oleh

Pendidik adalah Aktor Perubahan yang Rapi dan Berdedikasi

-Edukasi, Pendidikan, Terbaru-Telah Dibaca : 422 Orang

Logo dan Guru Aktor

 

Sabtu, 27 Februari 2021 | oleh: Toad Isbani, S.Kom

 

Aktor merupakan pelaku atau pemeran dalam suatu aktivitas. Guru atau pendidik diyakini masyarakat sebagai pemeran atau pelaku yang mempunyai tugas dan tanggungjawab mendidik, mengajar, mentransfer ilmu kepada peserta didiknya.

 

Perubahan merupakan hal berkembang. Perubahan yang penulis maksud adalah perubahan kualitas peserta didik menjadi unggul dan mandiri. Mengubah dan membentuk perilaku dan keperibadian yang berkarakter. Menjadikan generasi bangsa yang berakhlak mulia.

 

Rapi dan Berdedikasi merupakan dua kata yang mempunyai makna beda dan saling mempengaruhi. Rapi mempunyai makna bersih, baik dan teratur. Berdedikasi adalah wujud tanggungjawab. Berdedikasi berarti berkorban segalanya baik tenaga, pikiran, waktu, jiwa dan raga demi pekerjaan atau profesinya.

 

Seorang pendidik yang memiliki sikap dedikasi yang tinggi pastilah akan berkorban dalam mendidik, membina dan mengajar peserta didiknya. Guru akan berkorban waktu hanya untuk mendidik, mendampingi dan membantu peserta didiknya untuk meraih keberhasilan belajar. Seorang guru bahkan rela mengorbankan waktu bersama keluarganya demi untuk profesinya.

Guru yang berdedikasi pastilah mempunyai semangat tinggi dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Berdedikasi yang tinggi dari seorang guru tentunya mau menghargai hasil pekerjaan atau tugas dari peserta didiknya dalam bentuk apapun, juga dalam meng-evaluasi pembelajaran yang dilakukannya.

 

Pendidik yang berdedikasi tentu mempunyai sikap melayani, memiliki jiwa yang menyenangkan juga. Bahwa dedikasi bukan hanya tanggungjawab untuk dirinya sendiri akan tetapi juga untuk menumbuhkan jiwa melayani terhadap peserta didiknya dalam kaitan pembelajaran juga kepada masyarakat. Berdedikasi merupakan wujud rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap profesi yang disandangnya. Beban berat apapun yang disandang dari seorang yang memiliki sikap dedikasi pastilah tetap bersikap menyenangkan dengan harapan menciptakan suasan yang nyaman tanpa memperhatikan gaji ataupun upah yang diterimanya.

 

Kepribadian dari seorang pendidik yang berdedikasi adalah memiliki komitmen yang tinggi pula dalam pekerjaannya. Orang yang berdedikasi adalah orang yang mencintai pekerjaannya. Demikian pula bagi guru yang berdedikasi tinggi tentu merupakan guru yang mencintai profesinya sebagai pendidik. Guru yang berdedikasi juga akan rapi dalam penampilan, pandai mengatur waktu dan juga teratur. Penampilan rapi, seragam, berdasi bahkan menggunakan pakaian kebesaran seorang guru, yakni baju PSH, berjas dan berdasi ataupun baju safari.

 

Pendidik juga merupakan aktor, pemeran ataupun pelaku perubahan, yakni mengubah dan meningkatkan kompetensi peserta didik menjadi lebih unggul dan berkualitas. Dari sang Gurulah lahir orang-orang hebat. Fungsi dan tugas guru yang mendidik dan mengajar menjadikan seorang guru adalah pelaku perubahan, dari tidak bisa menjadi mahir, membentuk perilaku dan kepribadian peserta didik yang baik, merubah generasi yang biasa saja menjadi generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia.

 

Guru akan merubah dan membentuk peserta didik yang mengerti dan memahami akan norma-norma dalam berkehidupan. Untuk dapat menjadi aktor ataupun pelaku perubahan, guru harus selalu belajar agar kompetensinya meningkat. Dengan belajar tentu guru juga akan dapat menggunakan pendekatan, metode, strategi dan teknik yang dapat menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan peserta didik.

 

Perubahan yang dilakukan oleh seorang aktor (pendidik) tentunya perubahan dalam berbagai aspek, baik aspek pengetahuan atau kognitif, aspek sikap atau afektif dan aspek keterampilan atau psikomotor.

 

Guru mempunyai kewajiban membantu peserta didik yang sedang berkembang, dalam membentuk kompetensi dan memahami standar yang dipelajari. Menjadikan peserta didik yang terampil, berkarakter dan berakhlak mulia.

 

Penulis     : Toad Isbani, S.Kom

Pekerjaan : Guru MTsN Surakarta 1

NPA PGRI  : 12060900018

No.KOGTIK: 2018-01-0000512

Email        : toadisbani@gmail.com

Blog          : https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed