oleh

Tips Memilih Asuransi Mobil, Ini Pengalaman Bunda

Pernah punya pengalaman buruk berasuransi? Yuk kita shering bagaimana pengalaman berasuransi mobil, siapa tahu bermanfaat bagi pembaca.

Ceritanya tahun 2015 yang lalu, Alhamdulillah saya membeli sebuah mobil kecil mungil (city car) berwarna merah. Subhanallah senangnya, maklum baru pertama kali memiliki mobil baru keluaran toko dan milik pribadi pula. Sebelumnya masih menhgunakan mobil orang tua.

Plat nomor polisinya juga cantik karena nomor pesanan yakni B 144 AH. Bila dibaca sepintas tertulis BIAH dari SITTI RABIAH yang tidak lain adalah nama panggilan kesayangan saya waktu kecil.  Keren kan? hehehe…gaya sedikit kita.

Saat saya dan suami berada di show room mobil, sungguh senangnya tak terkira. Saya sendiri tidak pernah menyangka kalau kami berdua bisa membeli mobil secara cash. Kebetulan ada rezeki sedikit dan perjuangan jungkir-balik menabung dan mencari nafkah bersama suami.

Di tengah kegembiraan saat berada di show room, kami berdua diberikan penawaran untuk membeli asuransi yang ada di perusahaan tempat membeli mobil tersebut.

“Kan Bapak dan Ibu sudah punya mobil, jadi seharusnya diasuransikan untuk menjaga kemungkinan terburuk”, begitu katanya.

 

BUGURUSITI
Mejeng di depan city car merah yang pernah ditabrak dari belakang (foto dok Sitti Rabiah)

Pegawai asuransi menawarkan asuransinya dengan penuh semangat. Membacakan apa saja kelebihan dan keuntungan asuransi tersebut. Akhirnya saya tertarik untuk membeli asuransi tersebut, maka keesokan harinya diproseslah premi asuransi kami.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT : Perlukah Mobil Pribadi Diasuransikan?

Lalu saya diminta untuk mentransfer dana asuransi tersebut yang katanya untuk satu tahun. Jika dalam satu tahun itu terjadi resiko misalnya mobil terjadi kecelakaan, bencana alam, huru-hara, kebanjiran, gempa bumi dan lain-lain, maka kami sebagai costumer segera menghubungi pihak asuransi. Dan sampai jatuh tempo tahun depan nanti, boleh diperpanjang dan membayar lagi.

Dok : Raksa Online

 

 

 

Suatu hari setelah 8 bulan saya memiliki mobil tersebut, terjadi kecelakaan yaitu mobil saya keserempet mobil truk pengangkut minuman bermerk dan cukup terkenal

Lampu besar yang depan sebelah kiri hancur, kap depan penyok dan pintu tidak bisa tertutup dengan rapat terutama di pintu penumpang samping sopir.

Maka saya menghubungi pihak asuransi dan menceritakan kronologis kejadiannya. Lalu pihak asuransi berjanji akan menanganinya.

Selain itu pihak asuransi juga berjanji akan datang ke rumah untuk mengambil gambarnya. Tapi ternyata sudah 3 hari, belum juga datang ke rumah. Akhirnya saya dan suami bolos kerja untuk mendatangi show room tersebut.

Sampai di show room tersebut, Subhanallah antrenya sangat panjang dan untuk diproses membutuhkan waktu seharian. Saya dan suami mencoba untuk bersabar menunggu antrean hingga 3 jam, dan akhirnya Alhamdulillah diproses juga. Kami kemudian disuruh untuk menunggu telepon dari pihak asuransi.

Berhari-hari, berminggu-minggu bahkan sudah sebulan menunggu ditelepon dari pihak asuransi, tapi tidak kunjung telpon rumah atau handphone kami berdering.

Akhirnya saya yang justeru menelpon ke pihak asuransi. Pihak asuransi sendiri dengan manisnya menyampaikan alasan lamanya kami antre karena mobil masih dalam antrean untuk diperbaiki.

Akhirnya saya marah dan geram karena sudah terlanjur kehilangan kesabaran, sudah cape’ dan bosan menunggu. Sebulan lebih belum juga dilayani, saya pun berinisiatif sendiri ke bengkel memperbaiki dengan memakai uang pribadi dengan menghabiskan jutaan rupiah.

Pada akhirnya memang mobil kembali bagus dan mulus, walaupun tidak bisa lagi seperti semula.

Setelah mobil sudah mulus dan masuk minggu ke-11 setelah disenggol truk, barulah pihak asuransi menelpon saya dan menyampaikan bahwa saatnya sekarang mobil diperbaiki.

Muncul lagi emosi saya dan memaki-maki pihak asuransi dan sejak saat itu saya menyatakan kapok berurusan dengan asuransi mobil.

Kekecewaanku makin memuncak, jika mengingat bagaimana waktu saya yang banyak terbuang karena memikirkan kendaraan roda empat yang sehari-sehari membawaku mencari nafkah.

Siapa yang tidak kecewa uang membeli asuransi jutaan rupiah hilang begitu saja, tidak terpakai lagi karena sudah jatuh tempo. Saya juga sudah tidak mau lagi memperpanjang polisnya karena ya gitu deh. Oh…nasib.

Dok Asuransi Raksa

Dok Asuransi Raksa

Asuransi Raksa Sebagai Alternatif

Nah Anda sudah baca pengalaman buruk saya mengasuransikan mobil. Sekarang timbul pertanyaan adakah asuransi mobil yang bisa memberikan layanan sesuai dengan harapan kita semua? Misalnya pelayanannya cepat, tidak mahal, cepat merespon keluhan pelanggan dan tidak hanya memberikan janji-janji palsu, atau hanya memberikan angin segar saja.

Berbagai asuransi memang banyak ditawarkan, tinggal kita yang memutuskan memilih asuransi mana yang sesuai harapan kita. Untuk asuransi yang mengkhususkan pelayanan terhadap mobil, agaknya Asuransi Raksa bisa jadi pertimbangan.

Baca Juga : Cara Mudah Berasuransi Melalui RaksaOnline.com

Informasi tentang Asuransi Raksa ini sendiri, saya dapatkan pada Rabu 18 Oktober 2017 yang lalu. Adalah komunitas #KelasBlogger menggelar kegiatan yang ke-17 kalinya dalam bentuk lomba menulis di blog kerja sama dengan asuransi RaksaOnline.com. Lomba ini bertemakan “Bagaimana Melakukan Reportase dan Blogging On The Spot”.

Dok Asuransi Raksa

Dok Asuransi Raksa

Produk dari Asuransi Raksa

Di acara inilah saya mendapatkan banyak informasi tentang berbagai produk dari Asuransi Raksa dan keunggulannya dibanding asuransi lain. Hadir di acara ini Direktur Marketing Raksa yaitu Bapak Junardi yang memberikan sambutan dan memaparkan tentang Raksa Online ini.

Beliau menyampaikan bahwa Ada 2 pertanggungan yang diberikan oleh Raksa Online yang selama ini diinginkan oleh para nasabah:

  1. Comprehensive (All Risk)

Menjamin segala resiko yang sudah tercantum di dalam polis asuransi kendaraan bermotor beroda empat, seperti: benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, pencurian, dan kebakaran, baik sebahagian maupun keseluruhan.

  1. Total Loss Only (TLO)

Memberikan jaminan kerugian total dan kerusakan. Dimana perbaikannya diperkirakan kurang lebih 70 % dari harga yang sebenarnya. Begitupun kendaraan yang hilang atau yang dicuri. Jangka waktu asuransi 12 bulan dan dapat diperpanjang lagi.

Dok : Raksa Online

Dok : Raksa Online

Sementara Mba Yuliana dari Marketing Asuransi Raksa menyampaikan bahwa ada 8 layanan unggulan Reksa Online yaitu :

  1. Raksa Gold Club (RGC)

Asuransi yang pertanggungan di atas USD 70.000. Ada 10 keuntungan bagi nasabah: Claim Progress Report, Personal Assistance, Comfortable Room, Reflexology, Snack and Beverage, Manicure and Pedicure, Priority Authorized Workshop, 24 Hour Customer Care, 24 Hour Towing Service, 24 Hour Emergency Quick Service.

  1. Raksa Silver Club (RSC)

Asuransi yang pertanggungan di bawah USD 70.000. Ada ruang klaim, minuman hangat, kursi pijat, refleksi, undian berhadiah langsung, pelayanan nasabah 24 jam, Raksa Emergency Quick Service 24 jam.

Dok : Raksa Online

Dok : Raksa Online

  1. Raksa Mobile Club (RMC)

Fasilitas yang diberikan oleh nasabah yang mengajukan klaim asuransi yang kendaraannya di lokasi terdekat dengan tempat tinggalnya.

Gerai-gerai RMC bisa ditemukan di wilayah Kelapa Gading (LotteMart Wholesale) dengan jam operasional mulai pukul 10.00-15.30, Meruya (Parkir Gedung House of Blessing, Atria) dengan jam operasional mulai pukul 10.00-15.30 dan di Cibubur (Plaza Cibubur) dengan jam operasional mulai pukul 10.00-15.00.

  1. Pelayanan Derek

Ketika di tengah jalan mobil nasabah mengalami kerusakan atau mogok, maka fasilitas derek gratis 24 jam dari Raksa bisa diandalkan untuk membantu. Meliputi seluruh ruas jalan di Jakarta, Bogor sampai batas Masjid besar Puncak, Depok hingga Sawangan, Tangerang hingga Pintu Tol Balaraja Barat, serta Bekasi hingga Pintu Tol Cikarang Barat. Khusus hari dan jam kerja, layanan derek ini juga melayani wilayah Bandung dan Surabaya.

Dok : Raksa Online

Dok : Raksa Online

  1. Raksa Emergency Quick Service (REQS)

Layanan di luar ruas tol ini akan sangat membantu nasabah jika mobilnya mengalami kerusakan atau bocor ban. Bantuan REQS akan membuat bantuan lebih cepat sampai ke lokasi karena layanannya menggunakan sepeda motor.

  1. Bengkel Rekanan

Bengkel rekanan untuk melayani nasabah, meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Jadi ini akan sangat memudahkan bagi nasabah yang mau melakukan klaim asuransi. Bengkel rekanan Raksa juga merupakan bengkel dengan kualitas terbaik sehingga hasilnya tidak mengecewakan

  1. Hotline Service 24 Jam

Nasabah yang ingin bertanya terkait asuransi Raksa, Hotline Service Raksa bisa langsung dihubungi pada nomor 021-7226865 atau via whatsapp di 0858-8555-8555. Layanan ini dibuka selama 24 jam.

  1. Kemudahan Klaim

Nah ini yang paling penting bagi nasabah, klaim yang mudah dan tidak berbelit-belit. Raksa memberi kemudahan dalam klaim karena memiliki kantor cabang dan jaringan pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Alur dan prosedur klaim pun sangat mudah.

Dok Asuransi Raksa

Dok Asuransi Raksa

Selain itu yang perlu digaris bawahi bahwa Dana Reksa Online menerapkan:

  • Tata kelola perusahaan yang baik merupakan inti dari kesuksesan Danareksa
  • Tidak mentolerir pemberian hadiah uang, barang, komisi, kredit, hadiah hiburan, benda berharga atau segala bentuk pemberian khusus kepada karyawan perusahaan, karena menyebabkan turunnya kepercayaan publik terhadap integritas perusahaan.

Nah…itu semua fasilitas yang diterima oleh para pelanggan Asuransi Reksa. Setelah acara perkenalan dengan asuransi khusus mobil ini kami pun para blogger diajak berkeliling kantor Raksa Online di Wisma BSG Lantai 3, jalan Abdul Muis No.40, Jakarta Pusat.

Touring di kantor Raksa Online ini dimaksudkan agar lebih mengenal fasilitas apa yang dimiliki, kenyamanan ruangan, bahkan diperlihatkan di mana dan bagaimana proses klaim bagi para customer. Wah….tempatnya bersih, indah dan nyaman.

foto : Farichatul Jannah

Mereka lagi serius menulis blog jangan diganggu (foto : Farichatul Jannah)

Kegiatan kerja sama #KelasBlogger ke-17 dengan Asuransi Raksa ini, boleh dikatakan sangat bombastis karena para blogger menulis tentang Raksa Online, lalu tulisan diperlombakan dan langsung saat itu juga diumumkan pemenangnya. Kgiatan yang sungguh menguras tenaga dan pikiran, tapi mengasyikkan.

Acara #KelasBlogger ke-17 ini sangat gila-gilaan, mulai dari hadiahnya, lombanya bahkan suasananya yang sangat seru dan heboh.

Bagaimana tidak seru dan heboh, sebab Kang Arul atau nama lengkapnya DR Rully Nasrullah, M.Si yang dikenal juga sebagai founder #KelasBlogger memang orangnya kocak dan lucu.

Terima kasih Kang Arul yang sudah bekerja keras bersama timnya dengan Raksa Online, sudah memprakarsai acara ini dan membuat seheboh mungkin agar para peserta blogger sekaligus peserta lomba menulis dengan bersemangat.

Dok Asuransi Raksa

Kang Arul memberi sambutan sebagai founder Kelas Blogger. Sambutannya lucu dan kocak, eh stand up comedy kali hehehe (foto dok pribadi)

Salam :

Sitti Rabiah

#KMAASittiRabiah #Bagian17

* Tulisan ini dimuat di blog pribadi di www.bugurusiti.com dengan judul asli “Pengalaman Buruk Berasuransi Mobil” edisi 2018

Tentang Penulis: Sitti Rabiah

Ibu 2 Anak dan Nenek 2 Cucu. Pendidikan S2 Magister Administrasi Pendidikan, Dosen S1 PAUD, Kepala Sekolah TK/KB, Guru Sertifikasi, Penyuluh & Pembimbing Kurikulum, Blogger, Penulis di blog dan Kompasiana, Terbitkan Buku Gratis. Sedang menyiapkan buku "Guru TK Ngeblog".

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed