oleh

Beti Si(l)uman

-Fiksiana, Humaniora, YPTD-Telah Dibaca : 94 Orang

Siluman itu jahat, nakal, genit, ghaib dan menakutkan manusia terutama golongan rakyat.  Siluman bisa berwujud manusia kasat mata,  jin atawa iblis yang dapat  dirasakan keberadaannya tetapi tak bisa dilihat.  Dari kamus bahasa Indonesia Online Siluman di defenisikan :

si.lu.man [n] makhluk halus yg sering menampakkan diri sbg manusia atau binatang; (2) ki a tersembunyi tidak kelihatan: pasukan –; biaya — , biaya yg sulit dipertanggungjawabkan (spt uang suap dsb).

Jadi Siluman dapat diartikan sebagai kata benda yaitu makhluk halus dan juga diartikan sebagai pasukan siluman, biaya siluman. Semua orang tahu siapa itu pasukan siluman dan lebih mafhum lagi kalau ditanya tentang biaya siluman.

Ketika huruf ” L ” hilang dari kata siluman, maka serta merta dia menjadi siuman. Mari kita lihat defenisinya :

si.u.man [n] sadar (dr pingsan, lupa, melamun, termenung, dsb); ingat kembali (tt orang mabuk, orang gila, dsb): ia telah — dr pingsannya; rupanya ia belum juga — bahwa ia dipermainkan temannya itu; ia sudah — , tiada gila lagi.

Harapan dan doa rakyat kecil agar semua siluman, apakah dia itu pejabat, penguasa, penguasa atau siapa saja yang merasa menjadi siluman bisa sadarkan diri atau menjadi siuman.   Mereka sadarkan diri atau di paksa sadarkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, menuju jalan yang lurus dan benar.

Dengan demikian kita berharap Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) ini bisa terlepas dari musibah bencana alam, bencana kemanusiaan seperti yang terjadi di tahun tahun sebelumnya. Rakyat sudah lelah, cape menyaksikan para siluman beredar di birokrasi, benar benar lelah dan menderita.

Tentu sebaliknya kita tidak berharap di tahun 2021, orang orang yang saat ini masih siuman menjelma menjadi siluman.  Orang orang yang nantinya promosi mendapat peluang jabatan baru di tahun ini menjadi penguasa, birokrat, eksekutif, legislatif, yudikatif, PNS dlsb agar tetap siuman dalam arti mampu menjalankan amanah semata mata untuk kepentingan khalayak.  Karena tuan tuan, Siluman sudah terlalu banyak dinegri ini, jangan ditambah lagi.

Beda Tipis Siluman dan Siuman. Hanya huruf L

  • Salam Literasi
  • BHP, 7 April 2021
  • YPTD

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed