oleh

Dampak Penilaian Bagi Siswa

-Edukasi, Humaniora-Telah Dibaca : 10.937 Orang

Berikut ini sekedar berbagi pengalaman tentang dampak penilaian atau asesmen. Khususnya tentang asesmen sumatif dan formatif. Semoga bermanfaat buat bapak dan ibu guru penggerak Indonesia. Adapun dampak penilaian atau asesmen khususnya sumatif dan formatif proses dari belajar sampai tahap penilaian adalah memperoleh hasil belajar siswa. Hal itulah proses asesmen formatif dan sumatf yang diharapkan.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa dikembangkan oleh kawan-kawan guru penggerak Indonesia.

  • Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa menurut Bapak/Ibu!
  • Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!
  • Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya!

Jawab:

Ada 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa

  1. Guru mengetahui sejauh mana ketercapaian materi
  2. Sebagai dasar untuk  melakukan perbaikan proses pembelajaran
  3. Siswa dapat mengetahui kemampuannya sendiri tentang penguasaan materi

Ada 2 Hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif

  1. Untuk mengetahui kemapuan awal peserta didik sebelum memulai proses pembelajaran
  2. Dapat mengetahui ketercapaian atau penguasaan materi setelah melakukan proses pembelajaran

Tantangan saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif terletak pada karakteristik peserta didik dan tingkat kemampuan kongnifif peserta didik

Ada 4 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa menurut saya:

  •  – pemahaman siswa terhadap pembelajaran meningkat
  •  – anak mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap pembelajaran
  •  – anak diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangan yang telah ditemukan
  •  – rasa nyaman meningkat karena ada yang membantu setiap pembelajaran

Dua hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang saya dapatkan sejauh ini:

– asesmen lebih penting dari pada asesmen sumatif

– asesmen formatif  lebih banyak dilakukan  dibanding asesmen sumatif

Tantangan yang saya hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif adalah harus menggunakan ilmu pengandaian karena saya belum tahu perubahan tujuan pembelajaran dan materinya seperti apa di kurikulum baru ini.

Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa menurut Bapak/Ibu!

  • Mengetahui sejauh mana capaian pembelajaran dapat tercapai.
  • Umpan balik bagi guru dan siswa
  • Guru mampu melihat perubahan dari masing -masing peserta didik

Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!

  • Lebih memahami kondisi peserta didik yang beragam
  • Jenis asesmen dan konsep asesmen formatif dan asesmen sumatif

Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya!

Penyusunan asesmen formatif dan sumatif yang sesuai dengan kemampuan siswa yang berbeda-beda.

  1. Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa menurut Bapak/Ibu!
    – Guru mampu melihat perubahan kemampuan dari masing-masing peserta didik
    – Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
    – Peserta didik dapat menilai kemampuannya sendiri
  2. Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!
    Dapat mengetahui kemampuan awal dan perubahan kemampuan peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran.
  3. Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya!
    Kemampuan Awal Peserta didik yang berbeda-beda jadi sebelum menyusun asesmen, perlu adanya analisis kondisi atau diagnostik non-kognitif kepada siswa agar dapat mengukur pencapaian belajar siswa secara tepat.

1). Dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan assesmen formatif dan sumatif diantaranya;

  1. Membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan
  2. Guru mampu melihat perubahan dari masing -masing peserta didik
  3. Mengetahui perkembangan proses pembelajaran bagi peserta didik

2). Dua hal baru asesmen formatif dan sumatif yang saya dapatkan sejauh ini!

  1. Lebih memahami keadaan peserta didik
  2. Memastikan perkembangan peserta didik

3). Tantangan yang saya hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif .

Kemampuan peserta didik yang saya hadapi sebelumnya berbeda karakter antara yang satu dengan yang lainnya

Ada 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa 

  1. mengetahui sejauh mana capaian pembelajaran dapat tercapai.
  2. pada proses pembelajaran yang dilakukan
  3. umpan balik bagi guru dan siswa

Ada 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang  dapatkan sejauh ini adalah penerapan pembelajaran bermakna dan menyenangkan dan mengetahui posisi awal dan posisi akhir peserta didik.

  1. tantangan yang hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya adalah kemampuan awal siswa berbeda sehingga dalam penyusunan assesmen perlu analisis kondisi siswa secara tepat agar assesmen yang dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar siswa secara maksimal dengan capaian pembelajaran.
  2. Kemampuan peserta didik yang saya hadapi sebelumnya berbeda karakter antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga perlu pengamatan yang cermat dalam instrumen diagnosis nantinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed