oleh

Buku Ke 356, 357 dan 358 Penerbit YPTD

-BUKU, Literasi, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 116 Orang

Perubahan adalah suatu keniscayaan.  Berprasangka baik menghadapi setiap perubahan adalah sikap bijak.  Mau  tidak mau perubahan itu wajib ditaati dalam bentuk mematuhi peraturan sesuai regulasi pemerintah.

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menerbitkan keputusan baru terkait Bercode International Standard Book Number (ISBN).  Keputusan dikeluarkan Agustus 2022 dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan publik terutama dalam men – seleksi permohonan ISBN dari Penerbit Buku.

Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) telah menerbitkan 335 Judul Buku pada ulang tahun ke 2 komitment mematuhi regulasi baru tersebut. Memang ada bberapa perubahan persyaratan kelengkapan administrasi dalam pengajuan ISBN.

Kelengkapan antara lain ada Surat Pernyataan Keaslian Naskah ber meterai ditanda tangani Penulis.  Selain itu ada persyaratan Link Buku ke website Penerbit  yang akan diterbitkan  (terbitkanbukugratis.id) sebagai bentuk kepastian bahwa buku akan di publkasi.

Tentu saja dalam mengantisipasi regulasi,  YPTD langsung ner koordinasi  ke Staf ISBN guna mendapat informasi bentuk format  administrasi persyaratan  diperlukan.  Setelah itu Penerbit melakukan sosialisasi kepada Pengarang YPTD agar melengkapi pengajuan Permohonan ISBN.

Pada awalnya memang ada kendala dalam pengajuan ISBN.  Namun akhirnya berkat bantuan teknis Perpusnas dan kegigihan Pengarang YPTD buku Bang Ajinatha menperoleh Validasi ISBN pada system regulasi baru.

Selanjutnya proses pengajuan ISBN menjadi lebih lancar sehingga diperoleh Barcode ISBN YPTD 33 Judul Buku sampai akhir Desember 2022.

Buku ke 356, 357 dan 358 Penerbit YPTD setelah melalui Proess permohonan ISBN sampai Buku naik cetak. Selamat kepada 3 Pengarang YPTD. 3 Judul Buku siap dikirim by Tiki 28 Des 2022. Karya Ibu Noorlanyati, Pak Suharto dan Mbak Nani Kusmiyati.

Pak Harto, Mbak Nani dan Ibu Noorlayanti merupakan Pengarang YPTD gigih dan konsisten. Melalui kegigihan itu mampu mengatasi tantangan literasi dalam bentuk ketelitian untuk memenuhi persyaratan pengajuan ISBN sesuai regulasi baru Perpusnas.

Terimakasih Perpusnas atas kerjasama dan kepercayaan ke Penerbit YPTD.

  • Semangat Literasi.
  • BHP, 27 Desember 2022
  • YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar