oleh

Harga Kamboja Menggiurkan

Harga Kamboja Menggiurkan

Tung Widut

Harga bunga kamboja sangat menggiurkan bahkan harga bunga kamboja yang dikeringkan bisa mencapai 120 kg kilo masyarakat Bali pernah beramai-ramai menanam bunga kamboja bunga kamboja yang laku di pasaran dengan jenis Kamboja Cendana bunga kamboja ini sebagai dasar untuk membuat parfum dan dupa harga terendah dari bunga kamboja ini adalah Rp5.000. Cek harga terakhir yang bisa dilihat per kilo Rp45.000 di Lazada pada bulan Oktober 2021(https://www.priceza.co.id/s/harga/bunga-kamboja-kering).

            Pohon bunga kamboja termasuk batang yang keras. Memiliki cabang yang banyak. Pada setiap bekas  daun terlihat jelas. Cukup muda dalam menanamkan. Dengan memotong bagian batang kemudian ditancapkan di tanah yang setengah basah sudah bisa tumbuh dengan subur. Tinggi pohon ini bisa mencapai 15 meter tergantung jenis tanah dan jenis tanaman Kamboja.

            Tanaman ini bisa mencapai sangat tinggi. Maka akar tanaman membutuhkan tempat yang cukup lebar. Tergantung dari besar  tanaman. Jarak akar bisa mencapai 3 sampai 5 m. Apabilapohonya sudah besar, sehingga tanaman Kamboja jenis tertentu  perlu ditanam di halaman yang cukup luas. Selaindi halaman beberapa ada yang  ditanam di pinggir jalan.  Tanaman ini mempunyai kekuatan gaib,  di pulau jawa kebanyakan ditanam di tanah pekuburan.

            Ternyata ada beberapa jenis bunga kamboja yang ditanam di dalam rumah. Ada plumeria Alba, plumeria obtuse,  plumeria pudica, plumeria rubra, Adenium obesum, Adenium multi Rubra,  adenium swazicum. Menurut  Shafira Chairunnisa https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-bunga-kamboja-tercantik/)

            Setelah membaca beberapa jenis Kamboja Kamboja yang berada di halaman saya, termasuk jenis plumeria rubra. Mempunyai warna kuning merah dan putih. Sekarang masih berada di polybag dengan tinggi1 m. Mempunyai 1 pohon yang belum bercabang. Sudah memiliki bunga yang lebat. Nati akan ditanam di pinggir jalan sebagai pegunungan agar halaman rumah.

Tentang Penulis: Widut

Belajar dan belajar di usia tak lagi muda. Lahir di Blitar 49 tahun lalu. Pengajar SMKN 2 Tulungagung ini mulai aktif menulis tahun 2017. Pada tahun 2018 finalis inobel dan lolos naskah buku (novel) Kesharlindungdikmen. Buku tunggalnya berjudul REOG KENDANG UNTUK GERESASIKU, PELANGI BERGAMBAR RASA, CIKAR MBAH BAKRI dan SEIKAT BUNGA TAMAN.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed