22. Memberi Apresiasi Pelanggan

 

Pada bab sebelumnya telah dibahas pe├▒tingnya mempertahankan pelanggan. Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan appresiasi pada pelanggan. Apresiasi itu bermacam-macam, tidak hanya diskon seperti pernah dicontohkan pada bab sebelumnya.

Apresiasi bisa dengan cara memberikan layanan khusus pada pelanggan lama. Misal memberikan meja dan kursi khusus, atau memberikan ruang VIP tanpa dikenakan minimum transaksi. Atau, memberikan souvenir / cindera mata seperti sendok garpu unik, pisau dan garpu unik, atau sumpit yang indah.

Apresiasi dalam bentuk diskon atau potongan harga, juga dapat dikemas bermacam-macam, kita bisa berikan saat tanggal-tanggal khusus, misal 10/10 atau 10 Oktober, 11/11 atau 11 November, 12/12′ atau 12 Desember, Hari Valentine atau saat ulang tahun rumah makan. Diskon juga bisa bervariasi, misal diskon 10%, diskon 11%, diskon 12%, diskon 14% atau sesuai usia rumah makan. Namun sebaiknya dikalkulasi dengan teliti, bila usia rumah makan sudah cukup tua, sebaiknya diskon diperuntukkan pada menu tertentu, misal yang harganya paling mahal, yang harganya paling murah atau menu yang jarang peminatnya. Diskon juga dapat diberikan berupa gratis minuman asalkan sudah membeli memesan menu utana (main course).

Selain diskon langsung pada saat pembayaran, bisa juga diskon diberikan berupa voucher untuk pembelian berikutnya. Cara ini otomatis memaksa pelanggan untuk melakukan pembelian ulang.

Untuk seru-seruan, diskon dapat diberikan pada jam-jan tertentu, misal pada jam-jam sepi. Agar rumah makan terkesan selalu ramai, maka diskon sebaiknya tidak berlaku pada akhir pekan / hari libur nasional dan waktu makan siang / malam.

Apresiasi bisa diberikan berupa pengimpulan stempel, misal mengumpulkan 10 stempel, dapat makan gratis dengan menu tertentu. Untuk mendapatkan satu stempel minimal transaksi misal 1 juta Rupiah. Nilai stempel dan nilai transaksi tentu disesuaikan dengan corak rumah makan kita.

Apresiasi guna mendorong pelanggan membeli lebih banyak adalah dengan menawarkan beli 3 dapat 4, bayar 100.000 Rupiah dapat pilih 2 menu. Nilainya tentu berdasarkan nilai yang sudah kita perhitungkan.

Apresiasi juga dapat berupa hadiah atau compliment berupa menu baru, sekalian menguji kesan pelanggan dan memperoleh feedback langsung.

Apresiasi juga dapat diberikan bagi pelanggan yang sudah mau mengisi angket tentang kepuasan di rumah makan. Ataupun yang sudah bersedia mengunggah foto mereka saat bersantap di media sosial.

Banyak macam apresiasi yang dapat kita pilih, dan kita sesuaikan dengan bisnis rumah makan kita. Pilihlah mana yang paling sesuai dan menarik.

 

Tinggalkan Balasan