oleh

Bumerang

Bumerang adalah senjata lempar khas suku Aborigin di Australia. Seseorang yang menggunakan senjata tersebut harus ahli menggunakannya, karena bila tidak bisa-bisa akan melukai dirinya sendiri. Bumerang digunakan untuk berburu dan harus mengenai sasaran dengan tepat. Atau prinsip kerja bumerang seperti aplikasi pada gawai yang membuat orang seperti bergerak maju mundur? Prinsip kerjanya hampir sama, yakni berupa pengulangan kembali pada titik semula.

Bumerang adalah cerminan dari sikap manusia. Bila kita melempatkan secara benar atau baik, maka akan mengenai sasaran atau kita akan memperoleh hasil yang baik. Sama halnya bila kita mengucapkan kata-kata yang baik, maka kita juga akan menerima balasan kata-kata yang baik pula. Bila kita berbuat baik pada seseorang, kalaupun orang yang kita baiki itu tidak mampu membalasmnya, pasti terjadi sesuatu kebaikan yang membalaskan perbuatan baik itu.

Sebaliknya, apabila kita melemparkan bumerang secara salah, identik dengan kita melakukan sesuatu yang buruk, maka kita akan menuai keburukan di kemudian hari.

Coba renungkan setiap perkataan dan tindakan kita. Apakah perkataan dan tindakan kita sudah tepat waktu dan tepat sasaran untuk diucapkan ataukah perkataan dan tindakan kita merupakan perkataan yang menyakitkan orang lain, melukai hati orang lain, atau bahkan tidak bermanfaat dan tidak membangun?

Kita dididik agar selalu berbuat baik bagi orang-orang di sekitar kita, mari berpikir berkali-kali sebelum bertindak dan bertutur kata agar kelak semua yang kembali kepada kita adalah perkataan yang manis dan segala hal yang baik.

Renungkan perkataan dan tindakan kita setiap hari apakah semua perkataan dan tindakan kita sudah merupakan yang terbaik yang dapat kita lakukan.  Bagaimana perasaan kita ketika kita sedang terpuruk dan orang terdekat dengan kita tidak mendukung kita dengan kata-kata dan perbuatan yang membangun? Pernahkah kita menyadari efek bumerang dari perkataan dan tindakan kita selama ini?

Berbuatlah yang terbaik terhadap orang lain, sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain.

Orang bijak pasti berkata dan bertindak dengan kata-kata yang sesuai dan bersifat membangun, pada waktu yang tepat, dan kepada orang yang memerlukan.

Tangerang Selatan, 12 September 2021.

#sg

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed