oleh

44 Judul Buku

-BUKU, Literasi, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 134 Orang

40 Judul Buku

Catatan Thamrin Dahlan

Sesuai Undang Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Melaksanakan Kewajiban. Rabu 15 Desember 2021. Bersama 10 Penulis YPTD melaksanakan kewajiban tersebut.

Berkunjung ke Gedung Perpustakaan Nasional Jalan Salemba Raya 28 A Jakarta Pusat. Inilah Wisata Literasi ke Rumah Besar Buku Nasional. Tempat berhimpun buku buku karya penulis se nusantara. Selaiknya seorang Penulis ada baiknya memiliki pengalaman berkunjung ke rumah besar ini.

Amanat UU No 13/2018 menasbihkan tanggung jawab penerbit menyerahkan 2 exp untuk setiap judul buku. Buku yang telah memiliki Barcode ISBN diserah simpakan kan ke Bagian Deposite Perpustakaan Nasional. Petugas bagian Deposite Staf Bu Tatat Kurniasih sangat cekatan. Hanya perlu waktu 15 menit proses serah simpan selesai. YPTD menerima Surat Resmi sebagai tanda bukti setor untuk 44 Judul Buku

Untuk kali ini 44 Judul buku diserah simpan ke Bagian Deposite. Buku yang diterbitkan periode tahun ke – 2 YPTD bulan September – Desember 2021. Alhamdulillah sejak berdiri 19 Agustus 2020 YPTD telah menerbitkann 304 Judul Buku. Buku buku tersebut sebagian besar telah berhimpun di Rumah Besar baik berupa karya cetak maupun karya rekam (Digital)

Penerbit YPTD boleh dikatakan unik, Seperti diutarakan oleh Ibu Tatat Koordinator Serah Simpan bahwa biasanya Penerbit mengantar buku hanya melalui jasa kurir. Namun Penerbit YPTD menjadikan prossi serah simpan buku sebagai satu kegiatan istimewa. ZArtinya YPTD bukan sekedar menerbitkan buku, disini berhimpun ratusan penulis yang juga merupakan komunitas pegiat literasi.

Lihat saja Bang Syaiful W Harahap Penulis Senior betapa terharunya beliau ketika menyaksikan secara langsung Buku Karya Beliau sedang diproses masuk rumah besar Buku. Peristiwa seperti ini menjadikan kita semua yakin bahwa buku be ISBN akan dirawat secara profesional oleh Perpusnas sehingga memiliki nilai manfaat bagi perkembangan literasi Indonesia.

Penulis YPTD Wisata Literasi ke Perpusnas

  1. Thamrin Dahlan
  2. Ajinatha
  3. Syaifil W Harahap
  4. Mayor TNI AL Nani Kusmiyati
  5. Nuryadi
  6. Muthiah Alhasani
  7. Fredy Suni
  8. Sukma Gultom
  9. Galaxi
  10. Meli Afrida

Tanda Terima Buku

Kunjungan dilanjutkan ke Bagian ISBN. Bu Ratna beserta staf Mbak Keke menjelaskan kepada Penulis YPTD terkait proses pemberian ISBN Beliau menyatakan jumlah permohonan ISBN justru semakin meningkat di era Pandemi Covid 19. Bersyukur Pelayanan Publik ISBN telah mendapatkan pengakuan sertifikat ISO. Hal ini membuktikan bahwa pelayanan publik secara on ine sangat lancar. Maksimal 3 hari pengajuan ISBN sudah mendapat persetujuan.

Tak lupa YPTD menyerahkan buah tangan berupa Kalender 2022 kepada Ibu Tatat Kurniasih dan Bu Ratna. Kalender 2022 memuat dokumentasi foto kegiatan dan cover buku desain Bang Ajinatha. Inilah salah satu bentuk tanda terima kasih YPTD kepada Perpusnas. Paling tidak Kalender berfungsi sebagai penanda waktu yang terus berjalan. Semangat Literasi tak akan pernah padam.

Terima kasih Bapak Drs, Muhammad Syarif Bando, MM Kepala Perpusnas dan Seluruh Pustakawan. Pelayanan Publik yang kami rasakan sangat profesional disamping bimbingan teknis serta informasi literasi untuk penulis melalui zoom meeting. Membaca, menulis dan menerbitkan buku merupakan 3 serangkai Literasi nan tidak bisa dipisahkan.

Kopi darat Penulis YPTD dilanjutkan dengan santap makan siang di Restoran Padang Sederhana. Resto yang terletak di seberang Toko Buku Gramedia Matraman merupakan tempat kami saling melepas rindu dunia maya menjadi dunia nyata.

Yes kopdar tetap menjaga Protokol Kesehatan dengan harapan agar covid segera berlalu. InshaAllah di Ulang Tahun YPTD ke 2 pada tanggal 19 Agustus 2022 kita bisa berkummpul di Gedung Perpustakaan Nasional nan megah itu di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. Aamiin.

  • Salam Literasi
  • BHP. 15 Desember 2021
  • YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar

News Feed