oleh

Omjay, Sang Penggerak Guru

-Edukasi, Humaniora, Literasi, Sosbud, Tokoh-Telah Dibaca : 250 Orang

Omjay, Sang Penggerak Guru
Oleh: Deni Darmawan, dkk

Dari fotonya, ia terlihat gagah, walau tak lagi muda. Energinya terpancar, ia adalah sang penggerak, yang mampu menggerakkan guru untuk menulis. Gurunya menyebutnya Omjay, sang blogger Indonesia.

Humble, suka bergaul bahkan membumi menjadi ciri khas. Ia selalu berpijak di bumi, idenya terus berkelana ke langit, tak ayal, banyak buku yang ditorehkan.

Wijayah Kusumah alias Omjay memang menarik, unik dan mampu menggelitik siswa dan guru untuk selalu menulis. Ia mampu membuktikan, bahwa menulis setiap hari akan selalu ada keajaiban.

Ia menjadi inspirator dan motor penggerak bagi guru. Kegesitan jarinya, walau tak segesit gerakan badannya, ia mampu melesat dan mendorong guru untuk menulis di blog. Dari idenya, banyak guru yang mampu menulis buku. Ia memang “gila” dalam menelurkan berbagai ide.

“Kegilaanya” memang patut diacungkan jempol. Ide “gilanya” mampu menerjang batas-batas standar yang dimiliki guru. Selama ia bernafas, jarinya akan terus menari bak penari balet yang terus bergerak menulis dengan ide-ide liarnya.

Guru penggerak itu mampu memotivasi dan memberi semangat kepada rekan sejawat maupun siswa. Ini jelas terpancar dari senyum Omjay yang manis, dan sorot mata yang bersahabat.

Malam ini pada kegiatan belajar menulis, narasumber yaitu bapak Wijaya Kusumah atau lebih dikenal dengan panggilan omJay mengirimkan photo diri yang sedang tersenyum. Dari media sosial, saya mengetahui beliau adalah sosok inspiratif dengan segudang prestasi, beliau merupakan salah seorang guru penggerak. Semoga OmJay selalu sehat di tengah berbagai aktivitasnya.

OmJay adalah seorang laki-laki yang gagah dan relegius, informasi yang saya dapat dari biodata beliau, sudah banyak malang melintang di dunia pendidikan dan benar saja kalau OmJay disebut Guru Penggerak. Karena beliau sudah masuk dalam harapan Guru Penggerak, yaitu: sudah menjadi agen perubahan yang besar untuk Pendidikan Indonesia.

  1. Menjadi penggerak Guru se-Indonesia lewat komunitas belajarnya
  2. Menjadi pemimpin diskusi
  3. Menjadi pemimpin pembelajaran yang well bring ekosistem
  4. Pokoknya OmJay Top Margotop

Omjay atau Pak Guru Jay adalah Guru penggerak Indonesia. Dengan Satu senyum Saja pak guru kesayangan kami itu mampu merubah suasana kelas dari sepi Jadi gembira, duka jadi tawa. Semua jelas terpancar dari sorot mata Itu. Teduh… Seperti Berenang Dalam telaga ilmu.

Orang Indonesia dikenal dengan keramahannya, hal ini tampak jelas bahwa foto ini termasuk salah satunya. Dengan peci putih penghias kepala, senyum simpul menyipitkan matanya. Dinding merah muda menambah kesan ceria padanya.

Om Jay, Guru penggerak Indonesia.

Seorang bersahaja dengan wajah bersahabat, saya mengenalnya lewat Pelatihan buku Ber-ISBN gelombang 5. Ternyata dibalik senyumnya beliau punya segudang ilmu, tapi tetap rendah hati. Itulah OMJAY panggilan akrab beliau, dibalik kesederhanaannya mempunyai daya tarik tersendiri dan menginspirasi agar tangan ini tergerak untuk menulis.

Sejujurnya aku baru mengenal beliau malam ini, lewat biodatanya dalam pelatihan buku ber- ISBN ini, akan tetapi melihat wajahnya dengan senyuman polos nan sederhana, kupercaya beliau adalah sosok guru yang penuh inspirasi dan motivasi yang mampu mengerakkan setiap insan untuk berjuang maju menggapai impian memajukan negeri tercinta Indonesia.

Omjay sang guru blogger nasional. Senyummu menginspirasi semua orang. Seorang guru penggerak yang dapat menggerakkan kita untuk belajar menulis. Kita bisa menulis apa yang tersirat dari apa yang dilihat. Foto omjay yang tersenyum ramah membuat hasrat untuk menulis meningkat.

Phia Selfiharti: Bukan hanya pantas tapi juga tepat. Bagaimana tidak ratusan mungkin bahkan sudah menginjak angka ribuan guru yang tergabung dalam grup Belajar menulis saja sudah tergerak untuk mengembangkan potensinya.

Belum lagi yang bukan guru dan ingin menambah wawasan dalam menulis, membuat blog, mengembangkan kemampuan menulis di
media on-line.

Murliana: Kalau menurut saya omjay sudah pantas menjadi guru penggerak..omjay dapat menggerakkan guru untuk menulis…

Sri Rahayu: Apakah Saya sudah Pantas menjadi Guru Penggerak?

Pertanyaan apakah saya sudah pantas menjadi guru penggerak?, Tentunya jawaban dari saya sebagai peserta penulisan buku ber ISBN gelombang 5 ini, saya akan berkata jujur dan sejujur-jujurnya tentunya adalah orang yang sangat pantas karena sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan sudah di praktekkan terlihat dari biodata yang Om Jay kirim dan sudah saya baca pantas amat.

Chandra Asih: Pantas sekali om Jay..karena sudah banyak hasil karya om Jay yg bisa menginspirasi orang lain…om Jay the Real inspirator for us..👍👍

Nurlaely Fitriah: Sudah Sangat pantas Om Jay, semoga tetap komitmen menggerakkan guru guru Di Indonesia melalui tulisannya

Lestari: Melalui berbagai kegiatan dan prestasi yang telah dicapai oleh om Jay. Menurut pendapat saya, om Jay adalah sosok yang pantas bahkan sangat tepat sebagai seorang guru penggerak

Mia Kaunang: Pertanyaan menggelitik tersebut, akan menjadi ribuan,jutaan,bahkan milionan pujian apabila diarahkan kepada Om Jay, karya2 Om Jay yang menggetarkan hati guru2 menjadi tergerak. Om Jay sangat pantas menjadi guru penggerak

Melihat segudang prestasi yang di raih oleh OmJay berdasarkan biodata yg dibagikan dan cara menyajikan materi mlm ini,menurut sy OmJay lebih dari pantas untuk menjadi guru penggerak… Sangat luar biasa… Semoga terus menjadi inspirator dan motivator bagi smua guru yg ada, bahkan semua insan yg mengenal OmJay.

Sunarti: Jujur saya katakan sangat sangatlah pantas seorang OMJAY mendapat reward sebagai GURU PENGGERAK👍🏻👍🏻👍🏻.
Itu sudah dibuktikan baru beberapa hari saya mengenal beliau lewat kata-katanya dan tulisannya serta foto dirinya mampu menginspirasi dan menjadi motivator teman-teman baru disini untuk menulis.Luar biasa👍🏻👍🏻👍🏻Dengan kreativitasnya beliau mampu menggali seseorang yang tadinya malas menulis jadi timbul keberanian untuk menulis termasuk saya🙏🙏🙏😭
Terus memotivator OM JAY MOTOR PENGGERAK GURU INDONESIA👍🏻👍🏻👍🏻PANTAS GELAR ITU UNTUK MU SANG INSPIRATOR👍🏻👍🏻👍🏻🙏🙏🙏

Kalau menurut pendapat saya OmJay sangat pantas jadi guru penggerak, karena memiliki segudang ilmu, selain itu juga mamiliki banyak prestasi yang bisa di trasferkan kepada kami dan memiliki kepribadian yang sangat menyentuh hati. Walaupun kenalnya hanya lewat dunia Maya, tapi karakternya sangat baik, orangnya ramah. Karena menurut saya guru penggerak harus memilki semua karakter diatas. Terima kaaih

Neneng Muniroh: Pantas….
Karena seorang guru pengerak adalah orang yang mampu menggerakkan orang dan mampu menginspirasi banyak orang untuk bisa mengikuti apa yang telah omjay lakukan dalam banyak hal terutama dunia pendidikan yang membutuhkan orang yang seperti omjay yang penuh dengan keaktifan walau usia sudah tidak muda lagi tapi jiwa tetap muda dan selalu semangat dalam berbagai aktivitas terutama dalam hal menulis yang selalu menginspirasi banyak orang dengan kelihaian jemarinya banyak kata terurai indah dan bermakna tanpa batas yang mengajak untuk selalu berkreatifitas dalam menulis dimanapun beliau beradaptasi itulah guru pengerak, yang selalu memotivasi guru lain untuk terus berkarya tanpa batas yang berkarakter dan berkualitas.

Pendobrak kreativitas Menulis Guru

Omjay dengan segudang prestasi dan karya sudah layak menjadi guru penggerak. Keberadan dirinya laksana “embun di pagi hari” yang mampu mencerahkan dan memberikan harapan bagi yang merasa tidak mampu menulis.

Waktu kali pertama saya membeli buku Omjay “kreatif menulis” saya susuri untaian kata bak permata dalam setiap helai lembar halaman, yang mampu membangkitkan jiwa seorang guru untuk menulis.

Alangkah bahagianya, jika ada guru yang mampu mempersembahkan karyanya kepada siswa, keluarga bahkan dunia, bahwa ia mampu mewarisi karyanya berupa ilmu pengetahuan dan pengalamannya.

Terbukti, Omjay mampu mengantarkan guru semakin produktif. Entah, berapa banyak kata pengantar yang diinginkan guru untuk dituliskan di bukunya.

Jika tidak berlebihan, saya menyebutnya “sang pendobrak kreativitas menulis guru.” Keberadaan Omjay mampu menerangi sisi-sisi kreatvitas guru
dan menerangi relung-relung jiwa di tengah kering-kerontang ide menulis. Kehadirannya menjadi pendobrak guru untuk selalu bergerak berkarya.

Winda: Pantas sekali om Jay👍

Kalau menilik lebih jauh sederet buku yang telah tercipta, segudang prestasi yang telah ditoreh, wawasan yang begitu mempesona ditambah dengan dengan jargon “menulislah setiap hari dan lihat apa yang terjadi.” Ini saja mampu menggambarkan.

Ditambah lagi Malam ini omJay mampu menggerakkan jari kita untuk merangkai kata.

Motivasi yang diberikan penuh kehangatan, latihan menulis selalu diutamakan agar teman menjadi lebih paham.

Sungguh penggerak bukan hanya sebuah kata tapi sudah melebur ke dalam jiwa.

Guru penggerak patut disematkan kepada om Jay👍Mantap jiwa👍🙏
Sangat pantas sekali, karena omjay sangat menginspirasi orang lain untuk menulis. Dari motivasi yang omjay berikan kepada kami, omjay sangat pantas jadi seorang guru penggerak.

Menurut saya om Jay sangat layak dan sudah pantas menjadi guru pengerak karena om Jay memiliki kepribadian yang luar biasa dgn memotivasi kami dgn berbagai hal dalam melaksanakan tugas sebagai guru diantaranya adalah memotivasi kami untuk menulis, mengajar menggunakan berbagai media dan lain sebagainya yg intinya tercipta pembelajaran merdeka belajar. Disamping itu om Jay sangat berprestasi sebagai seorang guru. OmJay juga mengharapkan pengetahuan dan keterampilan yang omJay miliki dapat kami miliki sehingga dengan berbagai ilmu pengetahuan serta prestasi dapat berimbas terhadap murid murid di sekolah dan dimanapun kami mengabdi.

OmJay terima kasih secara pribadi saya sangat beruntung bisa mengenal om Jay yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Ilmu yang omJay berikan malam ini sungguh luar biasa. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali bagi saya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed