oleh

Jadilah Guru Penggerak Tanpa Proses Seleksi

-Edukasi, Humaniora, Pendidikan, Sosbud-Telah Dibaca : 266 Orang

Malam ini saya dan kawan-kawan guru penggerak Indonesia mengadakan acara Tips dan Trik Menjadi Youtuber Sukses. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 pukul 19.00-21.00 WIB dengan narasumber Bapak Mufid Masruhan. Beliau guru SMK Negeri 7 Semarang dan youtuber milenial yang terkenal dalam dunia pendidikan. Beliau juga salah seorang pelatih ahli pendamping guru penggerak kemdikbud.

Beberapa waktu lalu saya menghubungi beliau untuk menjadi narasumber di APKS PGRI. Ini kali kedua, beliau saya minta menjadi narasumber di Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis, Persatuan Guru Republik Indonesia. Sewaktu pertama kali kami undang, dalam kegiatan public speaking for teacher, pesertanya luar biasa banyak. Kami menyiapkan aplikasi zoom sampai 500 orang.  Ternyata penggemar beliau sangat banyak di dunia maya. Apa yang beliau sampaikan membuat kami sangat terkesan.

Berikut ini publikasi yang dibuat pak Fajar Tri Laksono ke berbagai WA Group yang kami kelola.

💫 WEBINAR APKS PGRI 💫

🎙️ Tips & Trik menjadi Youtuber Sukses 🎙️

📝 Silakan catat tanggalnya:

🗓️ Hari/ Tanggal : Sabtu, 24 Juli 2021

🕗 Pukul 19.00 WIB

🎙️Narasumber:
MUFID MASRUHAN
– Guru SMK Negeri 7 Semarang
– Youtuber Milenial

🏵️ Fasilitas:
Sertifikat nasional APKS PGRI
preview desain sertifikat https://drive.google.com/file/d/1AxHCWkiWTZHviBS02GKNX9Mw3tUotWhV/view?usp=sharing

📝 Registrasi dan Daftar Hadir
https://forms.gle/tLQ5W2isFXbNkP2E9

🖥️ Join Zoom Meeting
https://zoom.us/j/95148153722?pwd=SDQ5TGtObU1vVHQ3NGRtYmVqWSszZz09

Meeting ID: 951 4815 3722
Passcode: PGRI

📡 Live Streaming Youtube
https://youtu.be/O6BIG6RAo_4

Mohon bantuannya untuk membagikan informasi webinar ini kepada ibu dan bapak guru lainnya agar mengalir amal jariyah ilmu sebagai pahala kebaikan bagi kita semua. Demikianlah publikasi yang dikirimkan pak Fajar ke semua wa group.

Ketika Mas Mufid bersedia menjadi narasumber kembali, saya langsung meminta pak Fajar Tri Laksono membuat Flyernya. Juga membuat link zoom dan live youtubenya. Sehingga kawan-kawan guru yang tidak bisa bergabung di zoom, bisa menontonnya di y0utube.com. Belajar di masa pandemi sekarang ini enak sekali. Kita bisa belajar dari rumah tanpa harus keluar rumah. Kita bisa belajar dengan siapa saja, dimana saja , dan kapan saja. Teknologi terbaru memudahkan kita untuk belajar bersama.

Saat membuka kelas bicara atau public speaking for teacher, tidak banyak guru yang terlibat. Saya dan pak Fajar sebagai pemenang Inovasi pembelajaran dari kemdikbud merasa terpanggil untuk membuka kelas ini. Harapannya, semakin banyak guru tercerahkan dan berani tampil dihadapan publik dengan menjadi narasumbernya.

Guru penggerak bukan guru biasa. Mereka mau berkurban jiwa dan raga untuk Indonesia. Awalnya kami keluar dana dari kantong pribadi, karena kami harus sewa zoom dan biaya operasional lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak guru dermawan yang memberikan donasinya. Sehingga kegiatan ini dapat terus berjalan seperti sekarang ini. Kemudian saya ajak guru lainnya untuk menjadi moderator kegiatannya.

Ada ibu Rifatun, ibu Rita, Ibu AAM, ibu Maesaroh, ibu Ditta, ibu Maria, Ibu Kanjeng dan guru lainnya yang sudah siap menjadi relawan guru penggerak Indonesia. Juga ada pak Brian, Pak Bambang, Pak Mazmo, Pakde Susanto, pak Sucipto, dan pak Roma. Mereka banyak membantu saya di kegiatan belajar menulis APKS PGRI. Alhamdulillah sudah sampai gelombang 20. Semua peserta wajib membuat blog untuk memposting tugas resumenya. Lebih bagus lagi bila blognya juga ada videonya.

Menulis di media online yang bernama Blog mungkin dianggap sebagai pekerjaan mengisi waktu luang bagi kebanyakan orang pada awalnya, tetapi kenyataan yang sering terjadi kemudian adalah seorang penulis blog yang aktif memerlukan waktu yang lebih dari sekadar mengisi waktu luang. Walaupun bisa jadi memerlukan waktu dan perhatian khusus, menulis di blog bukanlah pekerjaan yang sia-sia. Bahkan penulis blog yang andal bisa setenar artis terkenal. Mereka menjadi blogger ternama yang diundang sebagai narasumber konten kreator. Jadi tidak kalah keren dengan seorang youtuber.

Blog di internet mudah dibuat oleh seorang pemula tanpa harus tahu bahasa HTML (Hypertext Markup Language). Asalkan memiliki kemampuan mengetik cepat dengan komputer, bisa juga dengan jempol pakai ponsel, dan kemampuan menulis naskah atau tulisan. Kecanggihan teknologi membuat blog semakin mudah. Dalam blog yang sudah dibuat, ada banyak topik bisa dituliskan. Ada banyak peristiwa bisa dicatatkan. Ada banyak polemik yang bisa dipecahkan bersama. Setidaknya banyak hal yang didapat jika tulisan seorang blogger mendapatkan cukup banyak perhatian pembaca. Kombinasi teks, foto, dan video akan membuat blog semakin enak untuk dibaca dan dinikmati hiburannya.

Sebuah blog dapat menimbulkan interaksi dan umpan balik, menghasilkan informasi, pengetahuan, atau hiburan bagi pembaca, maka jangan heran kalau tulisan bagus yang dibuat seorang blogger itu ditunggu-tunggu, dan situs blog yang dibuat mendapatkan tempat kehormatan pada urutan daftar bookmark pengunjung setia seorang blogger. Oleh karena itu, seorang blogger sebaiknya juga menjadi seorang youtuber, agar tulisannya menjadi lebih hidup di mata pembaca setianya.

Hal itulah yang belum banyak diketahui khalayak ramai. Saya menuliskannya untuk anda agak menjadi blogger ternama di Indonesia bahkan dunia. Anda bisa menjadi guru penggerak melalui blog yang anda kelola dengan baik. Anda bisa menceritakan dan menuliskan apa yang sudah anda lakukan di sekolah. Itulah yang kami lakukan dalam berbagi ilmu dan pengalaman di APKS PGRI.

Kami menjadi guru penggerak yang menggerakkan guru lainnya. Kami membangun supertim yang solid. Kami juga telah membuka website baru di https://gurupenggerakindonesia.com. Harapannya, semakin banyak guru yang menulis dan mengirimkan artikelnya. Kang Narno membantu saya untuk mengembangkan website ini menjadi ramai dan seramai blog kompasiana.com.

Kami menjadi guru penggerak tanpa proses seleksi. Bahkan tak perlu pusing menjawab soal essay dan tes bakat skolastik. Tak ada proses wawancara. Kami langsung action dan hanya memberi tak harap kembali. Kami undang narasumber terkenal yang bisa menginspirasi dan mengajak guru untuk menjadi guru penggerak di sekolahnya masing-masing. Guru penggerak akan menggerakkan murid-muridnya untuk mau belajar secara mandiri dan berprestasi. Pak Mufid adalah salah satu contoh guru penggerak itu.

Give to Mufid Masruhan via SociaBuzz Tribe

Jadilah guru penggerak tanpa proses seleksi. Jadilah guru penggerak yang menginspirasi. Wahai kawan-kawan guru, jadilah guru penggerak yang terus bergerak, walaupun tak ikut seleksi guru penggerak kemdikbud. Kita akan diseleksi oleh alam, siapa yang banyak memberi akan banyak menerima. Seperti kisah Bu AAM Nurhasanah yang mendapatkan hadiah dodol dan buku dari kelas belajar menulisnya di PGRI. Sebuah hadiah yang tak ternilai harganya.

Materi presentasi Mas Mufid Masruhan yang menarik dapat anda unduh di bawah ini:

Webinar apks pgri (slideshare.net)

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

 

Mau membuat siswa anda senang? Bukalah Website di bawah ini.

Puzzles World (puzzles-world.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed