oleh

NILAI ASLI PERLUKAH DI RAPOR PTS

-Pendidikan-Telah Dibaca : 346 Orang

 

 

NILAI ASLI PERLUKAH DI RAPOR PTS?
Oleh : Supardi HR

Minggu-minggu ini banyak gur0u sibuk mengoreksi lembar jawaban siswa( LJK) dan mengolah nilai. Pasalnya, di pertengahan bulan September ini banyak sekolah yang melaksanakan Penilaian Tengah Semester ( PTS ). Dulu disebut Ulangan Tengah Semester ( UTS ). Istilah yang kedua ini mungkin lebih familiar dikalangan siswa atau orang tua wali murid. Walaupun kedua istilah tersebut sama subtansinya, yaitu ulangan atau ujian sebelum Penilaian Akhir Semester ( PAS). PTS dilaksanakan setelah siswa menempuh KBM selama 3 bulan. Sedangkan PAS setelah siswa telah mengikuti KBM selama 6 bulan atau setengah tahun.

Namun, baik PTS dan PAS keduanya ada perbedaan. Soal PTS biasanya lebih lebih sedikit jumlah nomornya dibanding soal PAS. Misalnya,di sekolah tempat saya mengajar SMP IT Citra Bangsa soal PTS pilihan ganda 15 , Essay atau uraian 5. Sedangkan soal untuk PAS pilihan ganda biasanya 35 – 45 nomor dan soal esai atau uraian terdiri dari 10 nomor.Dari segi waktu pengerjaannya pun berbeda. Untuk PTS karena saat ini masih pandemi soal lebih sedikit dan waktu pengerjaan juga lebih pendek yaitu 45 menit. Sedangkan PAS lebih lama biasanya 90 menit per mata pelajaran.

Sedangkan pemberian nilai rapor pun juga berbeda. Jika PTS nilai asli sedangkan PAS nilai jadi. Yang dimaksud nilai asli disini adalah nilai murni siswa mengerjakan soal PTS tersebut. Misalnya, soal ada 10 nomor siswa A mengerjakan benar 4 nomor, siswa B mengerjakan soal PTS benar 9. Jadi nilai asli siswa A tersebut akan tertulis di rapor PTS tetap 4 dan siwa B tertulis 9. Namun, berbeda dengan nilai PAS. Walaupun siswa A nilai PAS nya 4 maka di nilai rapor PAS mungkin bisa 75 atau 80.Karena nilai PAS akan di gabung dengan nilai harian,nilai PTS , sikap, kehadiran ,kedisipinan dan lain sebagainya.

Tujuan nilai asli di rapor PTS adalah untuk memberikan gambaran hasil belajar selama 3 bulan . Selain itu diharapkan nilai tersebut dapat motivasi anak untuk lebih giat belajar lagi. Baik yang nilainya dibawah KKM ataupun yang sudah melampaui KKM.

Bekasi, 1 Oktober 2021.
________

Tentang Penulis: Supardi Harun Ar Rasyid

Supardi Harun Ar Rasyid adalah seorang guru bahasa Inggris, Founder Gama Nusa, Penulis buku dan pegiat literasi. Asal Solo, Jawa Tengah, saat ini tinggal di Bekasi,Jawa Barat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed