oleh

Penerbit YPTD Resmi Menjadi Anggota IKAPI

PENERBIT YPTD Resmi Menjadi Anggota IKAPI

Alhamdulillah,

Berkat doa teman teman Pengarang YPTD dan dukungan Sahabat Peduli Literasi : Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) telah di terima menjadi Anggota Ikatan Penerbit Idonesia (IKAPI).

Pemberitahuan kabar gembira tersebut disampaikan oleh Bapak Awi Staf Sekretariat IKAP DKI Jakarta pada tanggal 24 September 2021.

 

Banyak keuntungan YPTD bergabung dengan IKAPI, antara lain pengakuan resmi dari Assosiasi Organisasi Penerbit Nasional.

Selain itu Buku ber Logo Anggota IKAPI dan tercantum Barcode ISBN diterima oleh semua pihak baik dari Pemerintahan, Toko Buku dan Organisasi Profesi maupun pihak swasta untuk kepentingan Literasi Indonesia.

Apa manfaat menjadi anggota IKAPI?

Tantangan Ikapi untuk memenuhi kebutuhan anggotanya dari masa ke masa terus meningkat. Kini banyak penerbit yang berdiri, tetapi tidak sedikit pula yang tidak berminat menggabungkan dirinya kepada Ikapi. Tentu hal ini tidak dapat dilarang, apalagi sejak era reformasi yang menjadikan semua orang berhak berpendapat dan berhak pula ikut atau tidak dalam suatu institusi/organisasi.

Namun, jelas Ikapi memiliki sejarah profesionalitas pengalaman sebagai penerbit, bukan sekadar sebagai penjual buku. Ikapi mencanangkan diri sebagai organisasi profesi penerbit sehingga usaha-usaha meningkatkan profesionalitas telah dirintis sejak awal, termasuk mengikuti perkembangan tren perbukuan internasional dan teknologi perbukuan sendiri.

Jika ada yang bertanya, untuk apa sebuah penerbit menjadi anggota Ikapi, dapatlah diuraikan poin-poin seperti berikut ini.

  1. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam Ikapi akan mendapatkan pengembangan profesionalitas perbukuan lewat berbagai eventyang diadakan Ikapi, seperti seminar, lokakarya, dan pelatihan.
  2. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam Ikapi akan mendapatkan perlindungan kode etik bisnis penerbitan buku serta bantuan hukum (advokasi) terhadap masalah-masalah terkait perbukuan.
  3. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam Ikapi akan mendapatkan informasi tentang berbagai kebijakan pemerintah menyangkut perbukuan, proyek-proyek pengadaan buku pemerintah, maupun kegiatan-kegiatan nasional atau internasional di bidang perbukuan.
  4. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam Ikapi akan memperoleh benefit dari silaturahim atau hubungan antarpenerbit sehingga dapat membina kerja sama dalam bentuk penerbitan bersama (co-publishing) atau kerja sama lainnya yang saling menguntungkan.
  5. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam Ikapi mendapatkan eksistensi sebagai anggota organisasi profesi untuk berhubungan dengan organisasi profesi atau organisasi bisnis lainnya, baik dalam bidang perbukuan maupun bidang di luar perbukuan.
  6. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam Ikapi mendapatkan prioritas keikutsertaan dalam berbagai eventpameran buku, baik yang diadakan di Indonesia maupun di luar negeri dengan biaya yang lebih efisien.

Demikian beberapa poin benefit menjadi anggota Ikapi. Tentu ada poin yang sangat penting lagi terkait dengan era komunitas saat ini bagaimana para penerbit anggota Ikapi dapat berkumpul dalam suatu organisasi dengan kepentingan yang sama yaitu mengusahakan kemajuan industri perbukuan nasional. Karena itu, isu-isu terkait penerbitan buku di Indonesia ataupun dunia dapat dengan cepat diserap antar-anggota Ikapi. 

Lansung saja YPTD melakukan transfer dana Rp. 2.600.000  ke Rekening Bank IPAI Jakarta sebagai kelengkapan persyaratan menjadi anggota berupa uang Iuaran bulanan serta peroses pendaftaran.

Selamat untuk kebersamaan kita semua.

Salam Literasi

BHP, 28 September 2021

YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed