oleh

Mulai Ke – Sekolah Lagi

-Pendidikan, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 32 Orang

Mulai sekolah lagi

Catatan Thamrin Dahlan

Emak emak termasuk warga paling gembira sejak 3 Januari 2022.  Gembira ria bersebab tugas sebagai guru non sertifikat selesai. Anak anak sudah masuk sekolah

Kini siswa 100 % hadir setelah melalui uji coba ke sekolah beberapa  bulan lalu. Kebijakan Kemendikbud tentu berdasarkan situasi penyebaran pandemi covid sudah melandai disebagian besar wilayah tanah air.

Selasa 4 Januari 2022 ketika awak belanja nasi uduk berpapasan dengan anak anak berseragam.  Raut wajah mereka tampak gembira ria walau tertutup masker. Sorot mata nan dipancarkan ibarat seseorang bebas merdeka dari kungkungan.

Maklum saja hampir 2 tahun anak anak ini belajar dirumah. Rindu suasana sekolah nan penuh dinamika. Bermain, bercanda dan juga belajar bersama adalah kegiatan yang paling disenangi anak sekolahan.

So pasti emak emak lega. Hanya saja kesibukan menyiapkan makanan dan pakaian   di waktu menjelang anak anak berangkat boleh sedikit merepotkan. Juga mengantar anak yang masih duduk di Sekolah Dasar.

Tetapi tidak apalah dari pada menjadi guru dadakan terkadang emosi ketika anak tidak paham paham (lebih tepat bingung) apa yang diajarkan sang emak. Siapa bisa menduga karena  peristiwa covid ternyata emak emak punya bakat terpendam.  Jadi guru.

Ya sudahlah. Masa keributan dirumah termasuk masalah sinyal dan hape lemot sudah berlalu. Kini emak bisa santai menikmati tv chanel drakor alias drama korea.

Eeit jangan keasyikan nonton sampai lupa jemput anak

Kemacetan jalan raya di pagi hari mulai dirasakan lagi. Siswa naik bus sekolah, berkendara umum atau naik motor memenuhi transportasi kota. Belum lagi anak yang diantar pakai kendaraan pribadi. Semua ingin cepat sampai sebelum pukul 07.00. Jangan telat terlambat kuatir dihukum pak Guru.

Pagi itu awak berkeliling di Perumahan Bumi Harapan Permai ( BHP). Dari halaman samping SD 01 RW 06 Kelurahan Dukuh Kramatjati Jaktim terdengar suara keras Pak Guru. Penasaran ada apa. Oh ini kegiatan olahraga pada sessi senam bersama. Anak anak berseragam trainning spack dan bertopi tampak semangat bergerak teratur sesuai iringan irama lagu senam kesegaran jasmani.

Alhamdulillah. Generasi muda Indonesia sudah kembali ke kampus. Belajar normal 100 % tatap muka. Semoga dalam proses belajar senuanya  tetap patuh dan taat serta disiplin protokol kesehatan.

SDM Tangguh Indonesia Unggul

Salam Literasi

BHP 4 januari 2022

YPTD.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed