oleh

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Republik BHP

-Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 1.581 Orang
Spanduk Penutupan Sementara Republik BHP di 5 titik pintu masuk/keluar 
Seperti dilansir dari JAKARTA, iNews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan instruksi baru terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Bali. Instruksi Mendagri No 2/2021 tersebut juga menetapkan PPKM diperpanjang dari tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2021.
  Rapat Koordinasi dipimpin Ketua RW 06 Bapak Adityawarman
Ketua RW 06 Kelurahan Dukuh Jakarta Timur memberikan arahan kepada para petugas dalam rangka sterilisasi atau penutupan sementara dalam upaya mencegah penyebaran dan penularan pandemic covid 19.
Arahan Bapak Adityawarman disampaikan kepada Anggota TNI dan Polri dari Kewilayah Kelurahan Dukuh pada Kamis pagi 28 Januari 2021 di RT 08 Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP). Mereka akan bertugas bersama Satgas  Covid 19 BHP,  Satpol PP Kelurahan Dukuh dan Satpam Lingkungan RW 06.
Lengang Boulevard Republik BHP
Pak RW 06 menjelaskan pada saat ini terdapat 19 warga BHP terpapar positif covid. Peningkatan cukup tajam dibanding tahun 2020. Oleh karena itu sesuai arahan Presiden Jokowi dan mengikuti kebijakan Pemda DKI Jakarta maka dilakukan penutupan sementara secara mandiri di pemukiman masing masing.
Dasar hukum Penutupan Sementara sesuai Instruksi Mendagri No 2 Tahun 2021 dan Pergub DKI No 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penaggulangan Corona Virus Disease 2020.
5 Anggota TNI DAN 2 Anggota Polri bertugas di 5 titik pada lingkungan BHP. Pembagian tugas tersebut tersebar di pintu pintu masuk BHP seperti Perapatan Jengkol Gerbang Kabapin, Gerbang Dukuh 3, Hutan Kota RT 05 serta pelintasan masuk keluar dari Komseko / Kampung Bojong Kelurahan Rambutan.
 
Kebijakan Ketua RW 06 seluruh Ketua RT serta Ketua Masjid Baiturrahman sepakat melaksanakan sterilisasi total.
Penutupan area tersebut mulai berlaku 28 Januari 2021 sampai dengan 8 Februari 2021 meliputi
  1. Kegiatan perbelanjaan Pujasera
  2. Jamaah Masjid Baiturrahman sementara beribadah dirumah
  3. Jogging atau olahraga di Boulevard BHP dihentikan dianjurkan kegiatan dilakukan rumah
                                                                                          
Protokol Kesehatan meliputi 3 M tegas diterapkan Petugas dalam bentuk persuasif agar warga mematuhi dana ikut berperan serta menurunkan angka positif corona di Jakarta.
 
Turut hadir pada acara koordinasi tersebut Pengurus RW 06 Bapak Rudy Chaidir, Bapak Dewa Banjar dan Thamrin Dahlan yang ikut serta memantau kegiatan penutupan sementara  di lingkungan BHP.
 
Acara koordinasi berlangsung singkat. Petugas telah paham tentang tujuan kegiatan serta posisi titik dimana mereka ditempatkan. Diharapkan dengan kehadiran TNI/Polri akan menambah tingkat kedisiplinan warga terutama penerapan memakai masker dan menghindari kerumunan.
Anggota TNI dan Polri siap berhjaga di Pujasera
 
Ketika Penulis melewati Pusat Jajanan Serba Ada (Pujaserta) terlihat sepi. Para pedagang patuh dan taat sementara tidak melakukan jual beli kuliner dan sayur.
Pemberitahuan kepada para pedagang dan para pengunjung pujasera sudah disampaikan beberapa hari sebelumnya.
5 spanduk pemberitahuan strilisasi total sudah terpasang di pintu pintu aksed masuk /keluar BHP.
Masjid Baiturrahman Juga memasang Spanduk 
 
Semoga upaya optimal  memberikan dampak bermakna dalam upaya pencegahan virus corona. Tentu saja upaya ini akan semakin optimal apabila RW se Kelurahan Dukuh juga serius melaksanakan perintah Bapak Saamin Lurah Dukuh.
 
Salam Literasi
Bhp 280121
YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

3 komentar

News Feed