oleh

Bisa Baca Mudah Menulis (BBMM)

-Edukasi, Literasi, Pendidikan, Terbaru-Telah Dibaca : 24 Orang

Bisa Baca Mudah Menulis (BBMM)-Toad

Sumber gambar: crop foto dan kreasi Toad Isbani
Rabu, 12 Januari  2022 | oleh: Toad Isbani         

Membaca dan menulis merupakan dua kata yang saling berkaitan dan merupakan rangkaian suatu keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh semua generasi manusia. Membaca dapat diartikan sebagai suatu pemahaman dalam menterjemahkan suatu maksud tertentu pada sesuatu. Membaca suatu tulisan, bentuk gambar, dan obyek-obyek lain yang dapat diartikan dan diterjemahkan sesuai dengan tingkat pemahaman seseorang. Bahkan kondisi alam sekeliling juga dapat dibaca. Keadaan ataupun peristiwa juga dapat dibaca. Maksud dari membaca adalah untuk dapat mengetahui suatu hal yang dibaca tersebut, memaknainya atau menterjemahkan sesuatu yang menyebabkan suatu hal tertentu.

 

Beberapa manfaat dari membaca adalah:

  1. Dengan membaca dapat mengetahui suatu informasi

Membaca dapat mengetahui tentang informasi, apa yang dibaca tersebut memang dibuat oleh yang bersangkutan dengan maksud untuk memberikan informasi. Meskipun informasi tidak mutlak diperoleh dari membaca, karena informasi dapat juga diperoleh dengan melihat, mendengar dan juga merasakan.

  1. Dengan membaca dapat meningkatkan wawasan keilmuan

Pastilah ilmu akan kita dapat dengan membaca, mempelajari dan kemudian menelaahnya. Ilmu yang bersifat pengetahuan dapat diperoleh dengan cara membaca. Membaca buku pelajaran tentunya akan dapat mengerti isi yang terkandung dalam buku tersebut.

  1. Dengan membaca akan memudahkan dalam menulis

Banyak membaca akan menambah kosa kata yang kita miliki. Membaca menambah wawasan dan tentunya ada ide-ide yang muncul dari membaca tersebut. Ketika membaca pasti ada kecenderungan untuk memperhatikan apa yang kita baca kemudian akan mempermuda kita dalam melakukan aktivitas menulis. Dengan membaca memperlancar aktivitas menulis, karena membaca menambah pengetahuan yang menunjang dalam kegiatan tulis menulis.

  1. Membaca dapat meningkatkan kecerdasan

Pastilah otak dan pikiran kita selalu dilatih untuk memahami apa yang kita lihat. Dengan selalu membaca pasti akan meningkatkan kecerdasan, karena otak dan pikiran selalu mendapatkan nutrisi. Berbeda dengan orang yang cenderung banyak tidur, yang mengakibatkan otak pikiran seperti tidak bekerja semestinya. Dengan membaca, secara tidak langsung akan membimbing dengan berbagai hal-hal terbaru dan mungkin tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

 

Kegiatan membaca pasti akan beriring dan sejalan dengan menulis. Aktivitas menulis pasti ketika sudah selesai akan kita baca. Sebelum bisa menulis kita akan dilatih dan belajar untuk membaca. Kemudian mencoba untuk mencontoh apa yang kita tuliskan. Setelah kita tulis pasti juga dibaca lagi untuk mengetahui tingkat kesalahan dan tentunya merevisi agar menjadi benar. Banyak ajakan dan juga latihan untuk selalu menulis, karena dengan menulis membuat kita hidup, dengan menulis menjadikan kita terkenal. Dengan menulis juga mampu melindungi serta memberikan rasa aman.

 

Menulis pada dasarnya menyampaikan ide gagasan yang kita miliki kepada orang lain untuk masa sekarang maupun masa berikutnya. Menulis juga mengungkapkan sesuatu yang ada dalam hati dan perasaan karena tidak dapat dibaca. Dengan menulis akan menutup kelupaan/kealfaan. Marilah perbanyak membaca dan kemudian membuat tulisan yang menjadikan kita dikenal dan dikenang sepanjang masa.

 

Sekian dulu tulisan saya untuk hari ini, semoga ada manfaat untuk para pembaca semua. Tetap harus belajar dan semangat dalam berkembang. Membiasakan setidaknya minimal 300 kata dalam sehari untuk menulis dan diposting ke BLOG. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Salam SEDULUR.

https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/2021/01/sedulur-menjadi-strategi-guru-dalam.html

Silahkah diuprek  Blog Toad Isbani di URL : https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed