oleh

Tekunlah Dalam Berusaha

Bila Anda saat ini sedang meniti karir, teruslah tekun berusaha. Bila Anda sedang mencari pekerjaan. Bila Anda sedang memulai sebuah bisnis. Jangan mudah putus asa. Karena semua tindakan harus melalui perjuangan yang berliku tidak ada yang serba instan.

Contoh paling sering ditunjukkan pada seminar motivasi adalah kesuksesan Kolonel Sanders pendiri gerai waralaba ayam goreng global Kentucky Frief Chicken. Sanders memulai bisnis ayam gorengnya pada usia 60 tahun-an, Sanders justru berhasil pada masa tuanya. Memang Sanders adalah seorang yang tekun. Pada masa mudanya, banyak kegagalan telah dialaminya dan karena ketekunannya, ia tidak pernah menyerah.

Contoh kedua adalah Abraham Lincoln. Tokoh besar yang lebih akrab dipanggil Abe ini juga orang yang banyak mengalami kegagalan dalam hidupnya. Kegagalan demi kegagalan yang dialaminya tidak membuatnya patah semangat dan kehilangan tujuan. Abe pernah mengalami kebangkrutan dalam usahanya, pernah kalah dalam pemilihan umum lokal, istrinya meninggal dunia hingga mengalami tekanan mental sedemikian rupa sehingga hampir saja masuk rumah sakit jiwa. Abe juga pernah gagal dalam pemilihan anggota senat Amerika Serikat, lalu menderita kekalahan untuk duduk di dalam kongres Amerika Serikat serta kalah dalam pemilihan untuk menduduki kursi wakil presiden Amerika Serikat. Namun akhirnya pada tahun 1860, Abe  berhasil menjadi presiden Amerika Serikat. Sebuah perjalanan panjang yang sangat berliku.

Semangat yang tinggi dan ketekunannya untuk bisa mengabdikan diri pada bangsa dan negara membuatnya berhasil terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat di tahun 1860. Hasrat yang kuat pada dirinya yang mampu menciptakan peluangnya sendiri. Ketekunanannya saja yang  akan menemukan jalannya pada akhirnya. Itulah modal utama yang dimiliki Abraham Lincoln.

Dunia saat ini banyak menawarkan hal-hal yang serba instan, praktis dan cepat. Tapi untuk meraih keberhasilan dalam hidup, tidak ada yang serba instan, semuanya membutuhkan proses. Kecuali bila Anda beruntung memperoleh warisan bisnis dari orangtua atau mertua Anda.  Kita perlu memiliki ketekunan untuk melalui setiap proses itu, karena ketekunan dan kesabaran adalah cara terbaik untuk sanggup  mendapatkan hasil yang sempurna. Jatuh atau gagal saat berusaha mencapai tujuan adalah wajar, semua kegagalan harus menjadi pengalaman untuk berusaha lebih baik lagi.

Selalu tekunlah dalam segala usaha atau pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Jangan hanya cenderung pada hal-hal praktis saja, cepat dan instan. Anda harus selalu setia pada setiap proses kehidupan.
Sebaiknya Anda melakukan pekerjaan dan usaha Anda dengan tekun, nikmati setiap proses yang terjadi dalam kehidupan Anda. Suatu ketekunan berarti konsisten dan persisten. Terus menerus dan tidak pernah menyerah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed