DIARY FEBRUARI 2021, HARI KE 10 INDAHNYA BERBAGI

 

DIARY FEBRUARI 2021, HARI KE 10

INDAHNYA BERBAGI

Ditulis: Rince Wiki Utami

NPA: 10080200549

 

Menciptakan suasana yang menyenangkan, saling menyemangati disaat susah, perhatian, terbuka, berbagi bersama atau homy istilahnya, enak, seperti di rumah sendiri. Itu semua tidak mustahil hanya memang membutuhkan seni tersendiri.

“Sekarang hari Rabu nih.. “ seru yanda Tito kepada yanda Aris.

“Memang kenapa dengan hari Rabu? malam Minggu masih lama.. ada janji apakah gerangan, yanda Tito?” ledek bunda Roro yang sudah memiliki 2 orang cucu tapi masih terlihat energik.

“Eh..bunda Roro.. ngga kok.. ini hari Rabu kan, kita biasa ada rakor ,..

“Iya terus kenapa yanda..?” Kembali bunda Roro menimpali ucapan yanda Tito yang belum selesai.

“Nah, sepertinya bunda Roro lupa ya.. kebanyakan main sama cucu nih..” gentian yanda Tito yang meledek.

“Hari ini ada agenda guru berbagi bunda Roro, di waktu rapat koordinasi nanti siang” terang yanda Aris

“Oya betul, yang sudah siap siapa ya, yanda Titokah? tanya bunda Roro.

“Bukan saya bunda.. karena tidak semua kumpul saya juga belum tahu nih, kalau tidak ada yang mengajukan diri siap-siap saja dadakan..” jawab yanda Tito.

“Bunda Roro kok masuk? bukannya wfh bun..? bunda sehat ya.. sudah lama tidak lihat bunda Roro yang enerjik nih..” tanya yanda Tito sebab sepengetahuannya bunda Roro termasuk dapat dispensasi wfh selama masa pandemi berlangsung.

“Alhamdulillah bunda sehat dan ada keperluan mengambil berkas anak-anak yang dikumpulkan kemarin, setelah ini juga langsung pulang, nanti ikut rapat koordinasi dari rumah saja” terang bunda Roro.

Siang itu, agenda rapat kordinasi guru berjalan seperti biasa. Ada 3 muatan yang dibahas dalam rapat yaitu motivasi dan pembinaan dari kepala sekolah, guru berbagi dan persiapan puncak tema sekolah untuk tanggal 22 Februari 2021.

Dua puluh menit telah berlalu, bunda Tami berikan closing pembinaanya siang itu dengan mengingatkan seluruh guru.

“Sebagaimana yang tadi sudah dijabarkan, bunda dan yanda guru harus terus mengupgrade diri dengan cara banyak membaca, baca apa saja, baca buku juga baca postingan dalam grup. Kalau saya posting materi, power point tolong di baca dan dikomentari, sebagai tanda sudah membaca.

Membaca akan menambah wawasan, akan memudahkan kita untuk menulis. Menulis di blog masing-masing yang sudah dibuat. AN-AKM, literasi numerasi menuntut kita semua untuk banyak membaca. Kita juga harus mencontohkan kebiasaan membaca kepada siswa siswi serta orangtua.

Baiklah sekarang saatnya kita saksikan dan dengarkan bunda Yati untuk berbagi kepada kita semua, silakan bunda Yati..” seruku mempersilakan bunda Yati melanjutkan sesi berikutnya, sekaligus menutup motivasi awal sebagai bentuk pembinaan diagenda rapat koordinasi Rabu siang ini.

Baiklah bunda Tami, terima kasih atas kesempatan kepada saya, teman-teman tolong lihat video pembelajaran yang saya share di grup guru ya..

Hari ini saya akan berbagi kisah terkait pembuatan video dan materi dalam video serta respon siswa serta orang tua setelah pembelajaran.

Teman-teman, konten yang saya buat dalam video ada 2 materi, yaitu materi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dan materi olah raga.

Sebagaimana kita semua ketahui pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Sekolah Dasar meliputi aspek seni rupa, seni tari dan seni musik. Pendidikan seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang diajarkan di Sekolah Dasar.

Di video yang saya buat dengan Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Subtema 1 Lingkungan rumahku.

Di pelajaran SBdP, Saya memperkenalkan alat-alat musik ritmis. Alat musik ritmis merupakan alat music yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, tetapi hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Alat music ritmis berguna untuk melengkapi keharmonisan sebuah musik. Penjabaran lengkapnya sebagai berikut.

Fungsi Alat musik ritmis.

fungsinya alat musik dikategorikan ke dalam tiga macam, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis.

Alat musik ritmis sering digunakan sebagai elemen penting dalam lagu. Setiap jenis alat musik ritmis, memiliki bentuk dan cara memainkan yang berbeda-beda. Bisa dipukul, digoyang atau digesek.

  1. Mengatur Tempo

Fungsi alat musik ritmis adalah untuk mengatur sebuah tempo, baik tempo dalam lagu maupun tarian. Lagu yang harmonis harus dibawakan dengan tempo yang tepat. Alat musik ritmis menjadi pemandu pemain musik lainnya dalam pengaturan tempo.

  1. Pengiring Lagu

Meski dengan alat musik melodik lagu sudah bisa dimainkan, alat musik ritmis akan membuat lagu lebih hidup.

  1. Tanda untuk Pemain Musik

Alat musik ritmis juga berfungsi menjadi penanda yang biasanya digunakan oleh komposer musik. Alat musik ritmis biasanya dijadikan patokan intro, verse, dan reff.

  1. Penyempurna Instrumen

Alat musik ritmis memiliki fungsi sebagai penyempurna dari instrumen lainnya, seperti di dalam pertunjukan orkestra.

  1. Koreografi

Sebelum sebuah koreografi diiringi dengan musik bernada, tarian-tarian tersebut akan diiring oleh alat musik ritmis. Fungsi alat musik ritmis di sini adalah untuk mengatur tempo gerakan dan penanda perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya.

Contoh Alat Musik Ritmis

Kendang

Kendang merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Kendang banyak digunakan dalam musik tradisional. Cara memainkan kendang adalah dipukul bagian kulit atau yang sering disebut sebutan kendang.

Kastanyet

Kastanyet mempunyai bentuk seperti kerang yang dimainkan dengan cara menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Kastanyet bisa dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, yaitu dengan jempol, telunjuk dan jari tengah.

Tifa

Seperti halnya kendang, tifa juga terbuat dari kayu yang pada satu di antara bagian rongga ditutup kulit. Namun, bentuk tifa lebih panjang dan lebih ramping. Tifa biasanya banyak dimainkan pada saat upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur, semisal Maluku dan Papua.

Tamborin

Tamborin memiliki dua jenis bunyi yang berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama merupakan bunyi pukulan, jika bagian kulit pada rebana dipukul. Dan bunyi yang kedua adalah bunyi gemerincing. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok.

Triangle

Triangle sudah ada sejak abad ke-16 dan telah banyak digunakan dalam musik klasik. Triangle terbuat dari logam berbentuk panjang yang dibengkokkan hingga menjadi segitiga. Namun, ujung satu dengan ujung lainnya tidak saling menyatu. Biasanya ada semacam tali di satu di antara sudutnya untuk memegang alat musik ini.

Rebana

Rebana merupakan instrumen turunan dari budaya melayu. Alat musik ini berbentuk seperti drum kecil yang pada bagian kulitnya berbentuk besar dan keras.

Conga

Conga merupakan alat musik yang berasal dari negara Afrika, atau disebut juga tumbora. Conga berbentuk seperti kendang. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

Simbal

Simbal merupakan alat musik ritmis yang lumayan terkenal. Simbal memiliki banyak ukuran, kecil hingga ukuran yang besar.

Simbal terbuat dari logam, yang memiliki bentuk bulat seperti cakram. Simbal biasanya ditaruh pada drum, dan ada juga simbal tangan, yang bisa dimainkan dengan memadukan dua simbal. Namun, simbal juga bisa dimainkan dengan stik.

Marakas

Marakas punya bunyi yang sangat meriah. Tak heran kalau marakas jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang bisa buat badan bergoyang. Bentuk marakas seperti permen lollipop besar. Alat musik ini punya pegangan serta bola besar di atasnya yang akan mengeluarkan bunyi saat digoyang-goyang.

Di dalam video saya hanya mencontohkan beberapa alat musik yang ada disekitar rumah dan kita eksplor dengan lagu Neno Lerian yang berjudul “Nyamuk Nakal” hasilnya anak-anak senang. Mereka diminta buat video sebagai tugas yang harus dikumpulkan.

Adapun materi kedua pelajaran olah raga, berguling kekanan dan kekiri serta jungkir balik. Video olah raga saya ambil dan edit dari contoh olah raga dari kkg ciracas, sebab saya kesulitan mencontohkan sendiri jadi saya ambil dari video yang sudah ada.

Setelah pembelajaran ini banyak orang tua yang mengapresiasi kegiatan pembelajaran hari itu. Demikian yang bisa saya sampaikan lebih kurangnya saya mohon maaf ya, teman-teman.

“Luar biasa… tepuk salut buat bunda Yati..!”

Agenda berikutnya adalah laporan ketua panitia puncak tema. Panitia melaporkan kegiatan yang sudah berlangsung dan minggu ini sudah sampai pada tahap penyerahan video ke panitia PUTEM.

Agar kolaborasi berjalan dengan baik, panitia mengingatkan dengan membuat broadcast (bc) yang diberikan kepada seluruh orangtua murid meskipun undangan resmi juga dibuatkan dari sekolah. Broadcast tersebut adalah.

🎊🎊🎊🎊🎊🎊🎊🎊

INFORMASI PUNCAK TEMA VIRTUAL SDIT DARUL MAZA 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ayah, bunda bagaimana kabarnya?

Semoga sehat dan berkah selalu ya..

Berikut kami sampaikan informasi mengenai puncak tema virtual SDIT DARUL MAZA 2021

Tama Kegiatan “Ngamumule Budaya ku miboga rasa cinta di tatar sunda”

Tema Kegiatan : Literasi

💠Waktu Pelaksanaan

Puncak Tema akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal              : Sabtu, 20 Februari  2021

Tempat                        : SDIT Darul Maza

Pukul                           : 08:00 WIB – Selesai

Media                          : Zoom Meeting dan Live Youtube

💠Adapun timeline kegiatan adalah sbb :

Timeline :

25 – 29 januari : sosialisasi,  share penampilan perkelas ke walimurid dan latihan

1 – 5 februari : take video perkelas

6 – 7 februari : editing video kelas

8 – 11 februari : finishing video perlevel

12 februari : penyerahan video ke tim IT putem

13 – 17 februari : finishing video oleh tim IT putem

17 februari : gladi kotor

19 februari : gladi bersih

Demikian informasi yang kami sampaikan

Besar harapan agar antara orang tua dan wali kelas serta para murid bisa bekerjasama demi kelancaran agenda puncak tema virtual ini

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

© Panitia Putem Virtual 2021

Rapat kordinasi guru selesai tepat pukul 12.00. Semoga semua rencana dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan keberkahan dari setiap aktifitas. Semangat semua tim guru.

 

“Kebaikan jadikan habit, rencana matang buahkan hasil terbaik”- Bunda W Utami

 

Bekasi, Rabu 10 Februari 2021

Salam Literasi, semangat menulis dan menginspirasi

 

https://www.bola.com/ragam/read/4449332/pengertian-alat-musik-ritmis-fungsi-dan-jenis-jenis-alatnya#

Tinggalkan Balasan