Pelatihan Desain Cover Buku

Pelatihan Desain Cover Buku

Jumat, 10 Juni 2022.

Cing Ato

#CatatanHarianSangGuru

Kamis, 9 Juni 2022. Tepat pukul 19.30 – 21.30 penulis diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk mengisi pelatihan menulis sebagai narasumber di sebuah group pelatihan menulis buku ber-ISBN gelombang ke 7. Di bawah asuhan bapak Mukminin dan ibu Noralia. Dengan materi membuat cover buku.

,………….,……..

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Bapak dan ibu yang super. Salam kenal saya Suharto (Cing Ato) seorang penyintas GBS.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal-afiat. Aamiin.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada bapak Mukminin dan bunda Noralia atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar bersama pada pelatihan menulis ini.

Bapak dan ibu saya juga sedang belajar. Sama dengan bapak dan ibu. Maka itu, kita saling sharing saja.

Langsung saja pada materi. Kita akan mempelajari bagaimana membuat cover buku lewat smartphone dengan menggunakan aplikasi canva.

Pada malam ini kita akan belajar dasarnya terlebih dahulu. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum pelatihan, yaitu:

1. Harus menginstal aplikasi canva baik di smartphone atau laptop.

2. Harus menggunakan canva pro (berbayar) atau canva edu (gratis)

Jika syarat ini tidak ada sulit untuk membuat cover buku, karena tidak bisa terbuka alias terkunci. Ada si yang terbuka tetapi sedikit dan yang pro itu di tengah gambar ada garis-garis dan tulisan Canva. Jadi merusak penampilan.

Ok, kita langsung saja.

Cover buku terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1. Cover depan

2. Cover belakang

3. Punggung buku.

Cover setidaknya mempunyai beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah cover di antaranya, yaitu:

1. Nama penulis

2. Judul buku

3. Logo penerbit

4. Ilustrasi/dekorasi

5. Narasi

Nama penulis, harus dicantumkan baik buku karya sendiri (solo) atau karya bersama (antologi). Nama penulis kisaran ukuran/ size-nya antara 20 s.d 25. Penempatan nama penulis sesuai kepantasan. Bisa di atas, di tengah, dan di bawah. Adapun bentuk tulisan/ font-nya sesuai selera tinggal pilih.

Judul buku, untuk judul buku bentuk tulisannya (font) boleh satu bentuk atau paling banyak dua bentuk. Tinggal lihat font yang disajikan aplikasi canva. Jika dua bentuk berikan warna yang berbeda dan kontras disesuaikan dengan warna baground. Usahakan tulisan tidak menutupi gambar. Jika sulit berikan gradasi warna di belakangnya sehingga tulisan bisa terbaca dengan jelas. Penempatan judul melihat kepantasan dari seluruh tampilan cover.

Logo penerbit, jika ada logo penerbit bisa diletakkan di atas pojok kanan atau kiri cover depan atau di cover belakang bawah sejajar dengan penempatan ISBN.

Ilustrasi/Dekorasi, mendekor sebuah cover berpijak kepada gambaran isi buku. Biasanya bisa melihat dari sinopsis. Ilustrasi dekorasi inilah yang sedikit unik dari sebuah desain. Memang butuh imajenasi tinggi untuk menghasilkan karya yang fantastis. Mendekor bukan berupa gambar saja tetapi memadukan semua unsur. Seperti gambar, bentuk tulisan, penempatan gambar dan tulisan, dan juga masalah pewarnaan. Semuanya harus senyawa sehingga cover itu seperti hidup dan mempunyai daya tarik tersendiri.

Narasi, penggambaran tentang isi buku baik berupa penggambaran desain gambar atau berupa tulisan seperti sinopsis. Ketika orang melihat tulisan pada judul, orang tersebut sudah paham akan isinya. Ditambah lagi dengan narasi sebuah sinopsis yang berisi gambaran singkat tentang isi buku.

Nah, itulah sepenggal gambaran sebuah cover buku. Lebih jelasnya bisa lewat praktik langsung.

Semakin banyak praktik, maka semakin menambah menambah wawasan, sehingga lambat Laun hasil karya kita semakin bagus.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat tutorial yang saya buat berupa YouTube. Silahkan mampir ke channel “Suharto MTsN 5 Jakarta” selamat menyimak.

Tinggalkan Balasan

News Feed