oleh

Moto IGI : Sharing and Growing Together

-Literasi, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 146 Orang

 

IGI : Sharing & Growing Together

Merupakan suatu kehormatan ketika diberi kesempatan menyampaikan materi Literasi di hadapan sahabat Organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI).   Inilah peristiwa ke – 2 berkomunikasi dengan IGI setelah sebelumnya didapuk memberikan materi Rahasia Membuat Pantun dalam rangka menyambut Bulan bahasa..

Kamis 25 November 2021 merupakan Hari Guru Nasional (HGN) awak bergegas ke Kampus Akademi Perawat Polri Kramatjati.  Pasalnya wifi di rumah sedang dalam perawatan server penyedia jasa internet first media.  Tekad the show must go on walaupun  tubuh lansia ini harus beranjak ke luar rumah guna melaksanakan  silaturahmi dunia maya via zoom meeting dengan sahabat guru hebat,

Peristiwa bersejarah ini merupakan tindak lanjut kerjasama IGI dengan YPTD (Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan) dalam bidang Literasi.   Semangat  Pengurus PP IGI boleh dikatakan luar biasa.  Program Kerja 2021 – 2022 padat sekali terutama di bidang Literasi  seperti yang di sampaikan Ibu Wulan Widaningsih Kabid Literasi PP IGI.

Panitia pelaksana webinar sore di tengarai hujan lebat : Host Dwi Erni Triyanti (Duta Literasi Bengkulu), Moderator Chrisma Juita Nainggolan (Duta Literasi Sumut),  Madame Heddy (Duta Blog Literasi) dari kediaman masing masing bersemangat mewarnai keceriaan webinar antar guru.  Selain itu hadir dan memberi sambutan dari Perwakilan Guru Ahli dan Pengurus Pusat IGI

Awak sangat terkesan motto IGi : Sharing and Growing Together yang di nyanyikan penuh semangat dalam Mars IGI. Berbagi dan Tumbuh Bersama, suatu tekad mulia para guru untuk meningkatkan kualitas proses mengajar dan belajar guna kemajuan bersama.

Tema IGI selaras dengan Visi Misi YPTD dalam ruang lingkup pendidikan  khusus Literasi. Literasi didefenisikan sederhana : membaca, menulis dan menerbitkan buku.  Persoalan utama adalah menulis bersebab kegiatan membaca sudah melekat pada setiap guru.

YTPD memberikan motivasi kepada sahabat guru  IGI agar menulis dan kemudian menerbitkan buku.  Kiat sederhana menulis ialah memulai dan kerjakan sampai tuntas 1 artikel. Pada dasarnya ketika seorang bisa berbicara  maka otomatis dia bisa menulis. Pekerjaan menulis itu adalah proses sederhana memindahkan apa apa yang dituturkan ke media elektronik.

Webinar dikuti 80 peserta dan juga bisa disaksikan via youtube.com pada Channel YPTD.  Mas Nuryadi super admin YPTD memyampaikan mekanisme  membuat akun di website terbitkanbukugratis.id . Ya menulislah kemudian share ke khalayak melalui media sosial sehingga karya Bapak Ibu Guru memiliki ROH.

Agenda IGI dan YPTD di bidang Literasi akan terus berlanjut.  Komitment YPTD siap me fasilitasi baik dari Nara Sumber maupun kesediaan zoom meeting sampai nanti menerbitkan buku ber ISBN.  Satu lagi yang menarik perhatian ialah kosa kata IGI “ Bergerak dan Menggerakkan “  Guru memulai dari diri sendiri kemudian mengajak anak didik bergerak dalam bidang keilmuan, ketrampilan serta menularkan keteladanan kehidupan berlandaskan moralitas.

Terus terang YPTD menerima anugrah  ketika ditakdirkan  berkolaborasi dengan IGI. Sedemikian semangatnya Bapak Ibu Guru ingin posting di website YPTD sehingga Mas Nuryadi menyediakan waktu khusus untuk membantu registrasi /  akun para guru.

Inilah sumbangsih kita berupa kegiatan aktif produktif untuk NKRI melalui Pendidikan Literasi dengan harapan dengan semakin banyaknya sumber daya manusia berkualitas maka semakin sejahtera kehidupan Rakyat Indonesia.

  • Salam Literasi
  • BHP, 26 November 2021
  • YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed