oleh

Kata Cermin Hati Kita

-Terbaru-Telah Dibaca : 42 Orang

Ucapan Cermin Hati Diri

23:51 @Resensi

Apapun kondisi bagaimanapun keadaan kita, ucapkan hanya perkataan terbaik. Karena percakapan yang keluar dari mulut itu berasal dari hati.

 

*Jangan salahkan orang lain yang menganggapmu bukan orang yang baik karena tutur katamu yang kasar*

 

Memang, segala sesuatu tidak bisa dinilai dari ucapannya saja melainkan kelakuannya juga.

 

Orang baik, tentu akan berkata yang baik juga.

 

Berhati-hatilah terhadap lisan. Sebuah ucapan bisa menjerumuskan kita ke dalam api neraka, kita tidak mengetahui perkara dengan pasti, sebaiknya kita diam saja.

 

Janganlah mengucapkan perkataan yang menyakiti hati orang lain, sekalipun itu hanya candaan.

 

Kelak di akhirat, segala apa yang kita ucapkan dengan lisan pasti akan dimintai pertanggung jawaban

 

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’alla:

 

*“Tiada satu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.”*

 

(QS Qaf: 18).

 

Rasullulah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan manusia jangan banyak bicara, kecuali untuk hal-hal yang penting, bermanfaat atau untuk mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala.

 

*“Janganlah kamu sekalian memperbanyak bicara selain berzikir kepada Allah; sesungguhnya memperbanyak perkataan tanpa zikir kepada Allah akan mengeraskan hari, dan sejauh-jauh manusia adalah yang hatinya keras.”*(HR. Tirmidzi).

 

Pesan Imam Al-Syafi‘i

 

“Apabila seseorang ingin berbicara, hendaklah berpikir dulu. Bila jelas maslahatnya maka berbicaralah, dan jika ragu maka janganlah dia berbicara hingga nampak maslahatnya”

 

Kita wajib menjaga hati siapapun dengan bertutur kata dan bersikap yang sopan santun. Pilihan kata kita mencerminkan kepribadian kita yang sesungguhnya.

 

Masya Allah

 

Tentang Penulis: SRI SAKTIANI

Pemerhati, praktisi, konsultan pendidikan. Penggerak Batita Suka Baca, Penggagas Menulis Sejak BATITA (2004), Pendiri YAYASAN PERMATAHATI IBU(2004), PAUD GRATIS untuk yatimpiatu yang fakir miskin, dhuafa. Mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Modern SAKTI permatahati IBU ( 2010 diresmikan Kakankemenag sebagai MI pertama dan satu-satunya di Kecamatan Kota Kabupaten Tulungagung). Alhamdulillah sesudah gabung kelas menulis Media Guru Indonesia, terinspirasi mendirikan CV SAKTI PERMATA HATI IBU dengan harapan santri, sahabat guru, serta walisantri tertolong dan yakin punya buku ber ISBN itu bisa dalam waktu singkat. Bersyukur produktif menulis diawali buku buku antologi dan berlanjut buku tunggal, antara lain; Cara SAKTI Jadi Pengusaha, Berani Kaya Sejak Balita, Indonesia Bangkit dengan Entrepreneurkids. Beberapa judul telah cetak ulang, antara lain; Komik SAKTI, CARA SAKTI HOBI NULIS dan permatahati IBU. Motivator Entrepreneur Kids, Coach Wirausaha, bertekad produktif kaya karya, berharap kebarakahan usia mewariskan ilmu menulis buku, smoga Allah ridhai Aamiin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed