oleh

Perlukah Mobil Pribadi Diasuransikan?

Ditulis oleh Bu Guru Siti (blog pribadi https://www.bugurusiti.com)

Pengendara Honda Brio yang menabrak mobil saya, terlihat dari balik kaca jendela mobil lagi asyik mengutak-atik handphone tanpa berusaha keluar dari mobilnya dan tanpa rasa bersalah. Suami saya lalu menghampirinya dan mengetok kaca jendela mobilnya memaksa dia keluar dari mobil.

Kejadian mobil lagi berhenti lalu ditabrak dari belakang, adalah pengalaman sangat berkesan bagi kami. Betapa tidak sebab  masalahnya kemudian berbuntut panjang.  Selain menguras tenaga juga waktu dan tentu saja biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika mobil yang kita miliki tidak diikutkan dalam program asuransi. Sudah kebayang bagaimana repotnya dan pusingnya memikirkan biaya perbaikannya.

Siang itu saya yang kebetulan ikut di kejadian mobil lagi berhenti lalu ditabrak dari belakang tersebut adalah pengalaman sangat berkesan bagi kami. Betapa tidak sebab masalahnya kemudian berbuntut panjang.  Selain menguras tenaga juga waktu dan tentu saja biaya yang tidak sedikit. dan duduk di samping suami yang mengendarai mobil Toyota Agya merah kesayangan menuju ke satu tempat acara.

Saat berhenti di lampu merah di salah satu persimpangan jalan menuju Stasiun Kereta Bulan-Bulan Kota Bekasi, tiba-tiba mobil yang kami kendarai “diseruduk” dari belakang. Duk….mobil terasa berguncang seolah baru saja terjadi gempa bumi.

Ketika saya menoleh ke belakang sebuah Honda Brio warna silver, mobil jenis city car seperti mobil kami, sudah terlihat rapat sekali ke bodi mobil kami.

Saya dan suami pun segera turun dari mobil untuk melihat kondisi yang sebenarnya. Ya ampun bodi mobil di bagian bagasi sudah penyok ke dalam, sementara mobil yang menabarak juga tidak kalah rusaknya. Kap mesin somplak dan kaca lampu besar pecah serta berserakan di jalan.

Yang membuat saya kaget dan emosi, si pengendara Brio terlihat dari balik kaca jendela mobil lagi asyik mengutak-atik handphone tanpa berusaha keluar dari mobilnya dan tanpa rasa bersalah. Suami saya lalu menghampirinya dan mengetok kaca jendela mobilnya memaksa dia keluar dari mobil.

Suasana terik matahari siang itu terasa membakar kulit. Antrean kendaraan juga mengekor panjang akibat adanya dua kendaraan kami yang mengalami musibah tabrakan. Si penabrak kemudian dengan tergopoh-gopoh keluar dari mobilnya.

Ya ampun, anak muda yang masih berpakaian seragam pelajar SMA dan berbadan bongsor terlihat keluar dengan tangan masih menggenggam handphone. Suami saya sempat menanyakan kepada si bongsor ini kenapa sampai menabrak dari belakang padahal kendaraan kami sudah lama berhenti karena lampu merah.

Seharusnya dia sudah mengurangi kecepatan karena di depannya banyak kendaraan sedang antre di persimpangan jalan.

“Maaf Pak, maaf Bu, saya meleng gak perhatikan kendaraan di depan,” katanya.

Ya mau apa lagi lalu akhirnya kami berdamai saja. Mau menyelesaikan masalah tabrakan ini ke polisi juga pasti akan makan waktu panjang, sementara kami juga diburu waktu untuk hadir di tempat lain. Si Bongsor tengil ini minta izin menelepon orang tuanya untuk datang ke lokasi kejadian.

Beberapa jam kemudian sebuah mobil sedan berhenti dan seorang ibu turun dari mobil disusul seorang pria muda. Rupanya dialah ibu dari si penabrak yang barusan diteleponnya. Tanpa banyak diskusi dan perang urat syaraf lagi karena masih tersisa rasa emosi, si ibu tadi mengajak kami menuju sebuah bengkel di daerah Harapan Indah Bekasi.

Di bengkel ini ditaksir berapa biaya dan berapa lama waktu untuk memperbaiki kedua kendaraan kami yang rusak. Setelah itu kami bubar dan sepakat untuk ketemu lagi saat dimulai perbaikan kendaraan.

Seminggu kemudian saya mendapat kabar kalau disarankan pindah ke bengkel yang bisa melayani kendaraan yang ikut program asuransi. Di sinilah terasa repotnya karena selama ini mobil kami tidak diasuransikan. Sekali waktu ikut asuransi cuma mubazir karena ternyata asuransi tersebut hanya melayani kalau terjadi huru-hara, gempa bumi, banjir dan lain-lain bukan menjamin jika terjadi kerusakan atau kehilangan mobil.

Untungnya sebab mobil yang menabrak kami sudah ikut program asuransi mobil sehingga selain bisa diperbaiki di bengkel dengan jaminan asuransi, juga sekalian dengan mobil kami yang ditabrak ikut juga diperbaiki dengan fasiltas asuransi mobil dari mereka.

BACA JUGA : Tips Memilih Asuransi Mobil, Ini Pengalaman Bunda

Nah…setelah kejadian inilah saya dan suami bangkit keinginan lagi untuk berasuransi mobil, padahal sebelumnya sudah merasa dikecewakan, oleh pihak asuransi yang sebelumnya.

Ditambah lagi pada hari Kamis 23 Agustus 2018 saya, suami dan anak ikut acara blogger di Asuransi Raksa Online jalan Abdul Muis nomor 40 Jakarta Pusat. Setelah mendapatkan pengarahan dan penjelasan tentang bagaimana cara dan apa saja kemudahan berasuransi mobil dan motor secara online di acara ini, maka makin timbullah keinginan untuk ikut berasuransi mobil lagi.

Di acara lomba menulis blog ini, ada Mba Rizki Aulia bagian Statistik Raksa Online menjelaskan bahwa ada 8 layanan unggulan. Agen Digitalnya terdiri dari Line, Fb, IG dan Twitter dan Youtub Raksa Online juga memiliki E-Money bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Keterangan dari Mba Rizki Aulia ditambahkan oleh Pak Junardi Rusly Direktur Marketing Raksa Online mengatakan bahwa di Jakarta ada 4 unit mobil Derek dan melayani 24 jam 7 hari service. Pak Junardi juga mengatakan bahwa Asuransi Raksa Online terdiri dari dua layanan yaitu Silver dan Gold.

Selesai pengarahan, kami para blogger diajak berkeliling di sekitar kantor Raksa Online ini, dan dipandu oleh mba Chelsea sebagai Asisten Administrasi dari Raksa Online melihat secara langsung segala fasilitas dan layanan yang dimiliki Raksa Online. Ada ruangan yang khusus medicure dan pedicure dan ada ruangan reflexi serta ada ruangan pertemuan, pokoknya asyik deh…

BUGURUSITI
Saat Bunda mengikuti acara blogger (foto dok pribadi Sitti Rabiah)

Pengalaman Berasuransi

Suatu saat saya ditawari oleh pegawai asuransi. Mereka menjelaskan apa saja kelebihan dan keuntungan asuransi tersebut. Akhirnya saya tertarik untuk membeli asuransi tersebut, maka keesokan harinya  asuransi kami.

Lalu saya diminta untuk mentransfer dana asuransi tersebut yang katanya untuk satu tahun. Jika dalam satu tahun itu terjadi resiko misalnya mobil terjadi kecelakaan, bencana alam, huru-hara, kebanjiran, gempa bumi dan lain-lain, maka kami sebagai costumer segera menghubungi pihak asuransi.

Dan sampai jatuh tempo tahun depan nanti, boleh diperpanjang dan membayar lagi.

Suatu hari setelah 8 bulan saya memiliki mobil tersebut, terjadi kecelakaan yaitu mobil saya keserempet mobil truk pengangkut minuman bermerk dan cukup terkenal

Lampu besar yang depan sebelah kiri hancur, kap depan penyot dan pintu tidak bisa tertutup dengan rapat terutama di pintu penumpang samping sopir.

Sampai di show room tersebut, Subhanallah antrenya sangat panjang dan untuk diproses membutuhkan waktu seharian. Saya dan suami mencoba untuk bersabar menunggu antrean hingga 3 jam, dan akhirnya Alhamdulillah diproses juga. Kami kemudian disuruh untuk menunggu telepon dari pihak asuransi.

Berhari-hari, berminggu-minggu bahkan sudah sebulan menunggu ditelepon dari pihak asuransi, tapi tidak kunjung telpon rumah atau handphone kami berdering.

Akhirnya saya yang justeru menelpon ke pihak asuransi. Pihak asuransi sendiri dengan manisnya menyampaikan alasan lamanya kami antre karena mobil masih dalam antrean untuk diperbaiki.

Akhirnya saya marah dan geram karena sudah terlanjur kehilangan kesabaran, sudah cape’ dan bosan menunggu. Sebulan lebih belum juga dilayani, saya pun berinisiatif sendiri ke bengkel memperbaiki dengan memakai uang pribadi dengan menghabiskan jutaan rupiah.

Pada akhirnya memang mobil kembali bagus dan mulus, walaupun tidak bisa lagi seperti semula. Setelah mobil sudah mulus dan masuk minggu ke-11 setelah disenggol truk, barulah pihak asuransi menelpon saya dan menyampaikan bahwa saatnya sekarang mobil diperbaiki.

Muncul lagi emosi saya dan memaki-maki pihak asuransi dan sejak saat itu saya menyatakan kapok berurusan dengan asuransi mobil.

Kekecewaanku makin memuncak, jika mengingat bagaimana waktu saya yang banyak terbuang karena memikirkan kendaraan roda empat yang sehari-sehari membawaku mencari nafkah.

Siapa yang tidak kecewa uang membeli asuransi jutaan rupiah hilang begitu saja, tidak terpakai lagi karena sudah jatuh tempo. Saya juga sudah tidak mau lagi memperpanjang polisnya karena ya gitu deh. Oh…nasib.

Asuransi Raksa Sebagai Alternatif

Nah Anda sudah baca pengalaman buruk saya mengasuransikan mobil. Sekarang timbul pertanyaan adakah asuransi mobil yang bisa memberikan layanan sesuai dengan harapan kita semua? Misalnya pelayanannya cepat, tidak mahal, cepat merespon keluhan pelanggan dan tidak hanya memberikan janji-janji palsu, atau hanya memberikan angin segar saja.

Berbagai asuransi memang banyak ditawarkan, tinggal kita yang memutuskan memilih asuransi mana yang sesuai harapan kita. Untuk asuransi yang mengkhususkan pelayanan terhadap mobil, agaknya Asuransi Raksa bisa jadi pertimbangan.

Produk dari Asuransi Raksa

Direktur Marketing Raksa yaitu Bapak Junardi Rusli yang memberikan sambutan dan memaparkan tentang Raksa Online ini. Beliau menyampaikan bahwa Ada 2 pertanggungan yang diberikan oleh Raksa Online yang selama ini diinginkan oleh para nasabah:

  1. Comprehensive (All Risk)

Menjamin segala resiko yang sudah tercantum di dalam polis asuransi kendaraan bermotor beroda empat, seperti: benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, pencurian, dan kebakaran, baik sebahagian maupun keseluruhan.

  1. Total Loss Only (TLO)

Memberikan jaminan kerugian total dan kerusakan. Dimana perbaikannya diperkirakan kurang lebih 70 % dari harga yang sebenarnya. Begitupun kendaraan yang hilang atau yang dicuri. Jangka waktu asuransi 12 bulan dan dapat diperpanjang lagi.

Sementara Mba Yuliana dari Marketing Asuransi Raksa menyampaikan bahwa ada 8 layanan unggulan Reksa Online yaitu :

  1. Raksa Gold Club (RGC)

Asuransi yang pertanggungan di atas USD 70.000. Ada 10 keuntungan bagi nasabah: Claim Progress Report, Personal Assistance, Comfortable Room, Reflexology, Snack and Beverage, Manicure and Pedicure, Priority Authorized Workshop, 24 Hour Customer Care, 24 Hour Towing Service, 24 Hour Emergency Quick Service.

  1. Raksa Silver Club (RSC)

Asuransi yang pertanggungan di bawah USD 70.000. Ada ruang klaim, minuman hangat, kursi pijat, refleksi, undian berhadiah langsung, pelayanan nasabah 24 jam, Raksa Emergency Quick Service 24 jam.

  1. Raksa Mobile Club (RMC)

Fasilitas yang diberikan oleh nasabah yang mengajukan klaim asuransi yang kendaraannya di lokasi terdekat dengan tempat tinggalnya.

Gerai-gerai RMC bisa ditemukan di wilayah Kelapa Gading (LotteMart Wholesale) dengan jam operasional mulai pukul 10.00-15.30, Meruya (Parkir Gedung House of Blessing, Atria) dengan jam operasional mulai pukul 10.00-15.30 dan di Cibubur (Plaza Cibubur) dengan jam operasional mulai pukul 10.00-15.00.

  1. Pelayanan Derek

Ketika di tengah jalan mobil nasabah mengalami kerusakan atau mogok, maka fasilitas derek gratis 24 jam dari Raksa bisa diandalkan untuk membantu. Meliputi seluruh ruas jalan di Jakarta, Bogor sampai batas Masjid besar Puncak, Depok hingga Sawangan, Tangerang hingga Pintu Tol Balaraja Barat, serta Bekasi hingga Pintu Tol Cikarang Barat. Khusus hari dan jam kerja, layanan derek ini juga melayani wilayah Bandung dan Surabaya.

  1. Raksa Emergency Quick Service (REQS)

Layanan di luar ruas tol ini akan sangat membantu nasabah jika mobilnya mengalami kerusakan atau bocor ban. Bantuan REQS akan membuat bantuan lebih cepat sampai ke lokasi karena layanannya menggunakan sepeda motor.

  1. Bengkel Rekanan

Bengkel rekanan untuk melayani nasabah, meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Jadi ini akan sangat memudahkan bagi nasabah yang mau melakukan klaim asuransi. Bengkel rekanan Raksa juga merupakan bengkel dengan kualitas terbaik sehingga hasilnya tidak mengecewakan

  1. Hotline Service 24 Jam

Nasabah yang ingin bertanya terkait asuransi Raksa, Hotline Service Raksa bisa langsung dihubungi pada nomor 021-7226865 atau via whatsapp di 0858-8555-8555. Layanan ini dibuka selama 24 jam.

  1. Kemudahan Klaim

Nah ini yang paling penting bagi nasabah, klaim yang mudah dan tidak berbelit-belit. Raksa memberi kemudahan dalam klaim karena memiliki kantor cabang dan jaringan pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Alur dan prosedur klaim pun sangat mudah.

Selain itu yang perlu digaris bawahi bahwa Dana Reksa Online menerapkan:

  • Tata kelola perusahaan yang baik merupakan inti dari kesuksesan Danareksa
  • Tidak mentolerir pemberian hadiah uang, barang, komisi, kredit, hadiah hiburan, benda berharga atau segala bentuk pemberian khusus kepada karyawan perusahaan, karena menyebabkan turunnya kepercayaan publik terhadap integritas perusahaan.

Nah…itu semua fasilitas yang diterima oleh para pelanggan Asuransi Reksa. Setelah acara perkenalan dengan asuransi khusus mobil ini kami pun para blogger diajak berkeliling kantor Raksa Online di Wisma BSG Lantai 3, jalan Abdul Muis No.40, Jakarta Pusat.

Touring di kantor Raksa Online ini dimaksudkan agar lebih mengenal fasilitas apa yang dimiliki, kenyamanan ruangan, bahkan diperlihatkan di mana dan bagaimana proses klaim bagi para customer. Wah….tempatnya bersih, indah dan nyaman.

Kegiatan kerja sama #KelasBlogger dengan Asuransi Raksa ini, boleh dikatakan sangat bombastis karena para blogger menulis tentang Raksa Online, lalu tulisan diperlombakan dan langsung saat itu juga diumumkan pemenangnya. Kgiatan yang sungguh menguras tenaga dan pikiran, tapi mengasyikkan.

Sungguh sangat gila-gilaan, mulai dari hadiahnya, lombanya bahkan suasananya yang sangat seru dan heboh.

Terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras bersama timnya dengan Raksa Online, sudah memprakarsai acara ini dan membuat seheboh mungkin agar para peserta blogger sekaligus peserta lomba menulis dengan bersemangat.

Sitti Rabiah

#KMAASittiRabiah #Bagian16 #AsuransiMobil

Judul asli “Pengalaman Berkesan Dengan Atau Tanpa Asuransi Mobil” dimuat di blog pribadi Bugurusiti.com Kamis 23 Agustus 2018 

Tentang Penulis: Sitti Rabiah

Ibu 2 Anak dan Nenek 2 Cucu. Pendidikan S2 Magister Administrasi Pendidikan, Dosen S1 PAUD, Kepala Sekolah TK/KB, Guru Sertifikasi, Penyuluh & Pembimbing Kurikulum, Blogger, Penulis di blog dan Kompasiana, Terbitkan Buku Gratis. Sedang menyiapkan buku "Guru TK Ngeblog".

Komentar

News Feed