perintah tersebut dijadikan judul tulisan sekarang. Ingat pepatah OmJay dalam setiap kesempatan, untuk berlatih menulis, “buatlah tulisan dari apa yang dilihat, dirasakan, atau diinginkan.” Dengan demikian proses menulis akan mengalir dengan sendirinya. Tantangan menulis yang diberikan pengelola YPTD, tentu sangat bermanfaat bagi¬† penulis sendiri. Dengan adanya perintah tersebut, kegiatan menulis akan melatih daya pikir. Pikiran akan terasah dengan sendirinya. Laksana pisau, jika terus digunakan dan diasah maka akan semakin tajam.

Oleh karena itu, penulis sangat gembira dengan adanya tantangan menulis ini. Tulisan yang dibuat tentu akan bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Tulisan yang dibuat diharapkan dapat memberikan pesan dan inspirasi bagi semua. Akhir kata, semoga penulis dapat menjawab tantangan dengan lancar, lulus tanpa banyak halang rintang. Salam literasi dan salam peesahabatan.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed