oleh

Kekuatan Sebuah Tim

Didalam sebuah tim meski memiliki seorang pemimpin, namun sumbangsih tiap individu didalam tim tidak boleh disepelekan.

Seringkali bila kita membahas tentang tim sepakbola, kebanyakan orang akan mengenal pemain penyerang atau pencetak gol terbanyak dalam sebuah tim, mungkin sang kapten tim atau pemain bintang dalam tim tersebut. Contohnya, Christiano Ronaldo, Lionel  Messi atau Romelu Lukaku  Pemain ini biasanya dikenal sebagai pemain kunci dalam sebuah tim. Bila pemain itu berpindah klub maka kemungkinan klub yang ditinggalkan akan mengalami penurunan kekuatan atau penurunan peringkat. Sedangkan di dalam sebuah grup band, biasanya vokalis adalah peran yang paling populer dan banyak penggemarnya. Vokalis biasanya menjadi juru bicara dalam setiap wawancara. Contoh Ariel pada kelompok band Noah (dh Peter Pan). Para penggemar atau fans biasanya lebih akrab dengan warna suara sang vokalis. Itu sebabnya, bila sebuah grup band kehilangan vokalis, maka bisa dipastikan grup band tersebut akan menghadapi masalah yang cukup besar.

Lalu bagaimana dengan lingkungan pekerjaan atau komunitas? Siapakah yang menjadi pemain kunci dalam sebuah perusahaan yang harus memuaskan pelanggan? Kita semua pasti akan menjawab bahwa pemegang peranan kunci adalah sang direktur, manager atau pemimpin dalam sebuah proyek. Pendapat ini tidak salah, tetapi kita lupa ada satu peran dalam pekerjaan yang sangat jarang terlihat tetapi sesungguhnya peran ini memiliki andil yang sangat besar dalam keberhasilan sebuah pekerjaan. Peran itu adalah kerjasama tim (teamwork).

Betapa hebatnya seorang pemain kunci dalam sebuah tim sepakbola, ia harus mendapatkan umpan dari pemain lainnya. Sangat jarang seorang pemain kunci mampu menggiring bolà dari garis belakang hingga menghasilkan gol. Lalu sebuah kemenangan juga ditentukan oleh pemain belakang dan penjaga gawang yang harus mempertahankan gawang agar jangan kebobolan. Karena meski pemain kunci mampu menciptakan banyak gol bila gawang banyak kebobolan maka secara tim tetap akan dinyatakan kalah.

Fungsi kerjasama tim inilah yang harus mampu dihadirkan pada setiap pertandingan oleh kapten tim. Sebagai kapten harus mampu memotivasi anggota tim dengan melakukan koordinasi prnyerangan dan mempertahankan gawang dari serangan tim lawan.

Mari kita mulai membangun kerjasama tim, termasuk di dalam keluarga, dan di dalam setiap kesempatan yang ada. Jika kita semua bersatu dan sepakat bekerja sama. Pasti dahsyat hasilnya.

Sudahkah kita membangun kerjasama tim di dalam keluarga kita.Mulailah untuk membangun kerjasama tim di dalam keluarga kita. Saat seluruh anggota keluarga sepakat melakukan upaya bersama,  maka tidak akan terjadi masalah atau kerepotan di dalam keluarga.

Tidak pernah ada sebuah tim yang kokoh  tanpa dimulai kerja sama seluruh pemain pendukungnya.

Tangerang Selatan, 15 September 2021.

@sg

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed