oleh

Proses Serah Simpan Buku Terbitan YPTD ke Perpusnas

-BUKU, Literasi, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 256 Orang

Terlampir Surat Perpusnas sebagai  Bukti Penerimaan Koleksi Serah Simpan

Alhamdulillah Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) telah menyerahkan 18 judul buku ( masing masing 2 exp) ke Bagian Serah Simpan / Deposite Perpustakaan Nasional.

Bersama Penulis YPTD Selasa 31 Mei 2022 : Bang Ajinatha, Bang Syaiful Harahap, Syed Taufik Uieks, Mbak Muthiah, Non Sukma Gultom, Ibu Wahyuning dan Mbak Daeng.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin  YPTD dalam rangka memenuhi kewajiban Penerbit menyimpan buku  ber ISBN di Perpusnas.

Gedung Perpustakaan Nasional terletak di Jalan Salemba Raya No 28 Jakarta Pusat merupakan Rumah Besar Buku Indonesia.  Disinilah disimpan seluruh karya anak bangsa dalam bentuk buku cetak dan buku digital  ber ISBN.

Ibu Tatat Kurniati menerima delegasi Penulis YPTD ditengah kesibukan memberi arahan kepada staf bagian serah simpan ./ deposite. Terlihat  begitu banyak tumpukan buku di ruang kerja lantai 7 Gedung E.

Menurut Bu Tatat buku buku  itu baru saja diterima setelah ada warning dari Perpusnas agar para Penerbit menyerahkan 2 exp buku per judul yang telah menerima barcode ISBN.   Bisa jadi para penerbit yang lalai kuatir permohonan mereka untuk mendapatkan ISBN untuk sementara di black list.

 

Selanjutnya kami berkunjung ke Gedung A lantai 2 untuk berdiskusi tentang ISBN. Ibu Ratna dengan ramah menjelaskan latar belakang kenapa Perpusnas melakukan pengetatan dalam mengeluarkan ISBN. Ternyata ada data yang jomplang antara ISBN yang dikeluarkan dengan kewajiban beberapa Penerbit dalam menyerahkan buku ke Perpusnas.

Diskusi dengan para penulis tentang persyaratan apa saja sehingga sebuah judul buku bisa mendapatkan barcode ISBN.  Pak Irham menegaskan justru maksud dan tujuan regulasi ISBN diarahkan agar setiap buku yang memperleh ISBN memiliki nilai mantaaf dengan indikator buku banyak terjual dan sekaligus dibaca masyarakat.

Penerbit YPTD akan melengkapi websuite terbitkanbukugratid.id dengan tambahan portal galery.  Galeri berfungsi sebagai penyimpan data koleksi buku buku yang akan dan sudah diterbitkan.  Dengan demikian pihak international atau siapa saja bisa memantau buku buku apa saja yang sudah diterbitkan.  Langkah berikutnya Galeri website YPTD akan di koneksikan dengan market place.

Sampai Mei 2022 YPTD telah menerbitkan 340 judul buku ber ISBN. Manajemen YPTD menyampaikan penghargaan dan terima kasih banyak atas peran serta dan kerjasama Perpusnas,  IKAPI dan sahabat pegiat literasi

 

Santap siang setelah kunjungan ke YPTD ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, 31 Mei 2022 (Foto: Dok/Istimewa)

Penerbit YPTD akan melengkapi websuite terbitkanbukugratis.id dengan tambahan portal galery.  Haleri ini berfungsi untuk sebagai koleksi buku buku yang akan dan sudah diterbitkan.  Dengan demikian pihak internastional atau siapa saja bisa memantau buku buku apa saja yang sudah diterbitkan.  Langkah berikutnya Galeri website YPTD akan di koneksikan dengan market place.

Sejak didirikan 19 Agustus 2020 sampai Mei 2022 YPTD telah menerbitkan 340 judul buku ber ISBN. Manajemen YPTD menyampaikan penghargaan dan terima kasih banyak atas peran serta dan kerjasama Perpusnas,  IKAPI dan sahabat pegiat literasi

Berkah kerjasama tersebut kita mampu  bersama saling menguatkan dan berkontribusi dalam  meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indhonesia

  • Salam Literasi
  • BHP, 1 Juni 2022
  • YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan