32. Bersyukur

KMAB0 Dilihat

 

Bersyukur pada umumnya berkaitan dengan ibadah, seorang beriman pasti sering bersyukur untuk mengucapkan terima kasih atas karunia Tuhan.

Pengertian bersyukur tidak saja untuk rasa berterima kasih namun juga meliputi perasaan senang, legs dan bangga.

Sesorang yang mendapatkan promosi jabatan, pantas merasa bersyukur sebagai ungkapan rasa bangganya. Seseorang yang memenangkan kompetisi blog, boleh saja merasa bersyukur saat dia merasa senang. Atau seseorang yang baru saja terhindar dari kecelakaan, dia bersyukur karena merasa lega.

Namun bersyukur tidak hanya karena ketiga hal itu, Seandainya hidup kita pas-pasan, masih tinggal di rumah kontrakan yang sempit, kita tetap patut bersyukur, karena kita masih dapat menghirup udara bebas, melihat dengan dua mata, bebas bepergian karena tubuh yang sehat.

Meski kita dalam kekurangan, kita harus tetap bersyukur. Apalagi bila kita pada kondisi berkelebihan dapat berwisata ke luar negeri, menjadi tokoh psnutan masyarakat, memiliki keluarga yang lengkap, kita harus wajib bersyukur.

Bersyukur artinya berterima kasih atas segala yang sudah kita peroleh, entah nilainya kecil atau besar. Kita harus selalu berterima kasih tanpa mengingat besar kecilnya yang kita dapat. Janganlah selalu membanding-bandingkan antara yang kita miliki dengan yang dimiliki orang lain. Meski otang lain memiliki kendaraan toda empat, Dan kita hanya memiliki sepeda motor tua, kita tetap wajib bersyukur..Bisa saja orang kaya memiliki masalah hidupnya sendiri, sementara kita yang tidak kaya tidak memiliki masalah yang berat. Karena perasaan syukur itu melegakan.