oleh

Aksi Nyata Guru Penggerak Modul 1.1. (Bag. 3)

-Pendidikan-Telah Dibaca : 96 Orang

Rancangan Tindakan

Secara konkret di kelas saya akan mencoba mengembangkan merdeka belajar berbasis murid. Pada tahap persiapan, saya akan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Aktivitas yang juga memuat daftar pertanyaan asesmen nonkognitif awal. Selain itu, akan menyiapkan alat, bahan, dan media pembelajaran kolaboratif bersama murid untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila kreatif pada diri murid. Tidak lupa saya akan berkolaborasi dengan orang tua murid dalam bentuk kuesioner untuk mengetahui peran mereka dalam perkembangan belajar murid di rumah.

Selanjutnya pada tahap pelaksanaan, proses pembelajaran terbagi menjadi tiga, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan menitikberatkan pada upaya mengetahui dan menggali potensi murid. Caranya yaitu melalui pelaksanaan asesmen nonkognitif awal pembelajaran.

Pada kegiatan inti saya akan mengusahakan pembelajaran berpusat pada murid. Langkah konkret yang akan saya lakukan, yaitu memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih model belajar mandiri. Murid bebas memilih memanfaatkan buku cetak atau media komputer di laboratorium TIK. Selanjutnya saya akan memberikan penguatan materi yang telah mereka pelajari melalui rangkuman. Setelah itu memberikan pilihan metode pembagian kelompok. Kemudian membimbing murid menentukan pembagian kelompok menggunakan metode pembagian kelompok secara heterogen yang disepakati.

Langkah selanjutnya adalah membimbing murid melakukan praktikum dengan alat, bahan, dan media yang telah disepakati bersama menyesuaikan ketersediaan di sekitar rumah mereka. Setelah praktikum selesai, selanjutnya membimbing murid melakukan diskusi kelompok dan membuat presentasi dengan metode sesuai minat dan kreativitas masing-masing kelompok. Memasuki tahap presentasi hasil diskusi kelompok, saya akan membimbing perwakilan kelompok melakukan presentasi hasil diskusi. Sebagai akhir kegiatan inti, saya akan memberikan penguatan hasil presentasi.

Saat kegiatan penutup saya akan mengajak murid melakukan penarikan kesimpulan pembelajaran. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada murid untuk melakukan refleksi pembelajaran. Tidak lupa untuk penugasan saya akan memberikan pilihan penugasan untuk dikerjakan murid. Bentuk penugasan mandiri meliputi soal AKM literasi teks informatif, posting cerita selama mengikuti pembelajaran di web sekolah, dan sebagainya.

Tentang Penulis: Sudomo

Gambar Gravatar
Seorang pencinta formula fisika, gejala alam semesta, dan rangkaian kata yang cinta mati dengan serpihan surga di bumi -- pulau Lombok. Penulis 'Di Penghujung Pelukan' (Mediakita, 2017) dan 'Pahlawan Antikorupsi: Sudah Adil, Kok! (Funtastic M&C Gramedia, 2018) ini dapat dikenali lebih lanjut lewat kata di www.eigendomo.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed