Laporan Keuangan YPTD Wujud Transparansi dan Akuntabel Pelayanan Publik

Bersama ini kepada seluruh stake holders disampaikan Laporan Transaksi Keuangan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD). Laporan untuk pertama kali Bulan Mei 2021 dari Bank Rakyat Indonesia Nomor Rekening : 093201040485532 An. Bendahara Enida Busri.

Laporan Keuangan YPTD merupakan wujud Transparansi dan Akuntabel Pelayanan Publik. Perubahan manajemen pelayanan YPTD dari menerbitkan buku ber ISBN tenpa biaya ke bayar seikhlasnya harus diikuti pula dengan pertanggungjawaban keuangan Pengelola YPTD.

Pertanggung jawawaban itu wajib dilakukan bersebab adanya transaksi keuangan.  Transaksi baik berupa uang masuk maupun uang keluar.  Rincian uang yang diterima Bendahara lebih kepada sumbangan se ikhlasnya para penulis.

Seangkan biaya yang dkeluarkan berbentuk pembayaran ongkos cetak buku ke Buring Digital Print sesuai dengan judul buku.  Selain itu Bendahara mengeluarkan pula dana untuk pembiayaan ongkos kirim buku ke alamat penulis.

Pengeluaran lainnya yang nantinya rutin yaitu pembayaran langganan Zoom sebesar Rp. 300.000,- per bulan. Demikian pula jasa untuk Mas Fahrizal staf percetakan yang melayani pencetakan buku terbitan YPTD sebesar Rp. 200.000,-

Transparansi dan akuntabilitas memiliki keterkaitan satu sama lain. Transparansi menunjuk pada kebebasan memperoleh informasi. Akuntabilitas menyangkut pertanggungjawaban kepada publik atas setiap aktivitas yang dilakukan.

Bentuk laporan untuk sementara berupa print out dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbentuk Rekening Koran YPTD. Sesuai pula saran dari beberapa rekan penulis makna se ikhlasnya tak elok pula mencantumkan nama penyumbang.

Hal ini berkaitan dengan jumlah dana yang disumbangkan seikhlasnya ke YPTD sangat beragam.  Artinya besar kecil sumbangan dana tersebut tidak menjadi masalah.  Kerahasiaan itu hanya ada di penyumbang dan bendahara YPTD.

Transaksi selama Bulan Mei 2021

Saldo awal                      :  Rp.      312.706. 20

Dana Masuk / Kredit   :  Rp.   4.725.124

Dana Keluar / Debet    : Rp.   4.522.400

Saldo                                  Rp.      515, 580,20

Alhamdulillah saldo yang tercatat di rekening Bendahara YPTD pada 31 Mei 2021 sebesar Rp. 515, 580,20

Membangun kepercayaan (trust) publik harus di mulai dengan kejujuran.  Kepercayaan di dunia nyata justru dilengkapi dengan keterbukaan dan tanggung jawab (Transoaransi & Akuntabel).

Misi YPTD menerbitkan buku ber ISBN bayar seikhlasnya diharapkan terjadi subsidi silang.  Hal ini bisa terwujud  bersebab nilai nominal sumbangan itu pada dasarnya tak terhingga ( un limited).

Demikian Laporan Keuangan Mei 2021.  Semoga pertanggung jawaban ini menjadi wujud dari transparansi dan akuntabel YPTD sebagai organisasi pelayanan publik non profit

  • Salam Literasi
  • BHP, 2 Juni 2021
  • YPTD

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar