oleh

Tapak Dara 3

-Karena Menulis Aku Ada (KMAA), YPTD-Telah Dibaca : 54 Orang

Manfaat bunga Tapak Doro

Bunga Tapak Doro selain indah dipandang, mudah dalam merawatnya, mudah tumbuhnya ternyata juga mempunyai manfaat yang luar biasa.  Dapat mengatasi berbagai penyakit karena tumbuhan ini mengandund zat tertentu.
“…..mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang bersifat antikanker. Senyawa alkaloid inilah yang menghasilkan dua obat yang ampuh menyembuhkan kanker.Dua obat itu adalah vinblastin, obat kanker kelenjar getah bening dan vinkristin, obat kemoterapi. Vincristine bekerja dengan menghentikan perkembangbiakan sel kanker saat sel akan memperbanyak diri dengan membelah diri menjadi dua.” Hidup Sehat
(Mengenal Manfaat Bunga Tapak Dara Sebagai Obat Berbagai Penyakithttps://www.sehatq.com/artikel/bunga-tapak-dara-tanaman-herbal-untuk– macam-macam-penyakit unduh minggu 17-10-2021 ;11:38 Wib).
Jadi menurut kutipan di atas , Tapak Doro mengandung zat yang bersifat antikanker. Senyawa  alkaloid yang dimaksudkan menghasilkan obat yang ampuh untuk menyembuhkan kanker. Sedang vinkristin merupakan obat kelenjar getah bening, obat kemoterapi dengan cara menghentikan perkembangbiakan sel kanker yang berada di dalam tubuh.  Sel akan memperbanyak dengan membelah diri menjadi dua.
Berdasarkan kandungan zat yang berada di dalam bunga ini maka,  Tapak Doro sangat bermanfaat untuk pengobatan. Bunga Tapak Doro yang bisa dijadikan obat adalah bunga dan daunnya. Bunga dapat digunakan sebagai obat oles dengan cara menghaluskan bunganya kemudian oleskan pada kulit. Apabila bunga direbus di manfaatkan untuk meredakan mata bengkak,  menurunkan kadar gula bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes, bengkak karena gigitan serangga, menghentikan pendarahan hingga penghilang kanker. Jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan bunga Tapak Doro.
Untuk mengobati hipertensi.  Tapak Doro mengandung zat reserpin sebagai antihipertensi caranya dengan merebus selama beberapa menit kemudian dikonsumsi setiap hari untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh dan meminimalkan darah tinggi.
Bila ada pendarahan bisa dihentikan dengan bunga Tapak Doro, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka. Bila dibuat ekstrak minyak bisa dioleskan pada hidung dan gusi untuk menghentikan pendarahan.  Obat ini  penting bagi orang yang mengalami pendarahan karena secara alami tumbuhan ini sangat membantu mengatur pendarahan yang berlebihan selama menstruasi dan menopause.
Bunga Tapak Doro bisa menyembuhkan sariawan. Sariawan adalah penyakit luka pada bagian dalam  mulut. Penyakit ini  rasanya sangat tidak enak. Bagi penderita sariawan tidak akan bisa makan karena rasa pedih yang dirasakan.
Menurut keterangan pada Maria Natasha Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari pada https://www.sehatq.com/artikel menyatakan
Di Eropa, para ahli herbal menggunakan tanaman ini untuk mengobati keluarnya cairan yang tidak normal, seperti diare atau gusi berdarah. Para ahli telah menggunakan tapak dara untuk sakit kepala, vertigo, dan ingatan yang buruk sejak abad pertengahan.
Dari Keterangan tersebut menjelaskan tanaman Tapak Doro bisa mengobati keluarnya cairan yang tidak normal misalkan cairan darah dari gusi. Bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala karena vertigo dan juga bisa mengembalikan ingatan yang buruk.
Seberapa aman mengkonsumsi tumbuhan herbal pasti ada efek sampingan. Hati-hati bunga tapak dari inipun mempunyai resiko bila diminum secara sembarangan. Resiko tersebut turunnya tekanan darah secara drastic. Bisa merusak hati dan ginjal. Untuk itu rasakan dengn benar perubahan pada tubuh

Tentang Penulis: Widut

Belajar dan belajar di usia tak lagi muda. Lahir di Blitar 49 tahun lalu. Pengajar SMKN 2 Tulungagung ini mulai aktif menulis tahun 2017. Pada tahun 2018 finalis inobel dan lolos naskah buku (novel) Kesharlindungdikmen. Buku tunggalnya berjudul REOG KENDANG UNTUK GERESASIKU, PELANGI BERGAMBAR RASA, CIKAR MBAH BAKRI dan SEIKAT BUNGA TAMAN.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed