oleh

RAHASIA MENJADI JUARA LOMBA BLOG

-Terbaru-Telah Dibaca : 247 Orang

Apakah Anda ingin menjadi juara lomba blog? Apakah Anda ingin mengetahui rahasia sang juara lomba blog?

Tentu menjadi impian , jika blog yang dibuat memiliki banyak pembaca. Apalagi ada keinginan yang sangat kuat untuk mengikuti lomba blog, seperti yang saat ini diselenggarakan oleh YPTD PGRI, dan menjadi juara.

Memang tidak bisa dipungkiri, ketika kita ikut lomba blog, selalu ada keinginan untuk menang dan menjadi juara. Namun kalah menang dalam sebuah lomba itu hal yang biasa. Tetap menulis setiap hari.

Di YPTD PGRI , saat ini sedang dilaksanakan lomba blog. Syaratnya tidak sulit. Menulis di blog YPTD dan blog pribadi setiap hari, mencantumkan logo PGRI dan IGTIK. Dan satu lagi, ini yang penting buat pemula. Banyak tulisan minimal 300 kata maksimal 1500 kata. Tidak banyak kan? Iya sih, tidak banyak. Tapi bagi seorang pemula, menulis 300 kata, tentu membutuhkan waktu dan perjuangan yang luar biasa,

Menurut bapak Supadilah, sang juara lomba blog, membuat tulisan di blog, kuncinya ada pada kalimat pembuka. Ketika Anda memulai menulis, kalimat pembuka yang Anda buat harus unik dan  menarik, harus nendang. Mengapa? Agar tulisan yang Anda buat dibaca terus oleh pembaca. Pembaca akan berpikir melanjutkan untuk membaca jika kesan pertama ketika membaca terasa nendang. Buat kalimat yang memancing emosi pembaca, yang membuat pembaca merasa penasaran dan ingin melanjutkan membaca. Kalimat pembuka, diusahakan memiliki rima.

Seringkali terjadi, sebuah tulisan di blog memiliki konten yang sama dengan blog lain. Nah, jika tulisan Anda lebih unik dan lebih menarik, tentu pembaca akan lebih memilih tulisan Anda. Tentu saja, pembaca juga selalu ingin mengunjungi blog Anda.

Selalu berusaha untuk membuat tulisan yang menarik membutuhkan waktu dan banyak latihan. Ada yang memerlukan waktu 1 saja untuk menulis. Ada yang membutuhkan waktu 1 minggu untuk menulis. Diperlukan  minimal 500 kata untuk sebuah tulisan yang dimuat di blog.

Menurut Supadilah padl, juara lomba beberapa blog, beberapa kriteria tulisan di blog antara lain

  1. Tema

Sebagus apapun tulisan Anda, jika tidak sesuai dengan tema yang dilombakan ya langsung skip. Tulisan Anda diabaikan. Karena itu Anda harus pandai-pandai menyesuaikan tulisan Anda dengan tema yang diminta oleh panitia lomba.

  1. Originalitas

Tulisan yang dibuat harus asli tulisan Anda, bukan copas dari karya tulis yang lain. Ini juga penting bagi Anda. Bayangkan, jika tulisan Anda ternyata merupakan copas dari tulisan blogger lain. Tentu Anda akan dicap sebagai plagiator. Sangat tidak menyenangkan, bukan? Karena itulah, menulislah dengan tulisan Anda sendiri, dengan gaya Anda sendiri.

  1. Mencantumkan gambar atau video

Langkah ini, akan membuat tulisan Anda lebih menarik pembaca. Selain itu, tulisan menjadi lebih  meyakinkan juri/pembaca. Misalnya menulis tentang pembayaran menggunakan gopay. Nah dalam hal ini, Anda tunjukkan bagaimana melakukan transaksi dengan menggunakan gopay

Bila perlu berikan template di blog Anda. Template yang gratisan sudah ada dan banyak diperoleh dari google.  Konten juga penting dalam kriteria penilaian penulisan di blog. Tulisan yang unik juga menjadi bahan pertimbangan. Menulis dan mempercantik blog harus sejalan. Nah bagi  pemula, yang penting menulis dulu, nanti blognya  dipercantik sambil jalan,.

Mungkin diantara Anda, ada yang berminat untuk membaca blognya pak Supadi, sebagai contoh dan referensi buat Anda. Beberapa contoh artikel yang dibuat pak Supadilah, yang telah menghasilkan juara blog, berikut ini. Mau tahu, blognya Bapak Supadilah? Ini nih, blognya. Jangan lupa mampir ya…

https://www.supadilah.com/2019/11/prestasi.html

https://www.supadilah.com/2020/11/artikel-ini-yang-membuat-saya-diganjar.html

https://www.supadilah.com/2019/09/meraih-impian-dengan-sawit-sebagai.html

 

Komentar

Tinggalkan Balasan