Silaturahim Keluarga Besar Petokayo

 

Manfaat Silaturrahim

Silaturahim ke Kediaman Oncu di Bintaro dan Uda Ujang Syahrial Ibrahim di Taman Kedawung Ciputat.  Kunjungan kekerabat Petokayo juga dalam rangka Halal Bi Halal hari Raya Idhul Fitri 1443 Hijriah

Bersama Istri Enida Busri, Kemenakanda Suzy Erdwan, Kemenakanda Marlisa dan Kemekanda Darussalam kami laksanakan Ahad 29 Mei 2022. Salam dari Keluarga Oncu dan Keluarga Uda Ujang untuk seluruh anak saudaro Keluarga Besar Petokayo.

Selain bertatap muka dengan Oncu dan Uda Ujang disampaikan pula undangan Silaturahim Keluarga Petokayo.  Rencana silaturahim itu InshaAllah dilaksanakan 4 September 2022 di Taman Cimanggu Bogor.Acara bertepatan dengan 3 tahun wafatnya Almarhum Bundo Kanduang Hj. Husna Darwis binti H. Dahlan Affan.

InshaAllah sesuai kesepakatan  ditetapkan pada Halal Bihalal Petokayo 22 Mei 2022 di Kediaman Hj Faria pertemuan akan dilaksanakan 3 x dalam setahun. Tujuan untuk saling mengeratkan anak keturunan Petokayo dari generasi ke generasi sesuai silslah keluarga. Silsilah keluarga yang disusun Uda Ujang Syahrial akan di digitalkan oleh anak kemenakanda  H. Ijal Sofyan.

Bersama ini disampaikan Manfaat Silaturrahim nan dipetik dari salah satu Whatsapp Group sebagai berikut

Alquran telah mengenalkan istilah “silaturrahim”. Demikian juga dalam hadits yang memberikan tanda betapa pentingnya silaturahim.

Tersurat dalam al-Quran surah an-Nisaa’ pada ayat pertama  disebutkan kata ‘arham’. Kata itu ditujukan kepada segenap manusia agar bertaqwa kepada Allah. “Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Arham merupakan kata jamak dari rahim. Kata dasarnya adalah rohima-yarhamu-rohiman, yang berarti ‘kasih sayang’, ‘lembut hati’, atau ‘karunia.’ Di dalamnya mengandung arti ‘maaf’ serta ‘penuh kasih sayang’ yang merupakan salah satu sifat Allah.

Kebiasaan yang dilakukan oleh kita  silaturahim  berkaiatan dengan tiga macam ibadah: puasa Ramadhan, shalat Id, dan zakat fitrah. Hal tersebut dihubungan dengan saling memaafkan secepatnya diantara kita bila ada kesalahan satu sama lain, pun juga kaitan dengan kasih sayang.

 

Silaturrahim juga memberikan peluang untuk membukakan pintu rezeki dalam banyak hal, misalnya kita punya keinginan tentang sesuatu, lakukanlah  siaturrahim agar terbuka pintu rezeki yang kita harapkan dalam arti usaha keras sebaga ikhtiar berbasis hubungan kemanusiaan. Semua ini diharapkan dapat memberi kesadaran yang lebih intens dalam hidup kerohanian kita.

Sebagaimana sabda Rosululloh SAW. Dalam Shohih al-Bukhori:5527 berbunyi:

 

عَنْ أَنَس بْنُ مَالِكٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

 

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ.

 

Dari Anas ibn Malik: Bahwa Rasulullah saw bersabda:

Barang siapa yang ingin dilapangkan (pintu) rizki untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturrahim.

Terdapat pesan yang dapat kita ambil:

Keutamaan penyambung tali silaturrahim, dilapangkan pintu rizkinya dan dipanjangkan umurnya.

Terdapat beberapa penafsiran mengenai makna dipanjangkan umurnya. Ada pendapat yang mengatakan bahwa orang yang menyambung tali silaturahim akan diberi lebih banyak kesempatan untuk beramal baik dengan diberkahi waktunya, sehingga dalam waktu yang singkat ia telah menabung lebih banyak pahala untuk akhirat.

Pendapat lain mengatakan bahwa panjang umur disini berarti orang-orang yang setelahnya akan beramal atas nama dirinya – seperti bersedekah – sehingga meskipun ia telah meninggal, namun pahalanya tetap mengalir. Wallohu a’lam.

Salam silaturahmi buat sahabat semua dimanapun berada

Jangan lupa untuk selalu bahagi

  • Salam Literasi
  • BHP. 300522
  • YPTD

Tinggalkan Balasan

1 komentar