oleh

Perwakilan Satuguru Mengguncang Yogyakarta

Perwakilan Satuguru mengguncang Yogyakarta. Namanya Wijaya Kusumah atau lebih dikenal dengan sebutan Om Jay yang juga sebagai pengurus Media Satuguru.id sukses “speak up” di momentum kegiatan yang diselenggarakan oleh PANDI (Perkumpulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang bertajuk Indonesia Digital Resilience Conference and Expo (ID-RES) pada 24 Agustur 2022 di Hotel Ambarrukmo Yogyakarta.

Perkumpulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia telah mengemban amanat pengelolaan Nama Domain .id sejak tahun 2006. Tata kelola Nama Domain .id juga telah bertumbuh dan berkembang seiring dengan matangnya PANDI sebagai salah satu elemen kunci tata kelola internet di Indonesia. Oleh karenanya, PANDI terus memacu kemajuan penerapan tata kelola dan teknologi di Indonesia baik dalam aspek jangkauan maupun pembaruan[1]pembaruan metode yang relevan.

Indonesia Digital Resilience Conference and Expo merupakan acara yang diselenggarakan oleh PANDI yang terdiri dari berbagai program menarik dan bermanfaat yang terkait dengan pengelolaan nama domain.ID dan bidang IT secara umum. Para pemangku kepentingan Internet Indonesia, seperti media, pemerintah, komunitas IT, akademisi, industri, praktisi, mahasiswa serta publik akan hadir dan berpartisipasi aktif sebagai narasumber maupun sebagai partisipan.

Satuguru.id yang merupakan media informasi berbasis website mempunyai misi untuk mengangkat isu-isu seputar pendidikan tentunya sangat berkonsentrasi pada hal-hal peningkatan kemampuan guru-guru dalam pengelolaan media terutama yang “berbau” internet.

Tema kegiatan yang di usung oleh ID-RES yakni “Mewujudkan Ketahanan Digital dan Kedaulatan Internet Indonesia” tentunya sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan di saat ini. Pandemi Covid-19 yang melanda umat manusia di hampir seluruh bagian bumi ini telah mengubah kebiasaan menuju kearah internet dan digitalisasi.

Topik yang diangkat oleh Om Jay berkaitan dengan bagaimana pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan media pembelajaran sungguh menarik untuk dikupas dan senantiasa hadir dengan isu baru sesuai dengan perkembangan teknologi itu sendiri.

Kehadiran teknologi digital dalam hal ini adalah teknologi internet tentu akan sangat membantu dalam keberjalanan sebuah proses pendidikan di Indonesia. Guru dan siswa dipermudah dalam proses KBM, siswa menjadi banyak pilihan media yang bisa dimanfaatkan, tentunya akan lebih mempercepat dalam memahami sebuah materi pembelajaran.

Lautan ide bisa tercipta dari proses penjelajahan di situs internet, selepas ide didapat tentunya akan banyak kreasi dan inovasi yang akan hadir. Hal ini sangat positif untuk perkembangan pendidikan di Indonesia. Untuk itu, kehadiran seorang guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini sangatlah perlu.

Guru harus bisa membekali diri sendiri terutama dalam hal kompetensi pemanfaatan media ajar dengan berbantukan teknologi digital saat ini. Internet merupakan lautan informasi untuk guru ataupun murid. Selayaknya sebuah lautan akan banyak informasi yang wajib untuk dipilih agar bisa bermanfaat utamanya untuk pendidikan dan pembelajaran.

PANDI telah berkomitmen menjadi garda terdepan dalam mewujudkan ketahanan digital dan kedaulatan internet Indonesia tentunya senantiasa memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan berbagai pengembangan infrastruktur, teknologi yang diterapkan, serta tata kelola yang mendukung ekosistem digital dan juga kedaulatan internet Indonesia.

Semoga kegiatan yang diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar. (yk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar