oleh

Pengalaman Belajar di masa Pandemi

Nama     :   Shafa Nuraini Fauziah

Nim        :    21106

Tingkar  :    1B

 

Pada masa Pandemi Covid – 19 ini pembelajaran di Indonesia atau bahkan hampir diseluruh dunia pasti mengalami gangguan. Sehingga para siswa mulai dari sekolah dasar sampai dengan mahasiswa perkuliahan pun mengalami proses pembelajaran di rumah atau yang bisa disebut dengan daring. termasuk saya sendiri,  saya mahasiswa tingkat 1 angkatan 28 akademi keperawatan polri ingin menceritakan pengalaman saya selama belajar online atau daring.

Dimulai pada bulan agustus saya mengikuti pengenalan kegiatan kampus bagi mahasiswa baru melalui aplikasi zoom bersama teman – teman lainnya, saat itu saya baru mengenali wajah teman – teman saya melalui zoom tersebut. Saya berharap bisa melihat dan berkenalan secara langsung  karena saat itu sedang maraknya wabah corona meningkat dan terjadi ppkm gelombang dua.

Memasuki bulan oktober proses belajar mengajar tetap dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan saya mengikuti perkuliahan dari pagi sampai siang bahkan sempat hingga sore setiap hari nya pun masih melalui zoom. Terkadang menimbulkan rasa bosan dan pinggang terasa sakit karena terlalu lama duduk.

Selain itu, kemampuan teknologi setiap mahasiswa berbeda-beda  Tidak semua mahasiswa memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar jarak jauh ini. Koneksi lemah, cuaca tiap daerah berbeda, dan kuota internet yang mahal menjadi hambatan.

Meskipun begitu, pembelajaran harus terus berlanjut. Dalam mengisi kegiatan belajar dan mengerjakan tugas – tugas yang diberikan oleh  dosen saya juga melakukan kegiatan olahraga di sore hari saya melakukan workout dirumah dan bersepeda di sekitaran rumah saya untuk mengurangi rasa lelah pada badan saya setelah duduk selama zoom berlangsung.

Pembelajaran melalui daring terus terlaksana sampai saya uts pun secara online. Sebenarnya ada hal menyenangkan dari pembelajaran daring ini saya bisa menghemat waktu dan biaya untuk berangkat ke kampus dikarenakan jarak rumah saya yang lumayan jauh, dan bisa sedikit berkomunikasi dengan teman – teman walaupun melalui online chat.

Pada Hari Jum’at 12 November 2021, Kami mahasiswa tingkat 1B diberi kesempatan untuk datang ke kampus melaksanakan jadwal praktek, perasaan saya sangat senang karena saya akan bertemu dengan teman – teman dan melihat ruangan kampus. Tetapi kami dibagi menjadi 3 sesi dan di jam yang berbeda – beda. Walaupun saya tidak sempat bertemu seluruh teman kelas saya , saya tetap merasa senang akhirnya bisa bertemu secara langsung.

Sayangnya hanya baru jadwal praktek yang diizinkan untuk datang ke kampus, akhirnya pada Hari Senin saya belajar kembali melalui daring dan mengerjakan tugas serta mengumpulkan kepada dosen secara online. Jadwal pembelajaran pun sampai di hari kamis kami melaksanakan secara daring. Sampai di hari jum’at ternyata jadwal praktek tertera untuk kembali datang ke kampus.

Akhirnya Pada Hari Jum’at 19 November, Saya dan teman – teman saya datang kembali ke kampus untuk melaksanakan praktek lagi, sesampainya di kampus dan memasuki kelas saya bertemu teman – teman kelas saya semua dan teman satu kelompok praktek dengan saya. Saya banyak bertukar cerita dan informasi bersama teman – teman lainnya bahkan hingga berfoto bersama.

Begitu pun di minggu yang selanjutnya kami datang kembali ke kampus untuk melaksanakan praktek kembali. Saya sangat senang bertemu, mengobrol, dan belajar bersama dengan teman – teman . Saya berharap wabah corona ini tidak meningkat kembali dan kami mahasiswa akper polri bisa melakukan pembalajaran secarang offline atau datang ke kampus agar pembelajaran bisa lebih dipahami, dimengeri dan bisa bertanya secara langsung atau bertemu dosen – dosen pengajar.

Sekian Pengalaman cerita saya selama belajar secara daring melalui zoom ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan , Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed