oleh

Hormati Orangtuamu

Setiap anak, baik anak biologis maupun anak angkat, menantu terhadap mertua, maupun hubungan antara anak buah dengan atasan di tempat kerja wajib memiliki rasa hormat yang tinggi, meski terkadang terjadi beda pendapat karena perasan sepi dan kosong di rumah, rasa khawatir, perbedaan politik dan sebagainya.

Banyak alasan dibalik pendidikan moral dan mental untuk bersikap hormat kepada orang tua. Jangan sampai Anda menyakiti hati orang tua atau Anda akan menerima kutukan seperti kisah Malin Kundang. Anda juga tidak diperbolehkan  mempermalukan orang tua. Kutuk akan diterima oleh anak yang mempermalukan orang tua seperti yang pernah dialami oleh Ham anak dari Nabi Nuh.

Anda dapat melakukan beberapa cara untuk menunjukkan rasa hormat Anda kepada orang tua. Hal yang paling utama adalah memberikan perhatian serta kasih sayang yang tulus, dan bukan karena merasa terpaksa karena ingin dipandang sebagai anak berbakti oleh lingkungan. Juga anak selayaknya sering memberi sesuatu kepada orang tua, berupa pemberian. Karena memberi adalah ungkapan kasih sayang, karena  Anda tidak mungkin mengasihi tanpa memberi.

Karena itu berilah perhatian yang terbaik selagi orang tua Anda masih hidup, sehingga mereka dapat menikmati pemberian Anda. Ingatlah, bahwa Anda menghormati orang tua karena dua alasan, karena karakter dan fungsi orang tua. Jika Anda sulit memberikan rasa hormat karena karakternya, tetap hormati orang tua karena fungsinya. Contohnya, mungkin Anda tidak sepaham dengan orang tua Anda dalam cara memilih pasangan hidup, Anda boleh tidak sepaham, namun Anda harus tetap menghormati orang tua Anda karena mereka tetap orang tua Anda secara fungsi.

Coba pula memposisikan diri Anda, bila Anda pada posisi orang tua Anda, karena suatu hari Anda pasti juga akan menjadi orang tua. Pikirkan apa yang orang tua Anda inginkan jika Anda berada di posisinya?
Sudahkah Anda menunjukkan sikap hormat kepada orang tua?

Jangan sekali-kali menyakiti hati orang tua, betapapun orang tua bersikap kurang adil pada Anda. Meski Anda merasa mendapat perhatian yang berbeda dibandingkan perhatian pada kakak atau adik Anda, janganlah pernah merasa cemburu. Anda tidak boleh membalas dengan kurang menghormati orang tua. Bersikaplsh tetap santun dan hormat, seperti saudara Anda. Janganlah sekali-kali memiliki dendam terhadap orang tua.

Menunjukkan rasa hormat kepada orang tua bisa dengan memberi berupa  material (hadiah, uang, perbaikan rumah, dan lain-lain) maupun immaterial (perawatan saat sakit, perhatian saat kesepian, dan lain-lain).

Ingatlah untuk selalu menghormati orang tua Anda, sesibuk apapun bisnis atau pekerjaan Anda, karena orang tua akan makin tua, dan Anda akan menyesal nanti bila belum sempat membahagiakannya.

Tangerang Selatan, 22 Agustus 2021.

@sg

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed