oleh

Memunculkan Ide Dalam Menulis

-Fiksiana, Karir, Novel-Telah Dibaca : 218 Orang

Ketika kita berbicara mengenai ide dalam menulis, maka ingatlah air yang mengalir. Ide diibaratkan seperti air yang mengalir, ia tidak akan pernah habis dan kering selama sumbernya masih tetap mengeluarkan air. Ide kreatif akan terus mengalir bagi seorang penulis selagi sumber utamanya masih ada, yaitu kehidupan.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memunculkan ide dalam menulis, yaitu:

  1. Pengalaman Hidup. Setiap kita pasti memiliki pengalaman. Baik itu pengalaman manis maupun pengalaman pahit. Setiap pengalaman yang kita alami sebenarnya bisa menjadi sebuah tulisan jika kita mampu mengemasnya dengan bahasa yang baik. Karena dengan dikemas menggunakan bahasa yang baik, orang akan merasa tertarik untuk mengenal anda lebih jauh melalui pengalaman yang anda tuliskan.
  2. Hal-hal yang Anda Sukai atau Hobi. Hal ini justru lebih mudah dalam memunculkan ide. Hal yang kita sukai maupun hobi, tentu sangatlah dekat dengan kehidupan kita. Sehingga secara detail kita tentu sangat menguasai semuanya. Menuliskan hal yang kita sukai merupakan ide yang menarik, terutama bagi orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan kita.
  3. Menonton atau Membaca Buku. Kita tahu bahwa saat ini sangat mudah sekali bagi kita untuk menonton sesuatu yang kita inginkan. Apalagi didukung dengan kecanggihan alat telekomunikasi saat ini. Dengan menonton, maka secara tidak langsung akan memunculkan ide untuk menulis dari apa yang kita tonton. Selain menonton, membaca buku juga sangatlah baik dalam menentukan ide. Semakin banyak buku yang kita baca, dan tentunya berkaitan dengan tema yang akan kita tulis, maka akan menambah daftar pustaka dalam benak kita. Tinggal bagaimana kita mengemas ke dalam bentuk tulisan yang indah.
  4. Refresing. Refres berarti memperbarui. Memperbarui semua pikiran kita yang selama ini buntu dalam menentukan ide. Dengan cara jalan-jalan, bertamasya, kemping, atau lain sebagainya, tentu akan memunculkan ide baru dalam menulis. Bahkan dengan refresing, hal-hal baru akan banyak kita temui. Dan itu bisa menjadi sumber ide bagi kita dalam menulis.
  5. Melakukan Diskusi. Diskusi dirasa sangat perlu bagi penulis. Dengan berdiskusi, maka kita akan menemukan kekurangan dari tulisan kita. Bahkan hal baru yang dihasilkan dari diskusi biasanya akan memunculkan banyak ide dari beberapa pemikiran teman-teman diskusi.

Demikian ide dalam memulai menulis yang biasa saya lakukan. Namun sebenarnya tidak hanya terbatas itu saja, akan tetapi banyak cara setiap penulis dalam memunculkan idenya. Setiap penulis memiliki cara tersendiri untuk merangsang ide dalam benaknya.

 

Tanjung Bungsu, 04 Februari 2021

Nama           : Tri Sutrisno, S.Pd

NPA              : 31050500265

 

Tentang Penulis: trisutrisno

Seorang tenaga pendidik di SD Negeri 012 Lingga Utara Kec. Lingga Utara Kab. Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Mengajar sejak tahun 2007 hingga sekarang. Mencoba melatih menulis dengan mengikuti beberapa kegiatan pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh PGRI di bawah bimbingan Om Jay.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed