oleh

Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

-Berita, Edukasi, Pendidikan-Telah Dibaca : 56 Orang

Selamat Hari Pendidikan Nasional

2 Mei 2021

2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hardiknas pertama kali ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional untuk mengenang jasa tokoh pahlawan pendidikan nasional, yakni Bapak Ki Hajar Dewantara. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahir beliau, 2 Mei 1889. Atas jasa beliau, rakyat Indonesia lebih mengenal pendidikan dan semua orang memiliki hak yang sama untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Dulu hanya orang dari kalangan bangsawan dan kaum Belanda yang boleh sekolah sementara orang pribumi tidak memiliki kebebasan duduk di bangku pendidikan.

 

Beliau merupakan pendiri Taman Siswa yang terkenal dengan semboyan “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani”. Artinya adalah guru menjadi garda depan dan harus menjadi teladan, guru mampu memberikan bimbingan dan ide, sedangkan di belakang, guru harus mampu memberikan dorongan.

Guru adalah sosok yang penuh dedikasi, mengerahkan segenap tenaga dan jiwanya untuk mencerdaskan generasi bangsa. Guru yang berbekal mendidik dengan hati tentu akan berdampak kepada peserta didiknya. Mereka akan mudah menyerap ilmu dan berkarakter baik.

Serentak bergerak, wujudkan merdeka belajar. Itulah tema yamg diangkat pada tahun ini. Untuk itu, marilah kita bergandengan tangan memajukan peserta didik di tengah pandemi Covid 19 yang masih melanda bumi Indonesia. Guru inspiratif dan kreatif amat dipentingkan. Pembelajaran sudah berbeda dengan masa dahulu. Kemajuan teknologi harus kita imbangi dengan kualitas para guru Indonesia.

 

Menurut Nadiem Makarim, merdeka belajar adalah memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi. Dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai.

Guru diberi kebebasan untuk mencari cara mengajar yang terbaik untuk peserta didik. Banyak model dan teknik untuk menyampaikn materi pembelajaran secara jarak jauh. Anak didik juga dibebaskan untuk mencari pengetahuannya secara mandiri dan kreatif. Pembelajaran yang diselenggarakan secara daring tidak menuntut ketuntasan kurikulum. Kemandirian dan perbaikan karakter menjadi materi pokok pada kurikulum saat ini.

 

Sahabat guru, saya copikan dari pesan grup WhatsApp, bagi yang ingin memasang twibbon Hardiknas 2021, silakan memilih alternatif di bawah ini:
https://www.twibbonize.com/beritawarganethardiknas1
https://www.twibbonize.com/beritawarganethardiknas2
https://www.twibbonize.com/beritawarganethardiknas3
https://www.twibbonize.com/beritawarganethardiknas4
https://www.twibbonize.com/beritawarganethardiknas5
https://www.twibbonize.com/hardiknasth2021
https://www.twibbonize.com/hardiknasmode1eb
https://www.twibbonize.com/myhardiknas020521
https://www.twibbonize.com/hardiknas2021fkgipsnasional

Salam guru hebat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar

News Feed