oleh

Naik Bus Transjakarta Disopiri Wanita Cantik, Wow Keren

 

Kami berkumpul di halte Transjakarta Monumen Nasional, pukul 14.00 Wib selanjutnya dengan menumpang bus Transjakarta menuju PRJ Kemayoran.

Dalam acara ini, hadir Muhammad Sobari dari perwakilan TDB, Prasetia Budi Humas Transjakarta mewakili Dirut PT Transportasi Jakarta yaitu Budi Kaliwomo dan David Tjahjana dari Dewan Transportasi Jakarta.

Prasetia Budi mengatakan bahwa kewajiban pemerintah adalah memberikan transportasi yang nyaman bagi masyarakat. Karena itu Transjakarta sebagai BUMD Provinsi DKI Jakarta mencoba melaksanakan kewajiban tersebut.

Baca juga : Wisata Seru Bersama Trans Jakarta Ke Kota Tua

*****

Bus Transjakarta Sitti Rabiah
Komunitas blogger TDB foto bersama di stand TransJakarta di PRJ Kemayoran (foto : dok TDB)

 

Jalur Transjakarta sekarang ini sudah mulai steril. Artinya kendaraan umum dan kendaraan pribadi jika melewati jalur busway akan didenda, akan tetapi belum semua jalur busway diperlakukan. Ini mengingat kondisi jalan yang belum memungkinkan jalur Transjakarta dipisahkan dengan jalur mobil pribadi dan angkutan umum.

Contohnya jalur sepanjang jalan Raya Bogor, jalan I gusti Ngurah Rai Klender, kedua jalan ini tidak mungkin diperlakukan sistim sterilisasi karena- jalanan yang sempit. Mau tidak mau kendaraan umum dan pribadi terpaksa harus berbaur dengan kendaraan busway.

Petugaspun kelihatannya masih mentolerir jika ada kendaraan yang masuk jalur busway. Berbeda misalnya dengan jalur yang padat seperti Jalan Pemuda, Pramuka, Salemba, Kramat Raya, jalan Otista, Gatot Subroto dan lain-lain. Jalan ini sudah diberlakukan sistim sterilisasi.

Begitupun dengan busway, yang sudah tidak laik jalan dan tidak laik pandang, segera dipensiunkan, kata Prasetia Budi.

David Tjahjana dari Dewan Transportasi Jakarta mengatakan bahwa komunikasi ini perlu dibangun untuk menyerap aspirasi masyarakat. Adapun unsur yang tergabung dalam Dewan Transportasi Jakarta ini antara lain dari LSM, mahasiswa, polisi dan lain-lain.

 

*****

 

Komunitas blogger TDB saat buka puasa dengan TransJakarta di PRJ Kemayoran (foto : dok TDB)
Komunitas blogger TDB saat buka puasa dengan TransJakarta di PRJ Kemayoran (foto : dok TDB)

Khusus mengenai pengemudi perempuan semenjak tahun 2005 jumlahnya ada 12 orang, belum terlalu banyak. Sekarang ini pengemudi perempuan baru berkisar kurang lebih 10% dari jumlah pengemudi yang masih didominasi kaum pria.

Selama ini memang masih ada yang mengkhawatirkan pengemudi perempuan itu tidak stabil emosinya, apa lagi kalau memasuki masa “datang bulan”. Hal itu belum kelihatan sampai saat ini, kata Prasetia Budi.

Malah sebaliknya pengemudi perempuan itu sebenarnya lebih sabar, lebih berhati-hati dan tidak pernah ugal-ugalan di jalan, kata Prasetia menambahkan.

Faktanya jika pengemudi itu usianya sudah tua minimal minim dalam hal kecelakaan. Sebaliknya kalau masih muda emosinya tidak terkontrol. Sehingga semakin muda semakin tidak terkontrol emosinya. Sementara semakin tua semakin stabil emosinya.

Jumlah Koridor yang ada sekarang ini ada sekitar 12 koridor. Dan hampir semua koridor sudah dilengkapi dengan fasilitas kamera CCTV. Hanya saja belum bisa merekam, melainkan hanya bisa mengawasi saja.

Kami semua berharap kalau bisa yang akan datang kamera CCTV bisa merekam, biar kalau ada yang dicopet atau jambret kan bisa dilihat ulang, kata Prabu, singkatan nama sekaligus panggilan akrab Prasetia Budi.

Mengenai kartu “top up” yang selama ini digunakan sebagai pengganti karcis penumpang, menurut Prabu, sudah didukung oleh 6 bank pemerintah maupun swasta. Ke depan masih akan terus diperbaiki lagi karena banyak komplain. Masih membutuhkan proses.

Kami para blogger mewakili masyarakat pengguna busway, minta agar dilengkapi dengan wifi dan toilet sehingga tidak bingung mau kemana jika kebelet pipis atau mau buang air besar.

Mudah-mudahan cepat direalisasikan ya pak Prabu dan pak David. Semoga..

Prasetia Budi, Humas Transjakarta sedang memberikan penjelasan kepada blogger didampingi Founder TDB Muhammad Sobari (kanan) dan David Tjahjana (kiri) anggota Dewan Transportasi Jakarta (foto : Sitti Rabiah)

Prasetia Budi, Humas Transjakarta sedang memberikan penjelasan kepada blogger didampingi Founder TDB Muhammad Sobari (kanan) dan David Tjahjana (kiri) anggota Dewan Transportasi Jakarta (foto : Sitti Rabiah)

Demikian tulisan reportase saya semoga bermanfaat. Salam

Sitti Rabiah

#KMAA23 Transjakarta

Tulisan ini juga dimuat di blog Bugurusiti.com dengan judul : Sopir Bus Transjakarta Itu Ternyata Perempuan

Tentang Penulis: Sitti Rabiah

Ibu 2 Anak dan Nenek 2 Cucu. Pendidikan S2 Magister Administrasi Pendidikan, Dosen S1 PAUD, Kepala Sekolah TK/KB, Guru Sertifikasi, Penyuluh & Pembimbing Kurikulum, Blogger, Penulis di blog dan Kompasiana, Terbitkan Buku Gratis. Sedang menyiapkan buku "Guru TK Ngeblog".

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed