oleh

Bisa Cetak Buku Mandiri

Bisa Cetak Buku Mandiri

Assalamualaikum sobat penulis YPTD nan Elok Hati.

Ini dia dialog awak dengan Sahabat guru Pak Ahsanuddin bada’ Subuh 4 Mei 2021 atawa 22 Ramadan 1442 Hijriah.

Pak Ahsanuddin Alhamdulillah telah menerbitkan 2 judul buku di YPTD. Buku pertama gratis buku ke 2 berbayar seiring perubahan regulasi.

Memasuki regulasi tahap ke 3 berupa perubahan Bayar Seikhlasnya maka timbul peryanyaan terkait proses pencetakan buku.

Sejak awal pada kebijakan pertama YPTD telah menawarkan kepada penulis memilih alternatif mencetak buku mandiri.  Melalui soffcopy naskah buku penulis bisa mencetak buku sesuai keinginan dikota terdekat sehingga menghilangkan ongkos kirim.

Ketika itu  YPTD sebagai Penerbit menyerahkan 2 buku secara fisik berbentuk kitab ke Perpustakaan Nasional yang merupakan  kewajiban  sesuai Undang Undang Literasi.

Alhamdulillah 150 judul buku telah diserahkan ke Perpusnas dengan segala resiko pembiayaan cetak buku yang cukup besar.

Seiring berjalannya waktu Perpusnas menawarkan alternatif berupa penyerahan / penyimpanan buku berupa format pdf (e – book).

Alternatif e book menjadi kebijakan YPTD guna menekan biaya cetak setiap judul buku. Oleh karena itu sejak buku urutan  ke 150 YPTD hanya mencetak 2 exp. 1 untuk penulis dan 1 untuk dokumen YPTD.

(Sebelumnya YPTD mencetak 5 exp buku dimana 2 exp diserahkan ke Perpusnas).

Nah menjawab pertanyaan Pak Ahsanuddin

“Pak Haji, seandainya bukunya tidak dicetak hanya minta bentuk e -book saja untuk ongkos seikhlas berdasarkan apa?”

Maka jawabannya hanya satu Seikhlasnya

Menurut hemat awak seikhlasnya tidak ada batasan dinilai dari jumlah materi / uang. Setiap orang berbeda sesuai dengan kemampuan dan kerelaan memberikan sumbangsih dengan harapan  ada nilai tambah pada dirinya berupa kepuasan bathin.

Point yang ingin disampaikan disini adalah penegasan bahwa YPTD tetap komitment membantu teman teman menerbitkan buku ber ISBN.

Sesuai dengan niat awal Keluarga Besar Petokayo Mewakafkan segala daya kemampuan guna ikut meningkatkan kualitas dan kuantitas Literssi Indonesia.

Ini pekerjaan sosial kemaslahatan kemanusiaan nir laba  (non profit) sehingga pelayanan kepada stakeholders di lakukan Seikhlas ikhlasnya

Silahkan teman teman setelah memperoleh Barcode ISBN dan Kata Penganar Penerbit YPTD menentukan sendiri pilihan apakah akan mencetak buku secara mandiri atau di serahkan ke YPTD.

Minimal 2 exp  setiap judul buku tetap dicetak YPTD untuk dokumentasi serta untuk membantu penulis yang benar benar perlu disubsidi.

InshaAllah keberkahan Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah menghampiri kita semua ketika ikhlas berbagi kebaikan dan selalu menerapkan kebajikan sepanjang hidup dan kehidupan.   Semoga Redha Allah SWT menyertai seluruh Penggiat Literasi yang tergabung di Yayasan Pusakan Thamrin Dahlan.  Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

  • Waalaikumussalam
  • Salam Literasi
  • BHP 4 Mei 202
  • YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed