Inilah Bocoran Soal Tes Calon Guru Penggerak

Wijaya Kusumah

Inilah Bocoran Soal Tes Calon Guru Penggerak

01. Untuk mewujudkan sekolah ramah anak, seorang guru penggerak menyusun rencana perubahan dengan menerapkan “inkuiri apresiatif” secara menyeluruh sehingga diketahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak tersebut.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah ….

A. Apa yang dipahami oleh komunitas sekolah sebagai sekolah ramah anak?
B. Mengapa sekolah ramah anak perlu diwujudkan?
C. Berapa lama program sekolah ramah anak ini akan dijalankan?
D. Siapa saja yang akan terlibat dalam program sekolah ramah anak ini?
E. Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?

Jawaban : A

02. Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kondisi ini menggambargan adanya motivasi diri Roni yang…

A. ingin mendapatkan pujian dari temannya dan berusaha menjadi anak yang bertanggung jawab
B. ingin mendapatkan penghargaan dari gurunya dan ingin menjadi teladan bagi teman-temannya.
C. ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
D. ingin menghargai dirinya sendiri dan juga ingin dihargai oleh guru maupun teman-temannya
E. tidak ingin mendapatkan teguran dari gurunya dan ingin menjadi anak yang bertanggung jawab.

Jawaban : C

03. Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti dapat dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, seperti permainan cublak-cublak suweng yang  dapat melatih….

A. olah rasa
B. olah raga
C. olah tenaga
D. olah semangat
E. olah pikir

Jawaban : E

04. KHD menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak …

A. menuntun anak untuk menemukan arah dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.
B. memberikan penghargaan dan hukuman kepada anak melalui kegiatan yang dapat menstimulus anak semangat belajar.
C. menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.
D. memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang di telah ditetapkan sebagai capaian kurikulum.
E. melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapaian prestasi anak ketika belajar.

Jawaban : A

05. Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada.Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang …

A. memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.
B. mendorong tindakan dan perubahan nyata.
C. mengarahkan perhatian ke arah yang positif.
D. menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.
E. mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.

Jawaban : E

06. Banyak hal positif yang sudah Anda lakukan dalam mengeksekusi prakarsa perubahan diri menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Langkah apa yang selanjutnya dapat Anda lakukan agar keberhasilan yang dicapai lebih bermanfaat?

A. Membuat karya tulis untuk memenuhi kebutuhan angka kredit.
B. Merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan dan membagikannya pada komunitas praktisi.
C. Menuliskannya dalam bentuk jurnal.
D. Membuat laporan lengkap kepada Kepala Sekolah
E. Mendokumentasikan tiap langkah kegiatan.

Jawaban : A

07. Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?

A. Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.
B. Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.
C. Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.
D. Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).

Jawaban : D

08. Tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain adalah …

A. melakukan evaluasi proses terkait pembelajaran yang dilakukan
B. memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya
C. mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar
D. memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat
E. melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya

Jawaban : E

09. Proses Inkuiri Apresiatif harus dimulai dengan filosofi dan visi yang berpusat pada kepentingan murid. Dari sana kemudian diturunkan menjadi tujuan-tujuan rinci berupa prakarsa perubahan. Rumusan visi yang tepat adalah …

A. menciptakan lulusan bertaraf internasional dengan kualitas diri yang tinggi dalam aspek kepribadian, akademis dan non akademis
B. mencetak murid unggul dalam prestasi, berkarakter, berbudaya, peduli lingkungan, berwawasan global yang dilandasi iman dan takwa.
C. menyediakan suasana positif, aman dan membangkitkan minat murid untuk menjadi pemelajar mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya.
D. mewujudkan generasi yang memiliki karakter, memiliki prestasi, dan menguasai iptek
E. mewujudkan insan Indonesia berbudi pekerti luhur, peduli, berbudaya, berwawasan lingkungan, unggul dalam prestasi, serta kompetitif dalam dunia global.

Jawaban : C

10. Bagian dasar dari segitiga restitusi bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang sukses. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan pada anak:

1) “Bapak/Ibu tidak tertarik mencari siapa yang salah, tapi Bapak/Ibu ingin mencari solusi dari permasalahan ini”.

2) “Kita bisa menyelesaikan ini”.

3) “Kamu pasti punya alasan mengapa melakukan hal itu”

4) “Kamu mau jadi orang yang seperti apa?”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih untuk meyakinkan anak agar ia menjadi reflektif?

A. 2 dan 4
B. 1 dan 2
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4

Jawaban : B

 

Program Guru Penggerak memang digunakan untuk transformasi pendidikan di Indonesia lebih cepat dan lebih baik ke depannya. Beberapa soal ini sebagai latihan untuk bisa memahami dan melaksanakan dengan baik pretes maupun postes.

Perlu adanya upaya pendidikan melalui Program Guru Penggerak dengan terus melakukan pemberdayaan guru untuk terus bergerak dan melaksanakan aktivitas yang berpihak pada murid. Pemberdayaan ini bisa lebih baik dan terus lebih maju ke depannya.