oleh

Hadiah Jerih Payah

-KMAB, YPTD-Telah Dibaca : 263 Orang

Jangan Lupa Memberi Hadiah Untuk Diri Sendiri

Bicara tentang semangat tentu bukan soal berolahraga saja apalagi ketika bertanding.  Semangat wajib tertanam dalam diri  pada pekerjaan seharian.

Semangat tidak pula harus berkeringat namun lebih jauh dari itu tekad diri menyelesaikan satu pekerjaan sampai tuntas.
Kata para pakar motivasi semangat bisa ditimbulkan dan ditumbuhkan dari diri pribadi ketika ada hadiah yang akan dinikmati.

Nah bagaimana menciptakan hadiah kalau pekerjaan itu adalah tugas rutin dalam kapasitas sebagai seorang kantoran.
Inilah masalah sebenarnya bagaimana memotivasi diri sejak awal bahwa mengerjakan sesuatu dengan tuntas dalam artian memberikan yang terbaik sesungguhnya adalah hadiah paling  berharga bagi diri sendiri.

Jadikanlah sikap ini sebagai  mind set sehingga anda akan merasakan penghargaan dalam pandangan orang lain.
Mengapa perlu ada hadiah. Hadiah itu berbanding lurus dengan semangat.  Lihat saja seorang pelatih ikan paus selalu ada hadiah ketika sang ikan berhasil memperagakan satu ketrampilan yang membuat penonton bertepuk tangan.

Ikan semangat dan tambah semangat menunjukkan kebolehannya bersebab dia percaya akan mendapat hadiah.

Rentak tarian dendang melayu

Gadis pingitan tersenyum malu

Sampai sekarang sejak dahulu

Kulihat Tuan tak pernah lesu

Lawan dari semangat itu adalah lesu.  Lesu tidak sendirian dia punya sahabat karib bernama letih, lelah, lunglai dan lemah serta letoy.  Tidak ada semangat sedikitpun dalam diri bersebab tidak termotivasi akan mendapatkan hadiah.

Artinya pekerjaan yang dipercayakan pada dirinya tidak dikondisikan mendapat hadiah.  Itulah sebabnya sekali lagi mind set seorang profesional harus melekat pada dalam diri seseorang sehingga apapunbpekerjaan yang dipercayakan bisa diselesaikan sesuai harapan.

Memotivasi diri sendiri memang bukan pekerjaan gampang.  Namun akan menjadi lebih mudah ketika kita meletakan ikhlas disana.  Ikhlas mudah dikatakan namun sulit di dawamkan.  Perlu pemahaman Iman yang kuat bahwa segala sesuatu yang menghampiri anda apapan  bentuknya adalah satu berkah.  Bukan suatu masalah atau beban.

Itulah sebabnya orang yang sudah mencapai tingkat ke Imanan tertinggi menyadari bahwa pekerjaan itu adalah amanah.

Dari Pekanbaru singgah ke Rengat

Orang melayu rukun selalu

Tampilan Tuan selalu semangat

Apa gerangan rahasia bisa begitu

 

Jadi apa rahasia tersembunyi untuk menimbulkan semangat. Seperti dijelaskan sebelumnya semangat itu perlu ditanamkan pada diri melalui satu latihan.
Latihan terus menerus sehingga akhirnya menjadi kebiasaan dan kebiasaan itu akan melekat dimanapun anda berada.

Agak sulit memang, tetapi banyak orang yang berhasil dalam dirinya dengan cara tidak memikirkan apa yang dia dapat dari pekerjaan tetapi lebih kepada tekad bagaimana menyelesaikan satu perkerjaan tuntas dan tepat waktu.

Oleh karena lanndasan iman khususnya melihat pekerjaan sebagai satu amanah di barengi ikhlas mengerjakan maka anda sudah berada di phase awal kesuksesan.
Sesungguhnya ikhlas mengubah beban menjadi tantangan.  Sekali lagi anggap saja apa apa yang menghampiri anda adalah hadiah.

Jangan sia siakan hadiah itu bersebab hadiah itu akan berubah menjadi berkah dalam kehidupan anda. Perlu pula diyakini  bahwa Tuhan Yang Maha Esa telah menetapkan pekerjaan kepada seorang manusia disesuaikan dengan kemampuan.

Inilah yang perlu diingat ingat bahwa ketika ada pekerjaan atau  apalah namanya menghampiri anda dapat dipastikan pekerjaan itu mampu anda selesaikan.
Tidak boleh pula menolak atau malas mengerjakan.  Langsung saja sambut dengan keikhlasan pekerjaan itu dan anda menjadi sosok yang disayangi Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Makan siang di restoran sederhana

Selepas Jum’at makanlah kita

Rahasia tersembunyi hidup bermakna

Dawamkan berbagi ikhlas semata

 

Terakhir apakah sang penulis artikel ini bisa atau sudah bersikap seperti itu.  Tentu saja ketika berbicara tentang motivasi sebaiknya seseorang telah mengerjakan apa yang dia katakan.
Saya berusaha memasang ilmu ikhlas pada setiap pekerjaan yang menghampiri.

Tidak pernah memikirkan hasil bersebab hasil itu adalah domain Tuhan Yang Maha Kuasa.
Saya tidak lupa memberi hadiah kepada diri sendiri setelah menuntaskan satu pekerjaan.

Kata emak saya, sayangi jiwa ragamu. Beri kenikmatan pada Pancaindra dengan sempurna. Makan enak, mendengarkan suara merdu, menyaksikan tontonan berkualitas, harum haruman  dan kesenangan kenyamanan.

Sejatinya Hadiah dari Allah SWT Tuhan yang Maha Pemberi patut disyukuri ketika seluruh hadiah dinikmati bersama keluarga, kerabat dan saudara dhuafa.

Ketika menerima  hadiah dari sejawat,  ungkapan terima kasih karena sesungguhnya Allah SWT yang menggerakkan hati. Saya percaya perihal ini.
Point yang ingin disampaikan disini apakah ikhlas itu semata mengharap redha Allah, jawaban tegas ya.

Apakah ada kelelahan pada diri anda, jawaban tegas ya tetapi rasa puas dan lega bisa menghilangkan lelah ketika pekerjaan itu bukan dianggap sebagai  beban.

 

Sekali lagi ubah mind set pekerjaan adalah hadiah bukan beban dan anda menjelma menjadi orang paling berbahagia di muka bumi ini.
Jangan lupa memberi hadiah untuk diri sendiri.

Salam Literasi
BHP, 6 Agustus 2022
YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar