oleh

Gila Hormat

Salah satu sikap manusia yang tidak disukai orang lain adalah gila hormat. Ciri-ciri orang yang gila hormat adalah berambisi untuk menjadi orang terpandang dan ingin selalu dianggap penting. Mereka memiliki prinsip bahwa semua hal harus melalui mereka agar dianggap memiliki peran penting. Bersifat angkuh, dan setiap ucapannya harus didengar. Walau ingin sekali dihormati, mereka tidak bisa menghormati orang lain, terutama kepada orang-orang yang tidak memiliki jabatan tertentu atau jabatannya lebih rendah dari mereka.

Pada prinsipnya, kita sebagai manusia memang ingin dihormati. Keinginan ini sebenarnya terkait dengan harapan penerimaan dan pujian dari orang lain. Namun apakah itu kebutuhan kita? Ketika kita mengharapkan penghormatan dari orang lain, hal itu hanya akan membawa kita pada sikap sombong, iri hati, yang pada akhirnya mengakibatkan kekecewaan. Itulah sebabnya,  janganlah kita mempunyai sikap gila hormat. Sikap gila hormat ini muncul  jika kita tak memahami bahwa hormat itu timbul karena rasa kagum dari orang lain, dan bukannya berasal dari ego kita yang mencari pengakuan dan penghargaan dari orang lain.

Janganlah mengharapkan penghormatan dari  orang lain. Karena penghargaan itu akan timbul dengan sendirinya,bila kita memang layak dihormati.

Janganlah kita mencari kehormatan bagi diri sendiri. Melangkahlah dengan keyakinan bila tindakan kita bermanfaat bagi banyak orang, otomatis orang-orang akan menghargai kita. Meski dihargai atau tidak, diakui atau tidak oleh orang lain, kita tetaplah pribadi yang berharga bagi orang-orang terdekat kita, khususnya keluarga kita. Dan hiduplah sesuai dengan jati diri kita sebagai orang yang bersikap terhormat karena tindakan positif kita yang telah membuat kita berharga.

Masihkah kita sangat mendambakan penghormatan dari orang lain? Mengapa kita disaeankan jangan gila hormat?

Lakukanlah apa pun dalam hidup ini hanya untuk kebaikan banyak orang.

Karena semakin kita ingin menunjukkan diri kita agar diakui dan dihormati, maka kita semakin tertekan, tegang dan melelahkan batin, dan biasanya justru berakibat makin tak disukai banyak orang.

Tangerang Selatan, 13 September 2021.

@sg

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed