oleh

Para Pejuang KSN

-Terbaru-Telah Dibaca : 130 Orang

Para Pejuang KSN

Senin tanggal 15 Februari 2021 hari yang mendebarkan bagi saya dan tiga orang siswa saya, Fathan, Jane dan Diken. Tadi pagi mereka mengikuti babak semifinal kompetisi tingkat nasional yaitu “Geosphere Competition XII”. Geosphere Competition XII adalah event kompetisi rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Bali yang dilaksanakan secara online dan ditujukan kepada para pelajar SMA/MA/SMK sederajat diseluruh Indonesia.

Sesuai dengan susunan acara yang kami dapatkan dari panitia penyelengara babak semifinal dimulai jam 08.00 WITA dan untuk wilayah lain menyesuaikan saja. Jadi kami disekolah sudah mulai jam 07.00 WIB dengan terlebih dahulu mengambil absen di link presensi dan pertemuan virtual melalui link google meet. Yang namanya kegiatan online kadang ada saja kendala, sempat tadi pagi mengalami masalah dengan jaringan sehingga siswa saya agak terlambat absen, tapi untunglah pas mulai pengerjaan soal sudah bisa dikerjakan dengan lancar.

Oh ya sedikit cerita sebelum mengikuti babak semifinal tadi, beberapa hari sebelumnya tanggal 9 februari 2021 siswa saya telah melewati babak penyisihan dan alhamdulillah diantara peserta yang ikut dari wilayah Indonesia bagian barat kami lolos menuju semifinal. Sekitar pertengahan bulan Januari mendapatkan informasi di grup telegram bahwasanya ada kegiatan kompetisi di bidang geografi dan kebumian yang diadakan oleh UNDIKSHA Bali. Lalu saya menawarkan kepada siswa binaan saya untuk ikutan lomba ini. Awalnya mereka ragu dan tidak percaya diri untuk ikut. “Kalo kita tidak lolos gimana bu?? Kata mereka, yaah gak papa yang penting kita sudah mencoba dan berusaha, kalah menang itu jangan dipikirkan dulu, yang paling utama kalian mendapatkan pengalaman yang berharga dan anggap saja sebagai latihan untuk menghadapi KSN Kabupaten di bulan maret nanti “ jawab saya.

Kompetesi Sains Nasional (KSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP dan SMA diseluruh Indonesia. Sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN). KSN merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dibawah Kemdikbud. KSN yang diselenggarakan Puspresnas ini memiliki tingkat prestisius dikalangan siswa. Mekanisme KSN dilaksanakan melalui seleksi berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.

Setiap tahun disekolah saya diawal semester rutin mengadakan pembinaan untuk para siswa peserta KSN, KSN Tingkat kabupaten biasa jadwalnya diadakan sekitar bulan Maret atau April. Tahun ini saya kembali ditunjuk untuk menjadi pembina siswa peserta KSN dibidang Geografi dan Kebumian. Pembinaan saya lakukan sekitar 2x seminggu diluar jam PBM. Selain memberikan pembekalan materi dan latihan soal soal KSN, salah satu ikhtiar saya adalah mengikutkan para siswa dalam lomba olimpiade geografi yang diadakan oleh Universitas atau Perguruan Tinggi. Seperti kompetisi yang sedang kami ikuti sekarang, dengan harapan supaya bisa mengasah kemampuan mereka .

Babak semifinal telah berakhir siang tadi, sekarang kami sedang penuh harapan menunggu pengumuman hasil . Semoga hasilnya sesuai yang diharapkan….

 

Muaro Sijunjung. 15 Februari 2021

Weni Elisa, S.Pd

NPA : 03100400461

Guru SMA Negeri 2 Sijunjung – Sumatera Barat

 

Hari ke 15 “Menulis di Blog jadi Buku “ Tantangan 28 hari “ Semangat Menulis”

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar

News Feed