oleh

Menulis Buku Wariskan Ilmu

-Terbaru-Telah Dibaca : 39 Orang

Kartini salah satu dari banyak pahlawan perempuan Indonesia. Selalu ada Kartini di tiap masa. Meski hanya dengan pena perjuangannya mampu lintas negara.

 

Pesan warisan Kartini untuk negeri Indonesia yang kita cintai ini, ” Kita jangan mau menjadi budak kebodohan dan keterbelakangan. Hindari terlena meski dari kalangan bangsawan yang berada”.

 

Buah pemikiran Kartini yang haus ilmu pengetahuan, gelisah menyaksikan banyak penindasan. Sosok cerdas, kritis, tidak pernah berhenti belajar. Gemar membaca membuat beliau menyadari adanya diskriminasi antara anak laki-laki dan perempuan.

 

Dengan hobi menulis menjalin silaturahim dengan sejumlah sahabat pena dari Belanda menguatkan niatnya action mewujudkan cita-cita membuka sekolah bagi anak-anak perempuan.

Sosok yang penuh kelembutan, kemauan keras, selalu bergerak dan ingin tahu hal baru. Selalu bertanya apa yang belum diketahuinya dari buku-buku atau apapun yang didengar dari Ayah atau Guru Ngajinya.

 

Trinil demikian sapaan untuk Kartini kecil yang terlalu lincah, tidak mau diam, selalu ingin bertanya. Latar belakang keluarga Ayah dan hidup dalam tekanan, ibunya harus tinggal di bagian belakang rumah dikamar sendiri.

(Bersambung)

Tentang Penulis: SRI SAKTIANI

Pemerhati, praktisi, konsultan pendidikan. Penggerak Batita Suka Baca, Penggagas Menulis Sejak BATITA (2004), Pendiri YAYASAN PERMATAHATI IBU(2004), PAUD GRATIS untuk yatimpiatu yang fakir miskin, dhuafa. Mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Modern SAKTI permatahati IBU ( 2010 diresmikan Kakankemenag sebagai MI pertama dan satu-satunya di Kecamatan Kota Kabupaten Tulungagung). Alhamdulillah sesudah gabung kelas menulis Media Guru Indonesia, terinspirasi mendirikan CV SAKTI PERMATA HATI IBU dengan harapan santri, sahabat guru, serta walisantri tertolong dan yakin punya buku ber ISBN itu bisa dalam waktu singkat. Bersyukur produktif menulis diawali buku buku antologi dan berlanjut buku tunggal, antara lain; Cara SAKTI Jadi Pengusaha, Berani Kaya Sejak Balita, Indonesia Bangkit dengan Entrepreneurkids. Beberapa judul telah cetak ulang, antara lain; Komik SAKTI, CARA SAKTI HOBI NULIS dan permatahati IBU. Motivator Entrepreneur Kids, Coach Wirausaha, bertekad produktif kaya karya, berharap kebarakahan usia mewariskan ilmu menulis buku, smoga Allah ridhai Aamiin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed