Rabu, 24 Februari 2021 | oleh: Toad Isbani, S.Kom
Penceramah dapat diartikan sebagai pembicara. Seorang guru pastilah pandai dalam berbicara, karena dalam pembelajaran biasanya komunikasi lesan maupun verbal. Ketika guru berbicara berarti sudah berceramah. Penceramah adalah orang yang sedang bercermah. Ceramah juga identik dengan dakwah. Ceramah dapat diartikan juga berbicara.
Ceramah dapat diartikan menyampaikan informasi, memberikan pencerahan maupun pembelajaran. Ceramah juga dapat diartikan suatu arahan dan ajakan untuk mempengaruhi orang lain. Penceramah juga diartikah pembicara atau pendakwah adalah seseorang yang menyampaikan pesan (informasi) sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
Guru memang terbiasa dengan berbicara dihadapan peserta didiknya. Guru sering menggunakan metode ceramah juga dalam proses pembelajarannya. Guru yang berceramah adalah guru yang menyampaikan pesan atau informasi. Guru berceramah juga dapat dikatakan guru pidato dalam menyampaikan pembelajarannya. Sudah menjadi aktivitasnya bahwa guru setiap hari melakukan ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran yang disampaikan.
Guru penceramah terbaik karena setiap hari selalu ada ceramah terlebih dahulu untuk mengawali pembelajarannya. Dalam ceramah guru pastilah ada media yang digunakan. Ceramah dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan sebagai metode dalam penyampaian materi pelajarannya. Adapun metode untuk ceramah di antaranya: 1) metode ceramah secara langsung tanpa persiapan. Metode ini biasa digunakan oleh guru untuk mengawali pembelajarannya. 2) metode ceramah dengan menghafal, ini perlu ada persiapan kemudian menghafalnya. 3) metode ceramah dengan membaca naskah. 4) metode ceramah dengan hanya menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai pengingat saja.
Sudah tidak diragukan lagi kalau guru itu pasti mahir dalam bicara dan berceramah. Walaupun memang tidak sedikit juga seorang guru yang pintar ceramah dihadapan peserta didik saja, dan ketika bicara atau menjadi penceramah dihadapan yang usianya sebaya atau di atasnya menjadi grogi dan dapat kehilangan bahan. Guru yang pintar dan mahir menjadi penceramah karena memang potensi yang dimilikinya dari dirinya sendiri dalam arti bakat.
Ada beberapa kiat agar guru benar-benar menjadi penceramah terbaik adalah: 1) belajar atau berlatih dari semua orang, atau dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada kalayak yang sedang kita ceramahi. 2) belajar untuk mendengarkan aspirasi peserta, sehingga bahan akan didapatkan dengan mudah. 3) menyiapkan bahan dengan sebaiknya serta membuat pokok-pokok penting yang akan disampaikan dalam ceramah. 4) perlu tambahan dan selingan humor untuk mengatasi kejenuhan yang mendengarkan ceramah. 5) mengajak pendengar terlibat dalam materi yang disampaikan.
Penulis : Toad Isbani, S.Kom
Pekerjaan : Guru MTsN Surakarta 1
NPA PGRI : 12060900018
No.KOGTIK: 2018-01-0000512
Email : toadisbani@gmail.com