oleh

Musrenbang 2022 Republik BHP

Musrenbang 2022 Republik BHP

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RW 06 Kelurahan Dukuh Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur dilaksanakan Senin 10 Januari 2022.  Acara dipimpin Ketua RW Bapak Adityawarman,  Hadir seluruh Ketua RT dan Pengurus serta Ibu Ibu PKK  & Ibu Jumantik.

Penyelenggaraan Musrenbang di Gedung Blok M 2 Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) mulai pukul 18.30.  Selain rapat tatap muka,  Rapat Musrenbang juga di laksanakan secara zoom meeting dengan Pihak Kelurahan Dukuh. Pasalnya pada saat yang sama Pejabat Kelurahan juga terkoneksi dengan rapat Musrenbang RW lain.

Pada kesempatan ini Pak Adit memperkenalkan Pejabat Ketua RT baru.  Terdapat 4 Ketua baru sedang 4 lainnya petahana.  Ketua RT baru dijabat anak anak muda.  Mereka merupakan Kader Pengurus  RW selama ini aktif bertugas sebagai Satgas Covid.

Ketua LKMD  (baru dilantik)  Mas Bagus melaporkan agenda rapat. Agenda utama adalah usulan RW 06 tahun 2022 terkait usulan pembangunan fisik.  Berdasarkan pengarahan Bapak Sekretaris Kelurahan Tahun Anggaran 2020 dan 2021 tidak ada usulan pembangunan terlaksana.

Hal itu tersejadi karena  Pemerintah DKI  me prioritas kan  anggaran untuk menanggulangi pandemi covid 19.  Pak Sekkel menyampaikan berita gembira bahwa  3 Usulan Pembangunan   RW 06 menjadi prioritas dan sudah tercatat di Info Bank Kecamatan Kramatjati.  Insha Allah 3 program pada umumnya kosentrasi mengatasi banjir di BHP tewujud pada tahun 2022.

Ibu Mega Staf  Kelurahan menambahkan RW 06  masih bisa mengajukan usulan program baru.  Pak RW menanyakan langsung kepada masing masing Ketua RT apa usulan untuk tahun 2022. Usulan tersebut di catat oleh Ketua LKMD dan Staf untuk dibuatkan dalam bentuk format usulan program sebelum disampaikan ke Pihak Kelurahan Dukuh.

Agenda rapat selanjutnya berupa diskusi terkait permasalahan terjadi di lingkungan BHP. Peserta rapat antara lain menyampaikan persoalan

  1. Standard Operasional Procedure Satpam
  2. Operasioal Ambulan
  3. Pemasangan Pipa Gas
  4. Data Wisma
  5. PPSU
  6. CCTV di tingkat RT
  7. Manajemen Masjid Baiturrahman
  8. Pembuangan sampah di samping Gedung SD
  9. Pembangunan embung (waduk)
  10. Persiapan menghadapi cuaca ekstrim

Nuansa musyawarah sangat terasa di Republik BHP.  Ujungnya tentu mufakat setelah saling memberi masukan.  Solusi tentu ada yang bisa langsung di eksekusi  namun terkait Embung, PPSU, Satpam dan Pipa Gas harus berkoordinasi dengan pihak lain.

Alhamdulillah Musrenbang RW 06 berjalan lancar, menghasilkan produk kinerja kedepan yang terukur.  Tindak lanjut dilaksanakan bersama sesuai kapasitas  peserta rapat.  Ketua RW dan Pejabat LKMD kompak bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga. Pukul 21.45 Pak Adit menutup Musrenbang disertai ucapan terma kasih atas partisipasi Kelurahan Dukuh dan kontribusi peserta rapat

Selaku peserta rapat awak terkesan dengan sikap Pak Adit.  Pengamatan begini.  Sesuai dengan niat menjadi Ketua,  Pak RW siap melayani warga (setelah sebelumnya dilayani sebagai Direktur Umum Jasa marga). Benar adanya sikap melayani tersebut dirasakan warga.

Contoh factual, ketika peserta memasuki ruang rapat Pak Adityawarman menyambut dengan senyum ramah, Menghampiri,  menyapa warga sembari menyerahkan nasi kotak.  Demikian pula pada saat rapat , tidak terlihat bekas Boss.  Beliau sangat demokratis,  lebih banyak mendengar curhat warga dan kemudian memusyawarahkan permasalahan untuk memperoleh  kesepakatan bersama.

RW 06 ibarat Republik Kecil.  IAda pemimpin, ada warga dan kepentingan bersama. Semua persoalan di selesaikan berdasarkan Pancasila dan UUD 45  serta peraturan tata terbit lingkungan. Ini dia Republik BHP.

Alhamdulillah,  semoga Republik BHP semakin asri, aman, nyaman dan rukun antar sesama warga menuju kesejahteraan bersama.

  • Salam Literasi
  • BHP, 11 Januari 2022
  • YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar