oleh

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Launching Perpustakaan Berbasis Digital

  • Anak sunat gelar kenduri
  • Maulid  keliling  bacaan murotal
  • Memang hebat Institusi Polri
  • STIK Launching Perpustakaan Digital

Sebagai Purnawirawan Polri saya bangga menyaksikan Peresmian Layanan Perpustakaan Berbasis Digital milik Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri.  Rasa bangga  berlebur rasa haru melihat perkembangan Institusi Polri selangkah lebih maju melalui penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Literasi adalah pilihan utama dalam rangka mewujudkan  SDM Unggul dalam sosialisasi dan implementasi Gerakan Nasional Gemar Membaca. Ditengah kesibukan tugas sebagai Aparat Penegak Hukum, Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, kesempatan membaca dan menulis kini telah ter fasilitasi.

Melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat akan semakin dirasakan bermakna karena kita yakin setiap Anggota Polri Cerdas.  Asset kecerdasan sudah dilaksanakan pada saat proses rekruitmen. Hanya warga terpilih memiliki attitude terbaik diterima di Institusi Polri seiring dengan Transparansi dan Akuntabilitas Proses Penerimaan Anggota Polri.

Proses pendidikan dasar, pendidikan lanjutan dan kursus kursus terus berkelanjutan agar kemampuan profesional Anggota semakin meningkat.  Beban tugas ber strata tantangan mampu mereka laksanakan dengan bekal pendidikan tersebut.  Kini dengan diresmikan Perpustakaan STIK berbasis Digital maka proses belajar dan mengajar lebih mampu ter akses disetiap lini bidang penugasan Anggota Polri.

Bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Nasional Gemar Membaca melalui webinar dengan tema “Penguatan Budaya Literasi Melalui Inovasi Layanan Perpustakaan Berbasis Digital untuk Mewujudkan SDM Unggul”.

Saya dan 5000 peserta  beruntung mendapat kesempatan mengikuti  Mengikuti Webinar Penguatan Budaya Literasi Melalui Inovasi Layanan Perpustakaan Berbasis Digital Untuk Mewujudkan SDM Unggul.  Memperoleh wawasan terkait perkembangan Literasi Dunia.

 

Bertindak sebagai Keynote Speaker  Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. Kepala Perpustakaan Nasional RI. Narasumber  Irjen. Pol. Drs. Yazid Fanani, M.Si.  Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).  Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M.Sc., Ph.D.  Guru Besar STIK/Komisioner Ombudsman. Moderator   Dr. Vita Mayastinasari, S.E., M.Si. Dosen STIK.

Webinar diselenggrakan Kamis, 4 Februari 2021  Pukul 09.00-12.00 WIB. di Gedung PTIK,   Diihadiri secara fisik dalam jumlah terbatas dalam upaya mematuhi Protokol Kesehatan pandemi Covid 19.   Sementara berdasarkan laporan ketua Panitia Kombes Pol Anwar, SIK, M.Si lebih dari 5.000 peserta virtual dari serluruh kawasan nusantara.

Link s.id/webinar-pusnasstik,  terbuka untuk umum dengan kuota 10.000 peserta dan tersedia e-sertifikat bagi peserta. Dapat menyaksikan acara ini melalui tayangan live di kanal YouTube Perpustakaan Nasional RI.

 

 

  • Kalau pergi wisata ke Blitar
  • Belikan saudara batik tulis
  • Anggota Polri semakin Pintar
  • Gemar membaca rajin menulis

Kerjasama STIK dan Perpusnas menunjukkan keseriusan Pemerintah mengedepankan Budaya Literasi mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanah Pembukaan UUD 45 alinea ke – 4.   Polri kini telah memiliki Perpustakaan Berbasis digital.  Anggota Polri diseluruh pelosok kapan saja bisa meng akes informasi terkait kebutuhan bidang tugas.

Kelebihan Perpustakaan Berbasis Digital seperti diungkapkan Ketua  STIK Irjen. Pol. Drs. Yazid Fanani, M.Si.   antara lain apabila tadinya 1 buku harus bergiliran meminjam/membaca maka kini kendala itu tidak ada lagi. Fisik kampus STIK boleh berada di Jakarta tetapi nilai kebermanfaatan Perpustakaan Berbasis Digital bisa diakses Anggota Polri  dari Polsek sampai Mabes Polri.

Drs. Muhammad Syarif Bando, MM Kepala Perpustakaan Nasional   menambahkan kelebihan Perpustakaan Berbasis Digital dari sisi tempat, kini warga tidaak harus datang ke Perpustakaan. Cukup klik aplikasi Ipusnas maka dunia dalam genggaman anda selama ada sinyal dan enerji listrik tentunya

Selaku Purnawirawan  Polri saat ini fokus bergerak bersama jurnalis meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia. Para penulis berhimpun di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) menerbitkan buku ber ISBN Tanpa Biaya.  110 Judul Buku telah di terbitkan dalam kurun waktu 5 bulan.

Perputakaan STIK menjadi salah satu pilihan mengakses informasi dan referensi. InshaAllah kami simpan koleksi buku YPTD di Perpustkaan STIK. Mari kita saling menguatklan Gerakan Nasional Gemar membaca. Kiranya berkenan singgah  website YPTD terbitkanbukugratis.id. Terima kasih

 

 

Selamat dan Sukses STIK , semoga keberadaan Perpustakaan Berbasis Digital memberikan dampak positif terhadap kegemaran seluruh Anggota Polri khususnya Mahasiswa STIK membaca dan menulis. Bangga dan sekali lagi terharu Polri mengedepankan Science dan Attitude serta Skill  sebagai bagian tak terpisahkan dalam berpikir dan bertindak.

  • Kombes Pol (P) H. Thamrin Dahlan, M.Si
  • thamrindahlan@gmail.com
  • WA 08159932527
  • website : terbitkanbukagratis.id

Salam Literasi.

BHP, 050221

YPTD

  • #PerpustakaanNasional
  • #GerakanNasionalGemarMembaca
  • #stikptik

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed