oleh

KAMBOJA

KAMBOJA

Saat menginjak kaki di Bali, Bisa diamati dalam setiap perjalanan maupun tempat-tempat wisata. Pasti kita akan menemui suasana khas bali. Pohon dengan bunga khas. Pada tari yang sangat terkenal yaitu tari kecak di bagian atas telinga. Semua tarian pasti pasti terselip bunga-bunga it. Bunga itu  adalah bunga kamboja. Bunga yang tidak bisa dilepaskan oleh penduduk Bali. Dianggap mempunyai kekuatan gaib.

            Bicara tentang bunga Kamboja, di halaman rumah terdapat bunga Kamboja. Bukan karena percaya dengan kekuatan gaib yang ada pada bunga kamboja, tapi sebagai koleksi. Mempunyai tampilan yang sangat indah dan sangat terkenal. Bunganya sangat banyak di sepanjang musim.  Sesekali membutuhkan. Saat menari,  untuk hiasan  karnafal dan beberapa kegiatan lain yang memerlukan bunga Kamboja.

            Bunga Kamboja atau nama latinnya plumeria. Berdaun  tebal  tidak begitu lebat. Daun bunga kamboja cukup panjang. Sekitar sejengkal orang dewasa. Berwarna hijau dengan tepi harus. Daun mudah rontok. Setiap hari pasti ada saja yang kering dan rontok. Pada saat tertentu daunnya bisa hanya sedikit saja tapi bunganya yang lebih banyak.

            Bunga mempunyai aroma yang khas dengan mahkota berjumpa lima lembar. Warna yang beraneka macam. Ada putih dengan kuning,  putih merah, merah kekuningan dan sebagainya. Pada bagian kelopak bunga terdapat bulu-bulu yang harus seperti beludru. Dalam satu bunga mempunyai lima helai mahkota. Masyarakat mempunyai anggapan bung aini mempunyai kekuatan gaib.

Tentang Penulis: Widut

Belajar dan belajar di usia tak lagi muda. Lahir di Blitar 49 tahun lalu. Pengajar SMKN 2 Tulungagung ini mulai aktif menulis tahun 2017. Pada tahun 2018 finalis inobel dan lolos naskah buku (novel) Kesharlindungdikmen. Buku tunggalnya berjudul REOG KENDANG UNTUK GERESASIKU, PELANGI BERGAMBAR RASA, CIKAR MBAH BAKRI dan SEIKAT BUNGA TAMAN.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed