oleh

Praktik Baik Literasi Digital di SMP

Praktik baik LITERASI DIGITAL di SMP selama pandemi

Selama pandemi covid19 anak anak SMP labschool Jakarta saya minta untuk membuat blog dan mengelolanya dengan baik.

Blog saya jadikan tempat untuk mengumpulkan tugas siswa secara terbuka. Berbeda dengan google classroom. Hanya guru dan siswa saja yang bisa membaca tugasnya. Tapi kalau di blog, semua orang bisa melihatnya. Asalkan tahu alamat link blog siswa.

Apa yang mereka tulis di blog? Saya meminta mereka menulis dari apa yang disukai dan kuasai. Saya juga meminta mereka meliput kegiatan sekolah. Hasilnya sungguh luar biasa. Kegiatan SMP Labschool Jakarta selalu ditulis oleh siswa di blog mereka. Mulai dari kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah yang disingkat MPLS untuk kelas 7 ada liputan kegiatannya. Saya sebagai guru TIK membaca satu persatu tulisan mereka yang luar biasa. Kami juga membuat wa group agar dapat melihat tulisan semua siswa. Setiap siswa diminta mengirimkan link blognya ke wa group untuk dibaca kawan lainnya. Akhirnya blog mereka menjadi ramai. Sebab dikunjungi oleh teman-temannya. Supaya tugas mereka diarsipkan dengan baik, saya minta mereka untuk mengirimkan ke email omjaylabs@gmail.com. Dengan begitu tugas siswa dapat terdokumentasi dengan baik di email guru dan guru akan dengan mudah melihat siswa yang belum mengerjakan tugasnya.

Itulah sedikit praktik baik yang saya lakukan di SMP Labschool Jakarta. Membuat blog bukanlah pekerjaan sia-sia. Tulisan siswa kami kumpulkan dan dirajut menjadi buku antologi. Tulisan mereka bagus sekali. Ada 7 buah buku dari 7 kelas yang saya ajar. Ketua kelas bersama timnya membantu saya untuk membuat cover bukunya dan melayout isi buku sesuai selera mereka. Itulah praktik sederhana yang saya lakukan di SMP labschool Jakarta. Bagaimana di sekolah anda?

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog https://wijayalabs.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed